Periksa Jantung, Berapa Lama Waktu Lakukan Elektrokardiogram?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Periksa Jantung, Berapa Lama Waktu Lakukan Elektrokardiogram?

Halodoc, Jakarta – Memiliki jantung yang sehat dapat menjadi salah satu cara untuk mendapatkan hidup yang berkualitas. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memiliki jantung yang sehat, seperti banyak mengonsumsi buah dan sayuran, rutin berolahraga, menghindari kebiasaan merokok, dan kebiasaan mengonsumsi alkohol.

Baca juga: Periksa Jantung, Ini Prosedur Lakukan Tes Elektrokardiogram

Namun, jika kamu kerap mengalami gejala yang menunjukkan adanya gangguan pada jantung, umumnya dokter akan menyarankan kamu untuk melakukan pemeriksaan jantung. Kamu dapat melakukan pemeriksaan jantung dengan elektrokardiogram. Bagaimana sih prosedur dari pemeriksaan elektrokardiogram? Yuk, simak ulasannya, di sini.

Siapa Saja yang Perlu Lakukan Elektrokardiogram?

Elektrokardiogram, yang dikenal juga dengan EKG adalah tes yang dilakukan untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik yang terjadi pada jantung. Dilansir dari American Heart Association, tes ini digunakan untuk mendeteksi gangguan irama jantung, pembesaran jantung, serangan jantung, kurangnya oksigen ke otot jantung, dan gangguan konduksi jantung.

Mesin elektrokardiogram memiliki elektrode yang ditempelkan pada beberapa bagian tubuh pasien, seperti lengan, dada, dan tungkai. Elektrode umumnya akan berjumlah 10 hingga 12 dengan ujung berbahan plastik dan memiliki ukuran yang kecil.

Umumnya, dokter hanya menyarankan orang-orang dengan gejala gangguan jantung, seperti nyeri dada, sulit bernapas, cepat merasa kelelahan, dan alami gangguan irama jantung. Pemeriksaan ini tentunya akan memastikan penyebab gejala yang dialami oleh pasien. Ada penyakit yang terdeteksi dengan pemeriksaan elektrokardiogram, seperti gagal jantung, jantung koroner, gangguan elektrolit, dan adanya efek samping dari penggunaan obat-obatan.

Baca juga: 5 Gangguan Kesehatan yang Didiagnosis dengan Elektrokardiogram

Waktu yang Dibutuhkan untuk Pemeriksaan Elektrokardiogram

Tidak ada persiapan khusus yang perlu dilakukan untuk melakukan pemeriksaan elektrokardiogram. Jika pemeriksaan ini telah direncanakan, sebaiknya hindari penggunaan krim maupun bedak pada tubuh. Hal ini dilakukan agar elektrode yang ditempelkan pada tubuh dapat menempel dengan sempurna.

Sebelum pemeriksaan, kamu diminta untuk menggunakan baju khusus pemeriksaan dengan melepaskan semua perhiasan yang menempel pada tubuh. Elektroda akan ditempel pada dada dan tersambung pada mesin elektrokardiograf. Hindari melakukan gerakan yang cukup besar saat pemeriksaan berlangsung karena dikhawatirkan mengganggu hasil pemeriksaan. 

Umumnya, pemeriksaan elektrokardiogram hanya berlangsung selama 5-8 menit untuk sekali pemeriksaan. Pemeriksaan elektrokardiogram umumnya juga akan didampingi oleh tim medis untuk terus memantau kondisi jantung. 

Setelah melakukan pemeriksaan elektrokardiogram pasien masih bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Namun, umumnya pantangan disesuaikan dengan penyakit yang berhubungan dengan jantung dan dialami oleh pasien.

Dilansir dari Mayo Clinic, pemeriksaan elektrokardiogram nyatanya dapat memberikan informasi mengenai denyut jantung yang berdenyut terlalu cepat, terlalu lambat atau normal. Irama jantung yang kurang teratur nyatanya juga dapat terdeteksi dengan pemeriksaan elektrokardiogram. Adanya perubahan struktur otot pada jantung juga dapat terlihat dengan pemeriksaan elektrokardiogram. 

Ketahui Jenis Lain dari Elektrokardiogram

Tidak hanya elektrokardiogram standar yang bisa dilakukan untuk memeriksa kesehatan jantung. Ada jenis lain pemeriksaan elektrokardiogram yang bisa dilakukan, seperti:

1. EKG Treadmill

Selama melakukan pemeriksaan ini, pasien akan melakukan aktivitas dengan mengayuh sepeda statis.

2. Holter Monitor

Pemeriksaan ini dibantu dengan alat yang dikalungi pada leher selama 1-2 hari. Pasien dianjurkan untuk mencatat kegiatan yang dilakukan agar perubahan aktivitas listrik pada jantung yang terjadi dapat diketahui waktunya.

Baca juga: Hampir Mirip, Apa Perbedaan EKG dan EEG?

Itulah prosedur yang dilakukan ketika kamu melakukan pemeriksaan elektrokardiogram. Lakukan pemeriksaan elektrokardiogram pada rumah sakit terdekat yang memiliki fasilitas untuk pemeriksaan elektrokardiogram. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk mencari tahu lokasi rumah sakit dengan fasilitas elektrokardiogram.

Referensi:
American Heart Association. Diakses pada 2020. Electrocardiogram
Web MD. Diakses pada 2020. Heart Disease and Electrocardiogram
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Electrocardiogram