• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Manfaat Gips saat Mengalami Patah Tulang

Berbagai Manfaat Gips saat Mengalami Patah Tulang

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Berbagai Manfaat Gips saat Mengalami Patah Tulang

“Patah tulang bisa sangat menyakitkan, tetapi berkat manfaat gips, seseorang bisa mengalami lebih sedikit rasa nyeri. Namun, tujuan utama pemasangan gips adalah membantu menahan dan menjaga ujung tulang yang patah tetap pada posisi yang tepat. Gips juga akan mencegah area di sekitarnya bergerak selama proses penyembuhan.”

Halodoc, Jakarta – Jika kamu atau orang terdekat ada yang mengalami patah tulang, maka salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memasangkan gips. Ada banyak manfaat gips yang akan didapatkan untuk mereka yang sedang dalam pengobatan patah tulang. Namun, pemasangan gips tidak bisa sembarangan.

Kamu juga perlu mengetahui semua seluk beluk tentang gips sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut ini manfaat gips dan semua informasi lain terkait pemasangan gips yang perlu kamu ketahui:

Baca juga: Patah Tulang, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Kembali Normal

Manfaat Gips

Gips adalah perangkat dalam dunia medis yang digunakan untuk melindungi dan menopang tulang atau sendi yang sedang mengalami cedera seperti patah. Gips akan dipasang di area tubuh yang mengalami patah tulang oleh ahli ortopedi, yakni dokter yang khusus dalam perawatan tulang.

Manfaat gips yang paling utama adalah membantu menahan dan menjaga ujung tulang yang patah tetap pada posisi yang tepat. Ia juga berguna untuk mencegah area di sekitarnya bergerak selama proses penyembuhan. Gips juga membantu mencegah atau menurunkan kontraksi otot dan menjaga area yang mengalami fraktur agar tidak bergerak, terutama usai seseorang menjalani operasi patah tulang.

Pemasangan gisp juga akan membantu pengidap patah tulang mengalami lebih sedikit gejala akibat patah tulang. Ini cukup penting dalam penyembuhan, sehingga pasien bisa istirahat dengan lebih baik hingga kondisi benar-benar pulih.

Baca juga: Bagaimana Fisioterapi Dilakukan untuk Atasi Patah Tulang?

Begini Prosedur Pemasangan Gips

Sebelum memasang gips, biasanya seseorang akan menjalankan tes pencitraan seperti sinar-X untuk mendiagnosis fraktur dan mencari tahu apa jenis patah tulang yang terjadi. Gips juga tidak akan dipasang jika pasien masih mengalami bengkak di sekitar area  yang akan dipasangkan gips. 

Jika kondisi sudah cukup baik, maka dokter akan terlebih dahulu menyejajarkan atau meluruskan patahan-patahan tulang agar sembuh dalam posisi yang tepat. Jika dokter meluruskan tulang dari luar area yang cedera, maka hal ini disebut dengan reduksi tertutup. Hal ini dilakukan dengan menekan fragmen tulang ke arah yang posisi yang tepat, dan umumnya dokter akan membutuhkan obat anti nyeri dan penenang (sedatif) saat prosedur dilakukan.

Sementara itu, untuk jenis fraktur yang lebih rumit atau serius, proses meluruskan tulang umumnya dilakukan dengan prosedur operasi. Usai memastikan tulang di posisi yang tepat, dokter baru akan mulai memasang gips di lokasi tulang tersebut.

Baca juga: 8 Jenis Patah Kaki yang Dapat Dialami Seseorang

Faktanya, pemasangan gips untuk patah tulang adalah proses yang sederhana, berikut ini caranya:

  • Dokter akan memasang stockinette terlebih dahulu, yakni perban yang ringan dan melar, di bagian tubuh mengalami fraktur.
  • Lapisan bantalan yang terbuat dari kapas atau bahan lembut lainnya akan melapis bagian tubuh tersebut untuk lebih melindungi kulit. Bantalan ini juga akan memberikan tekanan yang elastis untuk membantu proses penyembuhan tulang.
  • Dokter akan membungkus bagian tubuh tersebut dengan lapisan luar dari plester atau fiberglass. Lapisan luar ini memang tampak lembap, tetapi material tersebut akan mulai mengering sekitar 10 hingga 15 menit kemudian, dan akan mengeras dalam waktu 1 sampai 2 hari. Selama proses ini, pasien perlu lebih berhati-hati, karena plester bisa pecah atau retak saat mulai mengeras.
  • Dokter terkadang membuat sayatan kecil di atas lapisan luar perban sehingga ada ruang bila pembengkakan terjadi.

Namun jika pasien masih merasakan nyeri, ada baiknya untuk segera mengonsumsi obat pereda nyeri yang diresepkan dokter. Kamu pun bisa beli obat pereda nyeri tersebut di Halodoc supaya lebih mudah. Tunggu apa lagi. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. How Is a Bone Fracture Treated?
Kids Health. Diakses pada 2021. Surgeries and Procedures: Casts and Splints. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Cast Care: Do’s and Don’ts.