• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Macam Bahan Kimia untuk Atasi Flek Hitam

Berbagai Macam Bahan Kimia untuk Atasi Flek Hitam

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Berbagai Macam Bahan Kimia untuk Atasi Flek Hitam

Halodoc, Jakarta – Flek hitam sangat berkaitan erat dengan hiperpigmentasi. Ini adalah kondisi saat area kulit menjadi lebih gelap daripada area sekitarnya. Meskipun bahan pembersih wajah atau produk sejenisnya bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi kulit, pengelupasan wajah menggunakan obat kimia dapat memberikan hasil yang lebih baik.

 

Pengelupasan wajah adalah hal yang sangat umum dalam perawatan kecantikan. Perawatan ini mengandalkan obat kimia yang akan dioleskan ke kulit. Namun, hasilnya tidak bisa instan, biasanya dibutuhkan beberapa hari hingga minggu untuk bisa melihat hasilnya. Lantas bahan kimia apa saja yang efektif mengatasi flek hitam? Simak ulasannya berikut!

Baca juga: Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Chemical Peel untuk Atasi Flek Hitam

Chemical peel adalah teknik yang menggunakan larutan kimia untuk ‘mengupas’ lapisan kulit paling atas, menghilangkan perubahan warna dan mendorong pertumbuhan kulit baru. Peeling dapat digunakan untuk memperbaiki tampilan bekas jerawat, melasma, kulit yang rusak akibat sinar matahari, kerutan, dan beberapa kondisi lainnya. Mereka juga dapat digunakan untuk meringankan flek hitam. 

Berikut adalah beberapa bahan kimia yang paling sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah flek hitam:

  • Asam Glikolat (GA). Ini adalah asam alfa-hidroksi yang paling umum. Zat kimia ini sederhana dan harganya relatif murah. Senyawa ini memiliki efek anti-inflamasi, keratolitik, dan antioksidan. Untuk kasus melasma, ia bisa digunakan dalam konsentrasi 30 hingga 70 persen dan sesi perawatan bisa dilakukan selama 2 hingga 3 minggu dengan rangkaian total 4 hingga 6 kali perawatan.
  • Asam Laktat (LA). Senyawa ini berasal dari susu dan ia bekerja dengan mengurangi kohesi sel kulit. Jenis pengelupasan ini bermanfaat untuk mencerahkan flek hitam pada kekuatan 92 persen dengan lapisan ganda yang diterapkan selama 10 menit setiap 3 minggu.
  • Asam Salisilat (SA). Senyawa ini juga telah digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kulit selama lebih dari 2.000 tahun. Kemampuan asam salisilat untuk mengelupas stratum korneum (lapisan atas kulit) membuatnya menjadi agen yang baik untuk pengelupasan. Kandungan dengan kekuatan 20 hingga 30 persen membantu menghilangkan pigmen kulit superfisial. Ia akan menyebabkan lapisan kulit terluar mengelupas dan meninggalkan tekstur yang halus. SA juga memiliki kemampuan intrinsik untuk mengurangi peradangan, menjadikannya agen yang sangat berguna untuk meringankan flek hitam karena mengurangi kemungkinan hiperpigmentasi pasca-inflamasi.
  • Asam Triklorasetat (TCA). Ini adalah kerabat cuka dan bekerja berdasarkan prinsip kaustik (pembakaran). Semakin tinggi konsentrasinya, semakin dalam penetrasinya, dan semakin banyak sel kulit yang akan rusak dan terangkat. Pada kekuatan yang lebih rendah dari 15 persen, ia bisa mengatasi masalah terkait flek hitam. 

Baca juga: Kandungan Berbahaya dalam Skincare Ini Harus Dihindari

Tips Perawatan Kulit Pasca Perawatan Pengelupasan

Perawatan pasca perawatan pengelupasan dengan formulasi topikal dan tabir surya diperlukan untuk mencegah perubahan warna kulit yang berulang. Selain menggunakan krim perawatan dan tabir surya, dokter kulit biasanya akan merekomendasikan tips berikut: 

  • Jangan mengorek kulit, karena ini akan menunda penyembuhan dan dapat menyebabkan jaringan parut.
  • Gunakan pelembap untuk membantu kulit tetap terhidrasi.
  • Lindungi kulit dari sinar matahari menggunakan tabir surya berbahan mineral dengan spektrum luas, seperti seng oksida atau titanium dioksida dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Tabir surya harus digunakan bersamaan dengan atau sebelum memulai perawatan wajah. 

Baca juga: 6 Kesalahan saat Melakukan Perawatan Wajah

Namun, jika kamu masih merasa ragu untuk melakukan perawatan dengan bahan kimia, kamu bisa diskusikan dahulu dengan dokter kulit di Halodoc. Dokter mungkin memiliki saran lain untuk membantu mengatasi flek hitam di wajah yang membandel. Ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan bicara dengan dokter kulit hanya di Halodoc!

Referensi:
ClearifiRx. Diakses pada 2021. Lightening Dark Spots With Chemical Facial Peels.
SELF. Diakses pada 2021.  Dark Spot Treatments That Really Work, According to Dermatologists.