• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapa Lama Waktu untuk Scaling Gigi ke Dentist?

Berapa Lama Waktu untuk Scaling Gigi ke Dentist?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Berapa Lama Waktu untuk Scaling Gigi ke Dentist?

“Scaling gigi merupakan suatu prosedur pembersihan karang gigi atau plak yang menempel pada gigi. Prosedur ini sebenarnya perlu dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan gigi. Lalu, kapan waktu yang tepat melakukan prosedur kesehatan gigi ini ke dentist?”

Halodoc, Jakarta – Gigi yang terjaga kebersihan dan kesehatannya tidak hanya membuat kamu terhindar dari banyak masalah kesehatan, tetapi juga meningkatkan rasa percaya diri ketika harus berbicara atau tersenyum pada orang lain. Nah, untuk mendapatkannya, rutin menyikat gigi saja tidaklah cukup. Kamu perlu melakukan perawatan secara teratur ke dentist atau dokter gigi, yaitu melakukan scaling

Scaling gigi sendiri merupakan prosedur yang dilakukan untuk membersihkan gigi dari karang atau tartar dengan dibantu menggunakan alat yang disebut ultrasonic scaler. Karang gigi terbentuk karena plak yang menumpuk, menempel, dan mengeras di permukaan gigi. Munculnya karang gigi tentu membuat tampilan gigi seperti tidak terawat. 

Bukan tanpa alasan, tumpukan plak yang menempel pada gigi tersebut memiliki warna kusam, bisa berwarna kuning, kecokelatan, hingga hitam. Jangan anggap remeh, plak dan karang gigi ini tentu harus dibersihkan, karena bisa berdampak negatif pada kesehatan gigi jika kamu tidak melakukannya. 

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Plak Gigi

Berapa Lama Waktu Scaling Gigi?

Biasanya, dokter gigi akan menyarankan kamu melakukan scaling apabila terindikasi ada masalah kesehatan pada gigi atau gusi. Ini termasuk peradangan, pembengkakan, perubahan pada gusi maupun gigi, atau perdarahan. Lalu, berapa lama waktu yang direkomendasikan untuk melakukan pembersihan karang gigi ke dentist?

Sebenarnya, hal tersebut bergantung pada beberapa faktor, seperti kondisi kesehatan dan kebersihan area mulut dan gigi, pola makan, kebiasaan merokok, usia, ada atau tidaknya riwayat kesehatan mulut dan gigi, hingga berbagai kondisi medis lain yang turut berpengaruh. Namun, untuk waktu idealnya, kamu disarankan melakukan pembersihan plak dan karang gigi setidaknya setiap enam bulan sekali atau dua kali dalam satu tahun. 

Prosedur ini tidak mengharuskan kamu untuk menginap di rumah sakit atau melakukan kunjungan berulang ke dokter gigi. Meski begitu, lama waktu prosedur ini terbilang beragam. Jika karang gigi tidak parah, dokter hanya perlu sekitar 30 menit untuk membersihkannya. Sebaliknya, jika plak sulit dihilangkan, dokter bisa membutuhkan waktu lebih lama, bahkan hingga dua jam. 

Baca juga: Ini Waktu Paling Tepat untuk Membersihkan Karang Gigi

Apa yang Perlu Dilakukan Setelah Prosedur Scaling Selesai?

Setelah prosedur selesai dilakukan, kamu mungkin akan merasakan beberapa efek samping, seperti gusi atau gigi yang terasa tidak nyaman dan membengkak. Namun, hal ini akan menghilang setelah beberapa waktu. Guna meringankannya, dokter mungkin akan meminta kamu untuk tidak makan selama sekitar 30 hingga 60 menit setelah prosedur pembersihan karang gigi dilakukan. 

Bila memang diperlukan, dokter bisa juga memberikan obat pereda nyeri. Begitu pula dengan obat kumur dan antibiotik untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri karena gusi yang terluka. Obat ini juga membantu mempercepat proses penyembuhan setelah prosedur scaling. Pastikan kamu mengonsumsi antibiotik sesuai dengan anjuran dokter, tanpa menambah maupun mengurangi dosisnya. Pasalnya, penggunaan antibiotik secara asal justru bisa berdampak negatif pada kesehatan tubuh. 

Baca juga: 4 Hal yang Terjadi Jika Karang Gigi Tidak Dibersihkan

Jadi, prosedur scaling dilakukan sebaiknya setiap enam bulan sekali atau lebih sering jika kondisi gigi dan gusi kamu memang membutuhkan perawatan yang lebih intensif. Kamu bisa langsung membuat janji di rumah sakit atau klinik gigi terdekat melalui aplikasi Halodoc. Aplikasinya bisa langsung kamu download di ponsel melalui App Store maupun Play Store. 

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2021. Teeth Scaling: What You Need to Know.

Dentally.org. Diakses pada 2021. Teeth Cleaning: Guide to Professional Tartar Removal at the Dentist.

NewMouth. Diakses pada 2021. Scaling and Root Planing (Treatment for Periodontal Disease).