• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Kalori yang Terdapat dalam Es Kelapa?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Kalori yang Terdapat dalam Es Kelapa?

Berapa Kalori yang Terdapat dalam Es Kelapa?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 24 Agustus 2022

“Satu cangkir (240 ml) air kelapa mengandung 60 kalori yang baik untuk kesehatan. Namun, pemanis tambahan di dalamnya dapat meningkatkan jumlah kalori dalam es kelapa.”

Berapa Kalori yang Terdapat dalam Es Kelapa?Berapa Kalori yang Terdapat dalam Es Kelapa?

Halodoc, Jakarta – Air kelapa merupakan cairan bening yang berasal dari kelapa hijau. Minuman ini mengandung elektrolit, vitamin, dan mineral. Sekitar 95 persen air kelapa hanyalah air dan sangat sedikit lemak, yang bermanfaat mencegah atau mengatasi dehidrasi

Perlu diketahui, satu cangkir (240 ml) air kelapa mengandung 60 kalori yang baik untuk kesehatan dan kebutuhan kalori harian tubuh. Lantas, berapa kandungan kalori pada es kelapa? 

Hal tersebut tergantung pada apakah kamu hanya menambahkan batu es, atau disertai dengan gula tambahan. Sebab kalori dalam es kelapa tentu akan berubah saat kamu menambahkan gula ke dalamnya.

Kandungan Kalori dan Nutrisi Lainnya dalam Air Kelapa

Jus buah lainnya bisa mengandung tinggi gula, kalori, dan karbohidrat. Sedangkan air kelapa yang diberi es, lebih rendah kalori, sehingga jadi pilihan baik untuk kamu yang suka minuman manis. 

Secangkir es kelapa (tanpa gula tambahan) mengandung 45 hingga 60 kalori. Inilah yang menjadikan es kelapa sebagai pilihan minuman sehat dibandingkan soda dan jus, yang umumnya tinggi kalori, gula, dan karbohidrat. 

Air kelapa juga mengandung nutrisi bermanfaat lainnya yaitu:

  • Karbohidrat: 15 gram.
  • Gula: 8 gram.
  • Kalsium: 4% dari nilai harian.
  • Magnesium: 4% dari nilai harian.
  • Fosfor: 2% dari nilai harian.
  • Kalium: 15% dari nilai harian.

Perlu diketahui juga, air kelapa bahkan bisa menjadi pengganti air putih sementara. Terutama jika kamu sedang tidak berselera minum air putih. Misalnya pada ibu hamil atau orang dengan kondisi tertentu yang terkadang kurang berselera untuk minum air putih.

Manfaat Minum Air Kelapa untuk Kesehatan

Di daerah tropis, air kelapa telah lama menjadi bagian dari pola makan dan praktik perawatan kesehatan. Beberapa praktisi pengobatan tradisional sering menggunakan air kelapa untuk menjaga kesehatan pencernaan, dan mengatasi masalah buang air kecil serta produksi air mani.

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Air kelapa dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Sebab kalium di dalamnya dapat mengurangi tekanan darah. Penelitian juga menemukan bahwa air kelapa dapat mengurangi risiko penyakit jantung. 

2. Mengandung Antioksidan

Antioksidan yang terkandung dalam air kelapa dapat membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas. 

3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Minum es kelapa tanpa gula tambahan bisa jadi pengganti minuman manis untuk pengidap diabetes dalam mengontrol kadar gula darahnya. Meski begitu, air kelapa tanpa pemanis tambahan secara alami mengandung gula alami. Jadi, pengidap diabetes, mungkin perlu membatasi asupannya.

4. Mempertahankan Kesehatan Ginjal

Minum air kelapa secara teratur dapat meningkatkan kesehatan ginjal. Menurut sebuah studi, air kelapa dapat membantu memecah batu ginjal atau mencegah terbentuknya batu ginjal.

5. Baik untuk Kesehatan Kulit

Minum air kelapa atau mengoleskannya ke kulit memiliki efek pelembab. Selain itu, dalam sebuah penelitian pada tikus ditemukan bahwa mengonsumsi air kelapa juga dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Jika itu juga bekerja pada manusia, maka minuman ini dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun hal tersebut perlu dipastikan dengan penelitian lebih lanjut.

Itulah yang perlu diketahui tentang kandungan kalori dan nutrisi dalam air kelapa, serta manfaatnya untuk kesehatan. Nah, bagi kamu yang memiliki keluhan kesehatan, tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. The Health Benefits of Coconut Water
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Science-Based Health Benefits of Coconut Water
Medical News Today. Diakses pada 2022. Is coconut water good for you? Benefits and Nutrition