• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berapakah Berat Badan Ideal untuk Pria dan Wanita?

Berapakah Berat Badan Ideal untuk Pria dan Wanita?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Menghitung berat badan ideal akan berbeda pada pria dan wanita. Sebab, jenis kelamin menjadi salah satu faktor untuk mengukur berat badan ideal seseorang. Hal ini penting, tidak hanya karena menunjang penampilan, tapi juga karena alasan kesehatan. Berat badan yang terjaga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya obesitas alias kelebihan berat badan. 

Obesitas tidak boleh disepelekan begitu saja. Sebab, kelebihan berat badan yang terjadi akibat gaya hidup tidak sehat bisa memicu gangguan kesehatan. Obesitas bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit. Lantas, bagaimana cara menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita. Apa saja yang membedakan dalam menghitung berat badan ideal? 

Baca juga: Alasan Berat Badan Ideal Belum Tentu Sehat

Menghitung Berat Badan Ideal untuk Pria dan Wanita

Berat badan ideal antara satu orang dengan yang lainnya mungkin akan berbeda, tergantung pada jenis kelaminnya. Sebab, karakteristik tubuh antara wanita dan pria berbeda, termasuk tinggi badan hingga komposisi lemak dan otot tubuh. Ada beberapa cara menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita yang bisa dicoba, di antaranya: 

  • Metode Broca 

Berat badan ideal seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk jenis kelamin dan tinggi badan. Nah, salah satu cara menghitung berat badan ideal yang sudah lama dikenal adalah metode broca. Dalam metode ini, perhitungan berat badan dilakukan dengan menggunakan rumus tertentu. Pada pria, rumus menghitung berat badan ideal dengan metode ini adalah Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 10%].

Baca juga: Berapa Berat Badan Ideal Bayi saat Dilahirkan?

Sementara pada wanita, rumus yang digunakan dalam menghitung berat badan ideal dengan metode broca adalah Berat badan ideal (kg) = [tinggi badan (cm) – 100] – [(tinggi badan (cm) – 100) x 15%]. Dengan kata lain, untuk mengetahui berat badan ideal bagi pria maupun wanita, penting untuk terlebih dahulu mengetahui tinggi badan. 

  • Body Mass Index

Selain dengan metode broca, menghitung berat badan ideal untuk pria dan wanita juga bisa menggunakan kalkulator atau rumus indeks masa tubuh. Indeks Massa Tubuh alias Body Mass Index (BMI) merupakan salah satu cara menghitung berat badan ideal yang paling populer. Untuk mengetahui berat badan ideal, perlu dilakukan perhitungan antara berat badan dengan tinggi badan. 

Dengan mengetahui BMI, kamu bisa mengetahui apakah berat badan saat ini masuk dalam kategori ideal atau normal, berlebih, atau justru kurang. Meski begitu, penghitungan BMI disebut tidak selalu akurat dalam menentukan berat badan ideal untuk pria dan wanita. Maka dari itu, tidak perlu terlalu bergantung pada hasilnya.

Pentingnya Mempertahankan Berat Badan Ideal 

Mengetahui berat badan ideal adalah hal yang penting dilakukan. Dengan begitu, risiko obesitas yang bisa memicu penyakit bisa dihindari. Memiliki berat badan ideal bisa menjadi salah satu cara untuk mempertahankan kondisi kesehatan. Berat badan berlebih alias obesitas nyatanya bisa meningkatkan risiko serangan berbagai penyakit, termasuk diabetes dan kolesterol tinggi. 

Baca juga: 5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Jika memiliki masalah berat badan, sebaiknya coba diskusikan hal tersebut dengan dokter atau ahli gizi yang berpengalaman. Kalau berat badan tidak sesuai dengan angka berat badan ideal, misalnya terlalu rendah, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke rumah sakit untuk mengetahui penyebabnya. Biar lebih mudah, cari daftar rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc. Download Halodoc di sini!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Are You a Healthy Weight? Weight Ranges by Height and Sex.
Livescience. Diakses pada 2021. BMI Not a Good Measure of Healthy Body Weight, Researchers Argue.
BMI Calculator. Diakses pada 2021. BMI Calculator » Ideal Body Weight - Broca Formula (1871).