• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Gerakan Senam yang Baik untuk Pengidap Osteoporosis

Berbagai Gerakan Senam yang Baik untuk Pengidap Osteoporosis

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Berbagai Gerakan Senam yang Baik untuk Pengidap Osteoporosis

Halodoc, Jakarta – Tidak semua jenis olahraga aman dan boleh dilakukan oleh pengidap osteoporosis. Pasalnya, beberapa gerakan yang dilakukan malah bisa memicu gangguan pada tulang dan membuat kondisi tubuh semakin parah. Sebelumnya perlu diketahui, osteoporosis adalah kondisi yang terjadi karena ada penurunan pada kepadatan tulang. 

Meski begitu, bukan berarti pengidap osteoporosis tidak bisa berolahraga sama sekali. Rasa takut dan khawatir tulang akan semakin rapuh atau memburuk karena olahraga sebaiknya diluruskan. Sebaliknya, berolahraga malah bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Salah satu jenis olahraga yang bisa dilakukan adalah senam. 

Baca juga: Hati-Hati, Kebiasaan Buruk Ini Sebabkan Osteoporosis

Senam untuk Kesehatan Tulang

Tidak semua jenis olahraga aman dan bisa dilakukan pengidap osteoporosis. Namun, bukan berarti pengidap osteoporosis tidak boleh berolahraga sama sekali. Ada beberapa jenis gerakan senam yang disebut aman dan bisa dicoba pengidap osteoporosis, di antaranya: 

1.Shoulder Lifts 

Gerakan ini dilakukan dengan bantuan beban dari barbel. Kamu hanya perlu memegang barbel kemudian lakukan gerakan mengangkat dengan ketinggian beban tidak lebih dari bahu, kemudian turunkan bahu. Ulangi gerakan ini beberapa kali. Melakukan gerakan shoulder lifts bisa membantu melatih otot bahu dan otot dada. 

2.Squat 

Gerakan ini bisa dilakukan untuk melatih otot kaki, pinggul, dan bokong. Selain itu, rutin melakukan latihan squat bisa membantu melatih kekuatan kaki depan. Untuk mendapatkan hasilnya, ulangi gerakan ini beberapa kali. Meski terdengar sederhana, squat sebenarnya adalah latihan yang cukup berat, maka dari itu sebaiknya tidak memaksakan diri. 

Baca juga: Yuk, Kenalan Dengan Olahraga Pencegah Osteoporosis

3.Foot Stomps 

Melakukan gerakan ini bisa membantu meringankan gejala osteoporosis, terutama pada bagian pinggul. Foot stomps merupakan latihan yang cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Untuk melakukannya, berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu. Disarankan untuk berdiri di permukaan lantai yang rata agar lebih aman. 

Kemudian, hentakkan kaki seperti sedang menginjak sebuah benda. Lakukan gerakan dan hentakan tersebut secara bergantian pada kaki kiri dan kaki kanan. Jika gerakan ini terasa sulit atau kurang seimbmang, kamu bisa memegang sesuatu, misalnya kursi selama melakukannya. 

4.Hip Leg Lifts 

Jenis latihan ini bisa membantu menguatkan otot pinggul dan otot kaki. Untuk melakukannya, berdirilah dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Kemudian, angkat kaki ke samping tapi jangan terlalu tinggi. Setelahnya, turunkan kembali kaki ke posisi semula dan ulangi gerakan ini beberapa kali. Hip leg lifts bisa membantu melatih keseimbangan tubuh pengidap osteoporosis.

5.Naik Turun Tangga 

Pengidap osteoporosis juga bisa mencoba latihan sederhana naik turun tangga. Meski tidak termasuk dalam gerakan senam, naik turun tangga adalah latihan yang mudah dan bisa melatih kekuatan tulang pengidap osteoporosis. Untuk melakukannya, kamu cukup menaiki tangga dan kembali turun beberapa kali. Ingat, jangan memaksakan diri dan istirahatlah jika merasa lelah. 

Baca juga: Alasan Wanita Lebih Rentan Alami Osteoporosis Dibanding Pria

Cari tahu lebih lanjut seputar olahraga yang aman dilakukan pengidap osteoporosis dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Kamu juga bisa menyampaikan keluhan kesehatan yang dialami melalui Video/Voice Call dan Chat serta dapatkan rekomendasi pengobatan dari ahlinya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
IOF. Diakses pada 2020. What is Osteoporosis? 
MayoClinic. Diakses pada 2020. Exercising with osteoporosis: Stay active the safe way.
Healthline. Diakses pada 2020.Living with Osteoporosis: 8 Exercises to Strengthen Your Bones.