• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Rempah untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Berbagai Rempah untuk Menjaga Kecantikan Kulit

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Berbagai Rempah untuk Menjaga Kecantikan Kulit

“Selain memperbanyak konsumsi air putih dan pola makan sehat, kamu juga bisa menggunakan rempah-rempah yang ada di rumah untuk merawat kecantikan kulit. Mulai dari kunyit, teh hijau, jahe, hingga kayu manis. Manfaatnya beragam untuk kulit kamu. Namun, pastikan kamu mencoba dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada efek samping pada kulit.”

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kecantikan kulit secara alami. Mulai dari memperbanyak memenuhi kebutuhan air putih, mengonsumsi makanan sehat, hingga rutin melakukan olahraga. Namun tidak hanya itu saja, nyatanya kamu juga bisa menggunakan berbagai rempah untuk menjaga kecantikan kulit.

Baca juga: Ini Bumbu Dapur yang Bermanfaat untuk Kecantikan

Selain mudah didapatkan, perawatan menggunakan rempah juga bisa kamu lakukan dari rumah. Namun, kamu juga perlu mengetahui cara tepat menggunakan berbagai rempah agar manfaatnya dapat dirasakan secara optimal. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui beberapa jenis rempah untuk menjaga kecantikan kulit yang bisa kamu gunakan di rumah!

Perawatan Rempah untuk Menjaga Kecantikan Kulit dari Rumah

Tanaman rempah sendiri dikenal sebagai salah satu tanaman yang bisa digunakan untuk menambahkan citarasa pada makanan maupun minuman. Namun, sedikit masyarakat yang mengetahui bahwa rempah-rempah bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk menjaga kecantikan kulit dari rumah, loh.

Hal ini disebabkan tanaman rempah banyak memiliki kandungan antioksidan, anti peradangan, dan memiliki berbagai vitamin serta nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit. Bahkan, beberapa jenis rempah dinilai cukup efektif untuk mengatasi kerutan, menghilang tanda-tanda kemerahan pada wajah, hingga membuat kulit tetap cerah.

Baca juga: Mencerahkan Kulit Secara Alami di Rumah, Ini Tipsnya

Yuk, ketahui beberapa jenis rempah untuk menjaga kecantikan kulit dari rumah yang bisa digunakan setiap saat.

  1. Kayu Manis

Kayu manis cukup sering ditemukan pada saat kamu membuat kue atau makanan. Namun, siapa sangka kayu manis bisa digunakan untuk membuat kulit kamu menjadi lebih bersih dan cerah. Keri Glassman, seorang ahli nutrisi, mengatakan bahwa kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. 

Antioksidan memiliki fungsi sebagai penangkal radikal bebas, menghilangkan kerutan, wajah kusam, dan flek hitam pada wajah. Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengonsumsi menambah kayu manis pada makanan atau cokelat panas yang kamu konsumsi.

  1. Teh Hijau

Bukan hanya dapat membantu kamu untuk mencegah penyakit jantung, stroke, atau diabetes. Nyatanya, kandungan teh hijau dapat mengurangi efek inflamasi dan mencegah munculnya tanda penuaan dini pada kulit.

Selain itu, teh hijau juga memiliki kandungan anti bakteri sehingga dinilai efektif untuk mengatasi jerawat pada wajah. Jessica Wu, seorang profesor klinis dermatologi di University of Southern California, mengatakan bahwa teh hijau yang dioleskan pada kulit dapat memperbaiki epidermis, mempercepat penyembuhan luka, hingga mengatasi warna kulit yang tidak merata.

  1.  Kunyit

Tentunya masyarakat sudah mengenal rempah yang bernama kunyit. Bukan hanya untuk menambahkan citarasa lezat pada masakan, kandungan antioksidan dan anti inflamasi pada kunyit dapat mengatasi noda pada wajah dan membuat kulit terlihat lebih sehat. Tidak hanya itu, kandungan antiseptik yang terdapat dalam kunyit juga bisa membantu kamu untuk meredakan jerawat yang membandel pada wajah. 

  1. Jahe

Jahe menjadi salah satu rempah untuk menjaga kecantikan kulit di rumah. Kandungan antioksidan dalam jahe dapat membantu kamu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan atau garis-garis halus pada wajah. 

Itulah beberapa rempah yang bisa kamu gunakan untuk menjaga kecantikan kulit dari rumah. Penggunaannya pun bervariasi. Ada yang bisa kamu campurkan dengan makanan atau minuman yang kamu konsumsi atau menggunakannya pada kulit dengan campuran bahan alami lain, seperti madu atau lidah buaya.

Baca juga: 5 Rahasia Merawat Kulit dari Berbagai Negara

Namun, rempah ini dapat memberikan efek samping yang berbeda-beda pada tiap penggunanya. Untuk itu, sebaiknya gunakan dalam jumlah kecil untuk mengetahui efek samping pada kulit. Kamu juga bisa gunakan Halodoc dan bertanya langsung pada dokter kulit mengenai penggunaan berbagai rempah untuk menjaga kecantikan kulit. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2021. These 7 Herbs and Spices Can Save Your Skin.
Parenting Firstcry. Diakses pada 2021. 11 Herbs and Spices That Are Good For Your Skin.
Healthline. Diakses pada 2021. Green Tea for Your Skin.
Taste of Home. Diakses pada 2021. 10 Benefits of Ginger for Beauty and Health.