• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbuka Puasa dengan Kolak Pisang, Ada Manfaatnya?

Berbuka Puasa dengan Kolak Pisang, Ada Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Berbuka Puasa dengan Kolak Pisang, Ada Manfaatnya?

Halodoc, Jakarta - Setelah menahan lapar dan haus seharian, semangkuk kolak pisang yang manis dan segar menjadi hidangan buka puasa yang paling ditunggu-tunggu. Selain cara membuatnya yang cukup mudah, kolak pisang juga mampu menghilangkan dahaga dan cukup mengenyangkan, lho. Bukan itu saja, dalam semangkuk kolak pisang juga terdapat cukup banyak nutrisi yang baik bagi kesehatan. Yuk, ketahui apa saja manfaat konsumsi kolak pisang saat berbuka saat berbuka.

Baca juga: Nutrisi Apa Saja yang Harus Terpenuhi Selama Puasa?

Beragam Manfaat Konsumsi Kolak Pisang saat Berbuka Puasa

Mencari makanan untuk buka puasa sebaiknya tidak hanya asal mengenyangkan saja tapi juga harus bernutrisi agar tubuh tetap sehat. Nah, salah satu menu yang umum dijadikan hidangan berbuka adalah kolak pisang. Semangkuk kolak pisang biasanya terdiri dari bahan utama yaitu pisang raja atau pisang kepok yang dikupas dan dipotong-potong, serta diberi kuah santan yang terbuat dari campuran santan, gula merah dan gula pasir.

Namun, kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya ke dalam kolak pisangmu seperti nangka, kolang-kaling, dan cincau sesuai selera. Bahan-bahan alami yang bernutrisi tersebut, membuat kolak pisang memiliki banyak manfaat untuk memulihkan kondisi tubuh setelah berpuasa. Berikut kandungan nutrisi yang terkandung dalam setiap bahan-bahan pembuat kolak pisang:

  • Pisang

Meskipun termasuk dalam kelompok buah-buahan, pisang dapat memberikan asupan karbohidrat bagi tubuh. Kandungan karbohidrat dalam sebuah pisang yang matang akan berubah menjadi gula yang terdiri dari sukrosa, fruktosa, dan glukosa. Meski demikian, buah yang satu ini memiliki Indeks Glikemik (IG) sebesar 42-58. Indeks Glikemik menunjukkan seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam suatu makanan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Dengan nilai IG tersebut, pisang masih termasuk makanan yang aman untuk dikonsumsi kamu yang perlu menjaga gula darah.

Selain asupan karbohidrat, pisang juga masih memiliki banyak nutrisi lainnya, seperti protein, lemak, vitamin B6, vitamin C, kalsium, dan kalium. Vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sedangkan kalium baik untuk menurunkan tekanan darah. Satu buah pisang juga mampu memenuhi 16% dari total kandungan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, pisang baik untuk melancarkan pencernaan selama menjalani puasa. 

Baca juga: Ternyata, Ini Manfaat Puasa untuk Pengidap Hipertensi

  • Santan

Kuah kolak yang terbuat dari santan bisa memberi tubuhmu asupan kalori, lemak, protein, karbohidrat, dan beragam mineral. Walaupun makanan bersantan dikenal mengandung lemak yang tinggi, nyatanya lemak pada santan dapat membantu menurunkan kadar LDL, yaitu kolesterol jahat yang menjadi penyebab terjadinya serangan jantung. Santan justru diyakini dapat meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. 

  • Gula Merah

Dibanding gula putih, gula merah dianggap lebih sehat karena mengandung sejumlah zat gizi antara lain: asam lemak, polifenol, senyawa antioksidan serta sejumlah mineral seperti zat besi, zinc, kalsium, dan kalium. Gula merah juga dianggap aman dikonsumsi pengidap diabetes, karena memiliki indeks glikemik yang rendah sebesar 35. Namun, sama halnya seperti gula putih, konsumsi gula merah juga perlu dibatasi dalam jumlah sewajarnya.

Baca juga: 4 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Itulah sejumlah manfaat konsumsi kolak pisang saat berbuka puasa. Khusus bagi ibu hamil, kolak pisang ternyata juga kaya akan kandungan asam folat yang bermanfaat untuk membantu perkembangan janin. Meskipun memiliki sejumlah kandungan baik karena bahan alami di dalamnya, jangan terlalu sering mengonsumsinya, ya. Pasalnya, akan ada dampak yang ditimbulkan dari santan jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Untuk menunjang kesehatan tubuh selama berpuasa, tidak ada salahnya kamu mengonsumsi suplemen atau multivitamin tambahan yang diperlukan tubuh. Untuk mendapatkannya, kamu bisa menggunakan fitur “beli obat dan vitamin” di aplikasi Halodoc. Dapatkan segera aplikasinya di sini, ya.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Coconut Milk: Health Benefits and Uses.
Very Well Fit. Diakses pada 2021. Brown Sugar Nutrition Facts and Health Benefits.
Medical News Today. Diakses pada 2021. Benefits and health risks of bananas.
Diperbarui pada 9 April 2021.