• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Olahraga Mengecilkan Paha Sederhana di Rumah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Olahraga Mengecilkan Paha Sederhana di Rumah

Berbagai Olahraga Mengecilkan Paha Sederhana di Rumah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 Juni 2022

“Ada banyak jenis olahraga mengecilkan paha yang bisa dilakukan., asalkan kamu melakukannya dengan benar. Seperti misalnya dengan melakukan gerakan squat secara rutin.”

Berbagai Olahraga Mengecilkan Paha Sederhana di Rumah

Halodoc, Jakarta – Memiliki paha yang besar bisa menjadi hal yang dihindari bagi sebagian orang. Pasalnya, hal ini dirasa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Namun jangan khawatir, nyatanya ada beberapa cara mengecilkan paha yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan berolahraga. 

Latihan fisik yang tepat dan dibarengi dengan diet seimbang bisa membantu mengurangi jumlah lemak di tubuh, termasuk di paha. Hal ini juga bisa membantu mengencangkan otot-otot tubuh. Rutin berolahraga juga bisa menjaga kesehatan dan menurunkan risiko penyakit. Lantas, apa saja jenis olahraga mengecilkan paha yang bisa dilakukan?

Pilihan Olahraga Mengecilkan Paha 

Berikut ini adalah beberapa pilihan olahraga yang bisa mengecilkan ukuran paha dan mengencangkan otot-otot di sekitarnya: 

Squat 

Gerakan squat bisa membantu mengecilkan ukuran paha, sekaligus mengencangkan otot paha bagian dalam. Gerakan ini bisa dilakukan dengan tambahan beban atau tanpa beban. Squat juga tergolong sebagai olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di mana saja. 

Wall Squat 

Pada dasarnya, wall squat adalah gerakan squat  yang dimodifikasi dengan bantuan dinding. Gerakan ini juga cenderung mudah dan sederhana untuk dilakukan sehingga cocok bagi pemula. Wall squat bisa membantu membangun kekuatan isometrik serta melatih otot paha depan dan betis.

Untuk melakukan gerakan ini, sandarkan punggung ke dinding dan rentangkan kaki sejajar bahu. Kemudian turunkan badan hingga lutut membentuk sudut 90 derajat, tahan posisi tersebut selama beberapa detik. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

Plié Squat

Plié adalah gerakan dasar bagi para penari balet. Kombinasikan gerakan ini dengan squat juga dinilai mampu melatih otot paha. Jika dilakukan dengan benar, olahraga ini bisa membantu mengencangkan otot paha bagian dalam. 

Berdirilah dengan posisi kaki terbuka dengan jari-jari menghadap ke luar. Kemudian, angkat dan luruskan kedua tangan ke depan sambil jongkok perlahan hingga lutut menekuk 90 derajat. Berdiri kembali dan ulangi gerakan ini selama 1 menit. 

Lunges 

Olahraga untuk mengecilkan paha selanjutnya adalah lunges. Latihan ini bermanfaat untuk memperkuat tubuh bagian bawah, termasuk paha. Selain paha, lunges juga bisa mengencangkan bokong dan betis. 

Meski olahraga bisa mengecilkan paha, sebaiknya jangan memaksakan diri. Sebab risiko cedera bisa meningkat. Jika mengalami cedera parah, segera cari pertolongan medis yang tepat. Lebih mudah buat janji medis melalui aplikasi Halodoc. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 7 Benefits of Doing Squats and Variations to Try.
Verywell. Diakses pada 2022. Squat Variations for the Buns, Hips, and Thighs.