• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Cara Supaya Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Cara Supaya Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

Berbagai Cara Supaya Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 November 2021
Berbagai Cara Supaya Cepat Tidur untuk Pengidap Insomnia

“Cara supaya cepat tidur ternyata tidaklah sulit. Tentu saja hal ini menjadi berita baik bagi pengidap gangguan tidur insomnia. Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah menerapkan gaya hidup sehat, hindari makanan tertentu, berolahraga, serta latihan relaksasi.

Halodoc, Jakarta – Mengetahui cara supaya cepat tidur adalah hal yang berguna bagi pengidap insomnia. Dengan begitu, tidur malam yang lebih nyenyak dan berkualitas tidak lagi menjadi impian belaka. Insomnia adalah kondisi yang membuat pengidapnya kesulitan atau bahkan tidak bisa tidur sama sekali di malam hari. Dampak dari insomnia bisa mengganggu aktivitas harian bahkan memicu penyakit. 

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang mengalami insomnia, mulai dari kondisi fisik, mental, hingga gaya hidup yang diterapkan. Nah, dengan mengetahui apa penyebabnya, kamu bisa mencari tahu bagaimana mengatasinya serta cara supaya cepat tidur di malam hari. Ternyata tidak sulit. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar pengidap insomnia bisa tidur lebih pulas! 

Cara Supaya Cepat Tidur yang Bisa Diterapkan 

Mengetahui penyebab insomnia bisa membantu untuk mencari tahu cara penanganannya. Dengan begitu, risiko komplikasi akibat insomnia jangka panjang bisa dihindari. Kabar baiknya, cara supaya cepat tidur ternyata cukup mudah dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beberapa di antaranya: 

  1. Gaya Hidup Sehat 

Gaya hidup tidak sehat bisa menjadi salah satu penyebab insomnia. Karena itu, salah satu cara mengatasi kondisi ini adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Agar terhindar dari insomnia, biasanya untuk mengatur pola makan, mengurangi stres, serta rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik. 

  1. Hindari Makan Menjelang Tidur  

Makanan yang dikonsumsi akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuh, terutama yang dikonsumsi pada malam hari. Untuk mencegah insomnia dan supaya cepat tidur, hindari mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh dan karbohidrat menjelang tidur. Sebab, kedua jenis asupan tersebut bisa memperberat kerja sistem pencernaan sehingga membuat tubuh sulit beristirahat. Selain itu, hindari juga mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol. 

  1. Latihan Relaksasi 

Cara supaya cepat tidur selanjutnya adalah latihan relaksasi yang bisa membuat tubuh lebih tenang dan nyaman, sehingga mudah terlelap. Kamu juga bisa mencoba melakukan beberapa aktivitas menyenangkan, seperti mendengarkan musik dan membaca buku. 

  1. Berpikir Positif 

Stres dan merasa cemas secara berlebihan bisa menjadi salah satu penyebab insomnia. Karena itu, cara supaya cepat tidur lainnya adalah dengan selalu berpikir positif. Selain meditasi, menghindari memikirkan hal yang tidak penting sebelum tidur juga bisa dilakukan agar tubuh dan pikiran lebih tenang. 

  1. Buat Kamar Nyaman 

Membangun suasana yang nyaman di kamar tidur bisa membantu tubuh lebih cepat beristirahat. Cara yang bisa dicoba adalah dengan mengatur suhu ruangan dan menyesuaikan pencahayaan. Selain itu, pilih posisi tidur yang nyaman dan gunakan bantal yang sesuai. 

Konsumsi Obat Tidur Jika Dibutuhkan 

Sudah menerapkan cara supaya cepat tidur seperti di atas, tetapi masih sulit untuk tidur? Bisa jadi kamu mengalami insomnia parah. Jika itu yang terjadi, mungkin dibutuhkan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebabnya dan menemukan cara penanganan yang tepat. Dokter mungkin akan meresepkan obat tidur untuk membantu terlelap. 

Ingat, cara ini sebaiknya hanya dilakukan sekali saja dan dengan resep dari dokter. Mengonsumsi obat tidur secara berlebihan dikhawatirkan bisa mengganggu kondisi tubuh dan memicu efek samping berbahaya. 

Cek kebutuhan obat tidur sesuai resep dokter hanya di aplikasi Halodoc. Temukan obat yang sesuai dan dengan layanan antar pesanan obat akan dikirim ke rumah segera. Selain obat tidur, kamu juga bisa menemukan kebutuhan suplemen dan multivitamin lain hanya dalam satu aplikasi. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
NHS UK. Diakses pada 2021. Insomnia.
Healthline. Diakses pada 2021. What You Should Know About Difficulty Sleeping.
Sleep Foundation. Diakses pada 2021. Treatments for Insomnia.
Verywell Health. Diakses pada 2021. 14 Natural Remedies to Beat Insomnia.