• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Kandungan Kalori dalam Bolu Kukus? Ini Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Kandungan Kalori dalam Bolu Kukus? Ini Faktanya

Berapa Kandungan Kalori dalam Bolu Kukus? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 18 Agustus 2022

“Secara umum sepotong kue bolu mengandung setidaknya mengandung 313 kalori. Selain itu, kue bolu juga diketahui memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, yakni sekitar 23 persen pada setiap potongannya.”

Berapa Kandungan Kalori dalam Bolu Kukus? Ini FaktanyaBerapa Kandungan Kalori dalam Bolu Kukus? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Kue bolu yang juga dikenal dengan nama chiffon cake atau sponge cake, merupakan kue yang memiliki banyak peminat. Sebab, kue yang satu ini diketahui memiliki rasa manis yang lezat, dan tekstur yang lembut saat digigit. 

Selain itu, kue bolu juga dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan lain. Contohnya seperti umbi-umbian, dan buah-buahan tertentu, dalam adonannya. Namun, perlu diketahui bahwa bahan utama kue bolu kukus adalah tepung terigu, sebagai salah satu sumber karbohidrat. 

Berdasarkan bahannya, jumlah kalori dari kue bolu kukus dianggap tinggi. Alhasil, bolu kukus dapat menjadi salah satu makanan tidak sehat jika dikonsumsi berlebihan. Sebab, konsumsi karbohidrat berlebihan dapat memberikan dampak negatif pada tubuh. Namun, kira-kira berapa kandungan kalori dalam bolu kukus? Yuk, simak faktanya di sini! 

Kandungan Kalori dalam Bolu Kukus 

Kue bolu tersedia dalam bermacam jenis, selain itu, bahan tambahan seperti buah atau umbi-umbian sebagai kombinasi resepnya juga akan berbeda. Namun, secara umum sepotong chiffon cake mengandung setidaknya mengandung 313 kalori, 11,86 gram lemak, 48,78 gram karbohidrat, dan 4,1 gram protein. 

Jika dijabarkan, sepotong kue bolu secara umum terdiri atas 33 persen lemak, 62 persen karbohidrat, dan 5 persen protein. Selain itu, kue bolu juga diketahui memiliki kandungan kolesterol yang cukup tinggi, yakni sekitar 23 persen pada setiap potongannya. Jumlah kalori yang terkandung pada kue bolu ini cukup besar, dan sebagian besar berasal dari karbohidrat. 

Maka dari itu, penting untuk tidak mengonsumsi kue ini secara berlebihan. Sebab, karbohidrat yang berlebih pada tubuh akan disimpan sebagai lemak. Penumpukan lemak pada tubuh diketahui dapat meningkatkan risiko berbagai kondisi kesehatan kronis. Contohnya seperti obesitas yang dapat berujung pada diabetes. Karena itu, pastikan juga untuk rutin berolahraga, terutama jika kamu menyukai kue bolu kukus sebagai camilan. 

Rekomendasi Jenis Kue Lain 

Mengonsumsi makanan manis saat tengah berkumpul bersama keluarga atau sekadar untuk “ngemil” memang mengasyikkan. Namun, pastikan untuk mengonsumsi kue yang rendah akan kalori dan lemak, agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik. 

Selain chiffon cake kukus, ada kue lain yang dapat dijadikan sebagai alternatif camilan. Salah satunya adalah kue muffin blueberry oatmeal yang rasanya juga lezat. Resep kue muffin yang satu ini dapat menjadi rekomendasi pengganti kue bolu untuk kudapan yang lebih sehat. 

Selain itu, kue ini juga dapat dijadikan untuk sarapan sehat yang tersedia di hari kerja yang sibuk. Berdasarkan bahannya, blueberry merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan, di mana senyawa ini bermanfaat dalam melawan radikal bebas pada tubuh. 

Sementara itu, kandungan oatmeal yang tinggi serat pada kue ini, juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Misalnya seperti menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. 

Itulah penjelasan mengenai kandungan kalori yang terkandung pada kue bolu kukus. Secara umum, sepotong kue bolu mengandung setidaknya mengandung 313 kalori, 11,86 gram lemak, 48,78 gram karbohidrat, dan 4,1 gram protein. Kandungan kalori pada setiap potong chiffon cake dianggap cukup tinggi, sehingga penting untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Di samping itu, pastikan juga untuk rutin berolahraga, terutama setelah mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti kue bolu. Hal ini bertujuan agar kadar lemak dalam tubuh dapat dikurangi, sehingga menghindarkanmu dari berbagai risiko gangguan kesehatan kronis. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar kandungan kalori pada makanan tertentu, tanyakanlah pada dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter spesialis gizi tepercaya untuk mendapatkan informasi kesehatan yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc, sekarang juga! 

Referensi: 

Fat Secrets. Diakses pada 2022. Chiffon Cake. 
Sindo News. Diakses pada 2022. Apakah Kue Bolu Mengandung Kolesterol? Cek Faktanya. 
Eating Well. Diakses pada 2022. Breakfast Blueberry-Oatmeal Cakes.