06 June 2018

Berat Badan Tetap Meski Makan Banyak Saat Lebaran, Bisa?

Berat Badan Tetap Meski Makan Banyak Saat Lebaran, Bisa?

Halodoc, Jakarta – Siapa di antara kalian yang sudah menantikan Hari Raya Lebaran? Pasti banyak di antara kalian yang sudah menantikan momen berkumpul bersama sanak saudara. Terlebih lagi, dengan sajian khas hari raya yang pastinya beraneka ragam dan menggugah seleramu.

Namun, bagi kamu yang sudah berusaha keras menurunkan berat badan saat Ramadan dengan menjaga asupan yang sehat pasti khawatir momen lebaran akan membuat kebiasaan baik tersebut rusak. Sebab menjaga berat badan saat lebaran bukanlah hal yang mudah.

Nah, agar momen lebaran tetap menyenangkan dan tidak membuatmu mengalami kenaikan berat badan, berikut ini terdapat beberapa tips menjaga berat badan saat lebaran yang bisa kamu ikuti:

  1. Tidak Makan Berlebihan

Sajian khas hari raya memang cenderung mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Selain itu, kue-kue kering meski memiliki kalori yang tinggi tapi selalu menggoda untuk dicicipi. Jika kamu benar-benar bertekad untuk menjaga berat badan, kamu dapat mengonsumsi makanan tersebut asalkan dalam batas yang masih wajar.

(Baca juga: Banyak Makan Tetap Kurus Karena Cacingan, Benarkah?)

  1. Makan Hanya saat Lapar

Mengonsumsi makanan hanya pada saat lapar adalah cara yang sangat efektif untuk menjaga berat badanmu tetap terkontrol selama lebaran. Kamu tidak perlu menuruti untuk makan sebanyak tiga kali sehari. Asalkan perutmu sudah benar-benar merasa lapar, maka makanlah makanan bergizi secukupnya saja.

  1. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Mengonsumsi kue kering seperti nastar dan kastengel sebetulnya tidak dilarang. Namun, kamu harus tetap mengimbanginya dengan mengonsumsi sayur dan buah. Sediakanlah buah potong atau salad di dalam lemari es kamu agar bisa langsung dilahap. Ingatkan diri sendiri juga untuk mengutamakan konsumsi makanan sehat sebelum menyentuh sajian lebaran.

  1. Hindari Minuman Berkalori

Saat berkunjung ke rumah saudara atau kerabat dekat, biasanya kita akan disuguhi oleh minuman seperti es teh manis, soda, sirup, atau kopi. Minuman tersebut akan sangat nikmat diminum setelah kita melakukan perjalanan. Namun, ada baiknya agar kamu mengalokasikan sumber kalori hanya dari makanan lezat saja dan usahakan untuk mengonsumsi air putih.

  1. Hanya Nikmati Makanan yang Kamu Suka

Saat kamu disuguhi makanan, semisal kue kering yang sebetulnya tidak kamu suka, buat apa memaksakan diri untuk memakannya. Pilihlah makanan yang memang kamu suka, sebab dengan cara ini kamu bisa terhindar dari kalori yang berlebihan.

  1. Kembali Melakukan Pola Makan Sehat

Setelah lebaran, ada baiknya agar kamu mengatur ulang pola makan sesuai  program diet yang sebelumnya kamu jalani. Kamu pun tidak perlu melakukan diet dengan beragam pantangan. Namun, lakukanlah diet yang menyenangkan dan fokuskan pada pemenuhan nutrisi  yang seimbang agar berat badan tetap terjaga.

(Baca juga: Diet DASH Rahasia Langsing Setelah Lebaran)

  1. Olahraga

Jangan karena libur panjang kamu lantas bermalas-malasan di rumah. Paksakan dirimu untuk melakukan olahraga semisal jalan santai, lari, atau bersepeda. Selain itu, kamu juga harus tetap aktif di rumah dengan cara ikut membantu membersihkan rumah seperti mengepel, menyapu, mencuci piring, dan sebagainya. Tidak hanya membuat rumah bersih, kegiatan ini juga akan membantumu membakar kalori yang menumpuk.

Nah, tadi adalah tips menjaga berat badan saat lebaran yang dapat kamu ikuti. Tetapi, jika kamu merasakan gejala sakit saat lebaran, segera cegah dan obati sebelum semakin parah. Sampaikan keluhan yang dirasakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat serta dapatkan rekomendasi terbaik beli obat. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play!