• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Tips Pola Asuh Anak di Masa Post Pandemi
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Tips Pola Asuh Anak di Masa Post Pandemi

Berbagai Tips Pola Asuh Anak di Masa Post Pandemi

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 Juni 2022

“Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak bagi siapa saja, termasuk orang tua dan anak. Memasuki post pandemi ini, lakukan tips pola asuh anak agar kondisi kesehatan fisik dan mental anak tetap optimal.”

Berbagai Tips Pola Asuh Anak di Masa Post Pandemi

Halodoc, Jakarta – Meskipun saat ini status pandemi COVID-19 belum akan dicabut oleh WHO dalam waktu dekat, tetapi banyak masyarakat yang sudah kembali melakukan aktivitas hampir seperti biasa. Namun, hal ini sebaiknya tidak membuat orang tua melonggarkan pengawasan pada anak. Mengajarkan anak tetap melakukan protokol kesehatan menjadi salah satu kebiasaan yang perlu dilakukan di masa post pandemi.

Selain itu, pandemi yang lalu menyebabkan dampak pada kondisi keluarga, mulai dari perubahan pola asuh hingga kualitas tumbuh kembang anak. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui berbagai tips pola asuh anak yang bisa dilakukan di masa post pandemi agar tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan optimal. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Tips Pola Asuh Anak Post Pandemi COVID-19

Menjalani kondisi pandemi COVID-19 memanglah bukan hal yang mudah, termasuk pada anak-anak. Berbagai perubahan harus dilakukan untuk menjaga kesehatan dengan mengurangi berbagai aktivitas di luar. Selain perubahan aktivitas sehari-hari, hal ini juga bisa memengaruhi kemampuan bersosialisasi anak.

Di masa post pandemi ini tentunya ibu perlu melakukan pola asuh yang tepat agar tumbuh kembang anak bisa kembali menjadi optimal. Berikut ini beberapa tips pola asuh anak yang bisa dilakukan oleh orangtua di masa post pandemi COVID-19:

1. Penuhi Waktu Berkualitas dengan Anak

Selama masa pandemi, tentunya hal ini membuat banyak orangtua yang merasa kewalahan hingga stres akibat dampak COVID-19. Meski begitu, pastikan orang tua tetap dapat memenuhi waktu yang berkualitas dengan anak di masa post pandemi.

Ibu bisa menentukan jadwal untuk bermain dengan anak setiap harinya. Jangan lupa meminta bantuan anak untuk memilih jenis permainan atau kegiatan yang akan dilakukan bersama dengan orang tua. 

Jika anak-anak memilih bermain di luar rumah, hal ini bisa dilakukan dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat sambil memberikan pengertian pada anak mengenai kondisi yang terjadi saat ini.

2. Tetap Jaga Kesehatan Mental Anak

Dampak pandemi tidak hanya dirasakan orang dewasa saja, anak-anak pun dapat mengalami kondisi stres hingga depresi akibat perubahan yang dialami. Untuk itu, sebaiknya pastikan kesehatan mental anak dalam kondisi yang optimal. Gunakan waktu yang tepat untuk berbicara pada anak mengenai situasi saat ini sehingga anak merasa menjadi lebih nyaman dan aman. 

Ibu juga bisa menjadi pendengar yang baik untuk anak-anak ketika anak merasa tidak nyaman terhadap situasi pandemi. Dengan menjadi pendengar yang baik, anak-anak akan lebih percaya diri untuk menjelaskan perasaannya dan memahami emosi yang merasa rasakan.

3. Ajak Anak untuk Kembali Aktif di Masa Post Pandemi

Jangan ragu untuk mengajak anak kembali aktif di masa post pandemi. Mulailah untuk rutin mengajak anak berolahraga di ruang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Ada banyak manfaat yang bisa ibu rasakan ketika melakukan olahraga bersama anak. 

Bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat, kegiatan yang dilakukan juga bisa meningkatkan ikatan emosional antara orang tua dan anak. Buatlah jadwal rutin olahraga bersama sehingga kegiatan ini selalu dinanti dan menyenangkan untuk anak-anak.

Itulah beberapa tips pola asuh anak yang bisa dilakukan di masa post pandemi. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit ketika anak mengalami gejala stres atau depresi pasca pandemi. Ibu bisa cari rumah sakit terdekat yang bisa membantu memulihkan kondisi kesehatan mental anak melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Deccan Herald. Diakses pada 2022. Six Tips for Post-Pandemic Parenting.
Unicef Indonesia. Diakses pada 2022. 6 Tips Pengasuhan di Tengah Wabah Virus Corona (COVID-19).
Healthy Children. Diakses pada 2022. Parenting in a Pandemic: Tips to Keep the Calm at Home.