• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Obat Alami Ambeien yang Bisa Dicoba di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Obat Alami Ambeien yang Bisa Dicoba di Rumah

Berbagai Obat Alami Ambeien yang Bisa Dicoba di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 08 Desember 2021
Berbagai Obat Alami Ambeien yang Bisa Dicoba di Rumah

“Nyeri akibat ambeien memang sangat tidak nyaman, tetapi untungnya ada obat alami ambeien yang bisa kamu coba di rumah. Obat ini bisa kamu oleskan langsung ke area wasir. Namun selain menggunakan obat ini, kamu juga harus menjaga asupan makanan supaya terhindar dari sembelit, karena feses yang keras akan memperparah nyeri saat buang air besar.”

Halodoc, Jakarta – Wasir atau yang disebut juga dengan ambeien adalah pembengkakan pada pembuluh darah di anus dan rektum yang dapat menyebabkan rasa sakit, gatal, dan perdarahan dubur. Kondisi ini bisa terjadi di dalam atau luar. 

Wasir internal terletak di rektum dan biasanya tidak terlihat atau terasa, sementara itu wasir luar berada di kulit luar anus. Kondisi ini memang cukup umum terjadi dan mereka biasanya bisa hilang dalam beberapa minggu dengan sendirinya. Namun, mereka dapat menyebabkan ketidaknyamanan ringan hingga berat.

Jika kamu masih mengalami gejala ringan, berikut ini terdapat beberapa obat alami ambeien yang bisa kamu coba di rumah! 

Obat Alami Ambeien 

Berikut ini beberapa pengobatan rumahan umum yang dapat membantu meringankan gejala ambeien:

  • Mandi Air Hangat dengan Garam Epsom

Mandi air hangat dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir. Coba gunakan bak mandi duduk supaya kamu bisa merendam area yang nyeri. Mandi air hangat dengan garam Epsom bisa menjadi obat alami ambeien dan bisa dilakukan selama 20 menit setelah setiap buang air besar. Menambahkan garam Epsom ke dalam bak mandi juga dapat memberikan kelegaan dengan mengurangi rasa sakit.

  • Kompres Dingin

Obat alami ambeien lainnya yang tanpa efek samping adalah dengan memberikan kompres dingin. Kamu bisa mengoleskan kompres es atau kompres dingin ke anus untuk meredakan pembengkakan selama 15 menit setiap kali. Untuk wasir yang besar dan menyakitkan, kompres dingin bisa menjadi pengobatan yang sangat efektif.

Namun, pastikan untuk membungkus es di dalam kain atau handuk kertas. Jangan pernah mengoleskan sesuatu yang beku langsung ke kulit karena dapat membahayakan atau merusak kulit.

  • Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya sering digunakan untuk menjadi obat alami ambeien dan kondisi kulit lainnya. Diperkirakan ia memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi iritasi. Meski tidak banyak bukti klinis tentang efektivitas gel lidah buaya untuk wasir, tetapi penggunaannya cukup aman untuk penggunaan topikal.

Gel lidah buaya dapat ditemukan sebagai bahan dalam produk lain, seperti tabir surya atau lotion. Namun, sebaiknya hanya menggunakan gel lidah buaya murni pada wasir karena bahan dan zat tambahan lainnya dapat mengiritasi wasir. Gel lidah buaya murni juga dapat diambil langsung dari dalam daun tanaman lidah buaya.

  • Tisu 

Menggunakan kertas toilet atau tisu setelah buang air besar dapat mengiritasi wasir. Oleh karena itu, ada baiknya kamu menggunakan tisu basah untuk membantu area dubur tetap bersih tanpa menyebabkan iritasi lebih lanjut.

Kamu juga bisa menggunakan tisu yang memiliki bahan anti wasir yang menenangkan, seperti witch hazel atau lidah buaya. Pastikan tisu yang kamu pilih tidak mengandung alkohol, parfum, atau bahan iritan lainnya. Zat-zat ini dapat memperburuk gejala wasir daripada meredakannya.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat, dan diduga mampu mengurangi peradangan dan pembengkakan. Sifat analgesiknya (penghilang rasa sakit) dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh wasir. Sifat antibakterinya ini juga memungkinkan wasir sembuh lebih cepat. 

Minyak kelapa sebagai obat alami ambeien juga dapat membantu meredakan sembelit, berkat efek pencahar. Karena sembelit atau mengejan saat buang air besar adalah penyebab umum wasir, ini dapat membantu mengobati dan mencegahnya.

Kamu bisa mengonsumsi minyak kelapa murni untuk mengatasi wasir dengan mengonsumsinya secara rutin atau dengan mengoleskannya secara eksternal. Kamu bisa memanaskannya sedikit dan mengoleskannya ke area wasir  dengan bola kapas. 

Namun jika beberapa obat alami ambeien di atas tidak kunjung memberikan perubahan, kamu sebaiknya segera pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Kamu pun sekarang bisa buat janji dengan dokter di rumah sakit supaya lebih praktis. Tunggu apa lagi? Ambil smartphone-mu sekarang dan download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. 5 Best and Worst Home Remedies for Your Hemorrhoids.
Harvard Health. Diakses pada 2021. Natural Remedies for Hemorrhoids.
Healthline. Diakses pada 2021. Hemorrhoids Home Remedies and OTC Treatment.