• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Manfaat Olahraga High-Intensity Interval Training (HIIT)
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Manfaat Olahraga High-Intensity Interval Training (HIIT)

Berbagai Manfaat Olahraga High-Intensity Interval Training (HIIT)

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 Agustus 2022

“HIIT (High Intensity Interval Training) adalah jenis olahraga intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi 10 hingga 30 menit. Manfaatnya dapat menunjang kesehatan jantung, pembuluh darah dan membentuk massa otot.”

Berbagai Manfaat Olahraga High-Intensity Interval Training (HIIT)Berbagai Manfaat Olahraga High-Intensity Interval Training (HIIT)

Halodoc, Jakarta – HIIT (High Intensity Interval Training) adalah olahraga intensitas berat yang dilakukan dalam waktu singkat dengan durasi 10 hingga 30 menit. Meski sebentar, olahraga ini membakar kalori dan lemak tubuh dalam jumlah yang banyak.

Kamu bisa melakukan HIIT jika sibuk dengan aktivitas dan ingin menurunkan bobot tubuh dalam waktu singkat. Berbagai jenis olahraga intensitas tinggi ini antara lain lari cepat, angkat beban hingga lompat tali.

HIIT terbagi dalam beberapa sesi dengan gerakan sama, tapi dilakukan dengan intensitas berbeda. Di sela waktu setiap sesi, peserta olahraga beristirahat sejenak supaya energi tubuh terisi kembali.

Manfaat Olahraga HIIT

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ini bisa dirasakan dengan baik oleh orang dengan berat badan berlebih (obesitas). Sebab, mereka rentan mengalami masalah jantung dan tekanan darah tinggi akibat menumpuknya lemak dan kolesterol di pembuluh darah. Lakukan HIIT sebanyak 4 kali dalam seminggu selama 20 hingga 30 menit.

2. Membentuk Massa Otot

HIIT yang dilakukan dengan kardio atau aerobik efektif membentuk massa otot di bagian kaki dan perut. Namun, tidak disarankan melakukan olahraga ini terlalu sering karena berpotensi mengalami radang sendi, nyeri otot dan cedera. Pastikan beristirahat yang cukup dan beri waktu jeda satu hari setiap latihan.

3. Meningkatkan Penyerapan Oksigen ke Otot

Manfaat HIIT ini bisa dilakukan dengan berlari atau bersepeda dalam durasi panjang dan kecepatan yang tetap dalam intensitas tinggi. Jika dilakukan sebanyak 4 hari per minggu dalam 20 menit per sesi bisa memaksimalkan penyerapan oksigen sebanyak 9 persen. 

4. Meningkatkan Proses Pembakaran Lemak

HIIT bisa memaksimalkan penurunan berat badan karena lemak dalam tubuh lebih mudah terbakar. Lakukan sebanyak 3 kali per minggu selama 20 menit setiap sesi. HIIT efektif menurunkan berat badan sebanyak 2 kilogram jika dilakukan secara rutin.

Penurunan berat badan bisa terlihat setelah 12 minggu melakukannya, meski tidak dibarengi dengan perubahan pola makan. Jika HIIT bertujuan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, coba lakukan olahraga ini.

5. Membakar Kalori Dalam Waktu Singkat

HIIT efektif membakar 25 hingga 30 persen kalori lebih banyak ketimbang jenis olahraga lain, seperti angkat beban, bersepeda santai dan lari. Lakukan olahraga selama 20 detik, kemudian beristirahat selama 40 detik. Ulangi kembali gerakan selama 20 detik. 

Meski waktu yang dihabiskan hanya sepertinya dari total waktu, tapi manfaatnya bisa dirasakan dengan baik oleh tubuh.

HIIT adalah olahraga yang membutuhkan kecepatan dan ketangkasan. Namun, olahraga ini tidak boleh dilakukan tanpa pemanasan karena meningkatkan risiko cedera otot dan terkilir.

Pemanasan juga berpengaruh pada kinerja otot, sehingga rentang gerak otot jadi lebih luas. Pemanasan juga meningkatkan aliran darah dan oksigen, meredakan ketegangan otot serta meningkatkan fleksibilitas sendi.

Itulah penjelasan HIIT dan manfaatnya bagi tubuh. Jika kamu mengalami cedera atau terkilir saat melakukan gerakan, silakan buat janji medis untuk melakukan langkah perawatan. 

Perawatan yang tepat dapat mencegah komplikasi berupa pembengkakan, pergeseran sendi dan retak pada tulang.  Jika kamu membutuhkan informasi lain seputar kesehatan dan olahraga, silakan download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Benefits of High Intensity Interval Training (HIIT).
Very Well Fit. Diakses pada 2022. 5 Benefits of High-Intensity Interval Training.