• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Penyebab Perut Kembung pada Anak yang Perlu Diketahui

Berbagai Penyebab Perut Kembung pada Anak yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Berbagai Penyebab Perut Kembung pada Anak yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Anak-anak bisa mengalami perut kembung. Orangtua perlu tahu apa saja hal yang bisa menjadi penyebabnya. Dengan begitu, penanganan yang tepat bisa segera diberikan untuk mengatasi perut kembung pada anak. Sebenarnya, kondisi ini umum terjadi dan bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, perut kembung bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan menjadi rewel. 



Perut kembung pada anak bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi kondisi ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Perut kembung bisa membuat Si Kecil merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, perut kembung yang terjadi dalam jangka waktu panjang bisa menjadi tanda awal penyakit. Lantas, apa saja penyebab perut kembung pada anak?

Baca juga: Gejala yang Biasa Muncul Berbarengan dengan Perut Kembung

Penyebab Perut Kembung pada Anak 

Perut kembung terjadi karena ada gas atau udara menumpuk di saluran pencernaan. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab perut kembung pada anak, di antaranya: 

  • Terlalu Banyak Menelan Udara 

Anak-anak senang bermain, termasuk pada saat makan. Nah, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab perut kembung pada anak. Bermain atau melakukan aktivitas sambil makan bisa menyebabkan anak menelan udara terlalu banyak dan pada akhirnya memicu perut kembung.

Bagaimana mengatasinya? Ibu bisa mengajarkan anak untuk melakukan teknik bernapas yang bertujuan untuk relaksasi. Hal ini bisa membantu Si Kecil merasa lebih nyaman dan mengatasi perut kembung. Mulai ajarkan anak untuk duduk diam selama makan dan kunyah makanan secara perlahan, sehingga risiko banyak menelan udara bisa dihindari. 

  • Mengonsumsi Makanan Tertentu 

Selain udara, perut kembung juga bisa terjadi karena ada tumpukan gas di dalam perut. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan hal ini adalah konsumsi makanan yang memicu produksi gas, seperti lobak, brokoli, bawang, kubis, dan kacang-kacangan. 

Baca juga: Ketahui Cara Tepat Atasi Perut Kembung

Bagaimana mengatasinya? Hindari memberikan makanan yang bisa memicu produksi gas di perut. Sebagai gantinya, ibu bisa memilih jenis makanan sehat lain untuk dikonsumsi anak. 

  • Mengalami Konstipasi 

Perut kembung pada anak juga bisa disebabkan oleh gangguan pencernaan, seperti konstipasi. Pada kondisi ini, Si Kecil mengalami kesulitan buang air besar yang ditandai dengan gejala sakit perut, rewel, kesulitan buang air besar, serta perut kembung. 

Bagaimana mengatasinya? Perbanyakan konsumsi makanan yang mengandung serat, minum air putih, serta aktivitas fisik. Hal ini bisa membantu melancarkan pencernaan Si Kecil. 

  • Intoleransi Laktosa 

Intoleransi laktosa memicu beberapa gejala, termasuk perut kembung. Namun, kondisi ini mungkin akan sedikit sulit untuk dipastikan. Gejala dari intoleransi laktosa biasanya tidak akan langsung terlihat. Si Kecil bisa saja baru menunjukkan gejala, termasuk perut kembung, dalam 6-10 jam setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang memicu intoleransi. 

Bagaimana mengatasinya? Jika anak menunjukkan gejala penyakit ini, sebaiknya segera bicara dengan dokter. Hal ini penting dilakukan untuk mencari tahu cara mencegah penyakitnya sering kambuh. 

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Perut Kembung saat Hamil

Ibu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk membicarakan seputar perut kembung pada anak. Lebih mudah menghubungi dokter di Halodoc melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan keluhan yang dialami Si Kecil dan dapatkan rekomendasi kesehatan dari ahlinya. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Baby Center. Diakses pada 2021. Gas Pain (Ages 3 to 8).
WebMD. Diakses pada 2021. Gas Pain (Children).
Parents. Diakses pada 2021. 4 Reasons Your Kid Is Bloated and How to Help.