• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Lama Penyembuhan Total Penyakit Tifus?

Berapa Lama Penyembuhan Total Penyakit Tifus?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta – Demam yang dialami dapat menjadi salah satu tanda adanya gangguan penyakit pada tubuh, salah satunya adalah penyakit tifus. Penyakit tifus disebabkan oleh adanya infeksi bakteri yaitu Salmonella typhi dalam tubuh. Tifus menjadi salah satu penyakit yang mudah menular. Pengidap tifus disarankan sebaiknya perbanyak melakukan istirahat di rumah agar kesehatannya dapat segera pulih.

Baca juga: 5 Cara Merawat Diri saat Tipes

Umumnya, pengidap tifus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Namun, tifus yang dideteksi lebih awal dapat diatasi dengan penanganan mandiri di rumah. Kondisi ini yang menentukan lama masa penyembuhan pengidap tifus. Lakukan pengobatan penyakit tifus dengan tuntas agar tidak kembali kambuh.

Gejala Tifus

Pengidap tifus umumnya mengalami gejala setelah 6-30 hari terpapar bakteri Salmonella typhi dalam tubuh. Infeksi bakteri menyebabkan pengidap tifus alami demam yang cukup tinggi dan semakin parah saat malam hari, nyeri otot, dan sakit kepala.

Adapun gejala lainnya, seperti rasa lelah yang dirasakan terus-menerus dan tubuh yang menjadi lemas. Infeksi bakteri pada pencernaan juga menyebabkan pengidap tifus mengalami penurunan nafsu makan yang disertai dengan penurunan berat badan.  Tifus juga memiliki gejala yang cukup khas yang menyebabkan pengidapnya mengalami ruam-ruam kemerahan pada kulit.

Tidak hanya pada orang dewasa, tifus juga rentan dialami oleh anak-anak. Selain faktor penyebab tifus, daya tahan tubuh anak-anak yang masih belum berfungsi secara optimal membuat anak-anak rentan mengalami penyakit tifus.

Jika kamu mengalami gejala di atas, segera periksakan kesehatan ke rumah sakit terdekat agar gangguan kesehatan yang dialami dapat segera diatasi. Sebelum pergi ke rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc.

Baca juga: Begini Cara Bakteri Salmonella Typhi Sebabkan Tipes

Ketahui Lama Penyembuhan Tifus

Salmonella typhi dapat masuk dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terpapar bakteri. Ada beberapa kondisi yang memicu penyebaran bakteri penyebab tifus, seperti sanitasi yang buruk, lingkungan yang kurang terjaga kebersihannya, dan berbagi penggunaan alat pribadi dengan pengidap tifus. Jangan khawatir, penyakit tifus dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan dan pengobatan.

Perawatan di rumah bisa dilakukan, asal penyakit tifus tergolong ringan dan dideteksi lebih dini. Sedangkan, penyakit tifus yang sudah cukup parah memerlukan perawatan medis di rumah sakit. Terapi antibiotik diberikan oleh pengidap tifus karena pengobatan ini menjadi salah satu pengobatan yang cukup efektif untuk mengatasi penyakit tifus. Umumnya, pengidap berangsur membaik setelah 3-5 hari menjalani perawatan terapi antibiotik.

Sedangkan bagi pengidap tifus yang melakukan perawatan mandiri di rumah. Melansir dari National Health Service UK, umumnya dokter menyarankan untuk mengonsumsi obat antibiotik selama 7-14 hari dan biasanya 2-3 hari tubuh mulai membaik. Namun, habiskan antibiotik sesuai waktu yang dianjurkan oleh dokter agar kondisi ini tidak kambuh.

Selain itu, lakukan beberapa perawatan penyakit tifus di rumah, seperti:

  1. Memenuhi kebutuhan istirahat di rumah.

  2. Makan dengan teratur dan penuhi kebutuhan nutrisi serta gizi yang dibutuhkan. Meskipun mengalami penurunan nafsu makan, sebaiknya konsumsi makanan dalam jumlah sedikit namun sering untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh.

  3. Penuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan memperbanyak konsumsi air putih.

  4. Jaga kebersihan tubuh khususnya tangan untuk menghentikan penyebaran bakteri Salmonella typhi pada kerabat di rumah.

Baca juga: Mitos atau Fakta Tifus Dapat Menyebabkan Kematian?

Itulah perawatan sederhana yang bisa dilakukan di rumah untuk menjaga tubuh yang mengalami penyakit tifus. Jangan lupa untuk lakukan pemeriksaan secara rutin untuk memastikan Salmonella typhi benar-benar hilang dari tubuh.

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2020. Typhoid Fever
Web MD. Diakses pada 2020. Typhoid Fever