• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hati-Hati Berat Badan Bisa Naik Usai Lebaran

Hati-Hati Berat Badan Bisa Naik Usai Lebaran

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Perayaan Lebaran identik dengan berbagai macam hidangan khas lebaran yang berkalori tinggi. Enggak heran bila banyak orang mengalami kenaikan berat badan usai lebaran. Apakah kamu termasuk salah satunya? Kalau begitu, yuk, simak tips-tips untuk mengembalikan berat badan menjadi ideal usai lebaran di bawah ini.

Beberapa hari yang lalu, umat Islam baru saja merayakan Hari Raya Idul Fitri. Pada hari raya tersebut, hampir setiap keluarga menyajikan berbagai macam hidangan khas lebaran yang nikmat dan menggiurkan. Enggak hanya nikmat, kebanyakan hidangan Lebaran juga mengandung kalori yang tinggi yang bisa menambah lemak dalam tubuh kamu, sehingga berat badan jadi naik. Berikut ini beberapa penyebab kebanyakan orang mengalami kenaikan berat badan usai lebaran:

  • Makan Secara Berlebihan

Setelah satu bulan penuh kamu menahan diri dengan berpuasa, sangat wajar bila kamu tergoda untuk merayakan hari kemenangan dengan menikmati berbagai macam sajian lebaran sepuasnya. Namun, inilah yang menjadi salah satu penyebab berat badan naik usai lebaran. Mengonsumsi berbagai macam hidangan lebaran yang biasanya berlemak dan berkalori tinggi dalam porsi yang banyak tentu saja dapat meningkatkan berat badan kamu secara signifikan.

  • Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Selain hidangan utama khas lebaran yang biasanya mengandung lemak yang tinggi, seperti opor ayam, rendang daging, sambal goreng ati, kue-kue manis khas lebaran juga menyumbang jumlah kalori yang tidak sedikit pada tubuh. Bentuknya yang kecil memang membuat kue lebaran tidak mengenyangkan saat dimakan. Namun nyatanya, kue lebaran yang kecil mengandung kalori yang tinggi lho, karena terbuat dari campuran bahan-bahan, seperti tepung, mentega, dan gula. Bila kamu mengonsumsinya secara berlebihan, jangan kaget bila berat badan kamu naik usai lebaran.

Baca juga: 5 Kue Lebaran Lezat dan Kalorinya

  • Sedikit Bergerak

Setelah acara makan-makan, perayaan lebaran biasanya dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah dan bercengkrama dengan keluarga dan kerabat dekat. Kegiatan ini sebenarnya baik untuk mempererat silaturahmi di antara anggota keluarga besar, tetapi hal ini membuat kamu jadi lebih sering duduk dan hanya sedikit bergerak. Inilah yang juga berkontribusi terhadap kenaikan berat badanmu setelah lebaran.

Baca juga: 7 Rutinitas Lebaran yang Biasa Dilakukan Orang Indonesia

Tips Mengembalikan Berat Badan Usai Lebaran

Nah, biar berat badan kamu bisa kembali ideal, berikut ini tips-tips yang bisa kamu lakukan:

  • Minum Banyak Air

Oleh karena sekarang kamu sudah tidak berpuasa lagi, kamu dapat lebih sering minum air putih untuk membantu menurunkan berat badan. Tahukah kamu bahwa hidrasi memainkan peran penting dalam pencernaanmu, sehingga dapat berdampak pada penurunan berat badan. Minum air putih sebelum makan dapat meningkatkan metabolisme dan membantu kamu menghilangkan lebih banyak kalori daripada biasanya. 

  • Jalani Diet Rendah Karbohidrat

Setelah bulan puasa kemarin mengharuskan kamu untuk meningkatkan asupan karbohidrat agar memiliki energi yang cukup saat berpuasa di siang harinya, sekarang mungkin adalah saatnya bagi kamu untuk mengurangi karbohidrat mengingat bulan puasa sudah berakhir. Karbohidrat ekstra yang disimpan dalam tubuh dapat menyebabkan penambahan berat badan. Karena itu, mengonsumsi makanan hanya sebanyak jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh, dan membakar kelebihannya adalah kunci untuk mengurangi berat badan.

Baca juga: Kenalan dengan Diet LCHF yang Tidak Menyiksa

  • Olahraga Kardio

Olahraga kardio memainkan peran yang sangat penting dalam membakar kalori. Bila kamu ingin mengembalikan berat badan usai lebaran, kamu bisa melakukan salah satu dari beberapa pilihan olahraga kardio, seperti berlari, berenang, lompat tali, dan lain-lain. Namun, kamu perlu melakukan olahraga ini secara rutin agar bisa untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal.

Yuk, jaga kesehatanmu selama lebaran dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Bila kamu sakit atau ingin bertanya seputar masalah kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter ahli di Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Times Now News. Diakses pada 2020. Post Eid 2019 detox: 5 tips to go back to your weight loss diet.