• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berhenti Merokok Bisa Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Berhenti Merokok Bisa Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Indonesia adalah negara dengan angka perokok paling banyak di Asia Tenggara. Dikutip dari databoks, data per 2019 menyatakan jika sekitar 65 juta orang yang melakukan kebiasaan tidak sehat tersebut. Peningkatan terjadi pada semua rentang usia, bahkan dari usia sekolah dasar (SD) dan SMP. Padahal, banyak dampak buruk yang dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk ini.

Sudah menjadi rahasia umum jika merokok dapat menyebabkan masalah jantung. Salah satu gangguan jantung yang dapat terjadi adalah penyakit jantung koroner. Maka dari itu, cobalah untuk berhenti merokok agar tubuh yang sehat tetap terjaga dan dapat mencegah terjadinya jantung koroner. Ketahui lebih lengkapnya efek sehat yang didapatkan saat berhenti merokok pada jantung.

Baca juga: Stop Merokok, Penyakit Jantung Koroner Mengintai!


Cegah Penyakit Jantung Koroner dengan Berhenti Merokok

Jika kamu masih mempunyai kebiasaan untuk merokok, ada baiknya untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Tidak ada kata terlambat untuk menjaga kesehatan jantung agar hidup menjadi lebih sehat. Kandungan yang ada di dalam rokok dapat merusak fungsi dan struktur jantung hingga merusak sel darah.

Merokok juga dapat menyebabkan sumbatan di dalam arteri akibat plak dan mempersempitnya. Hal ini dapat membatasi aliran darah yang kaya oksigen ke organ penting lainnya. Saat plak terus bertumpuk dan menyumbat pasokan darah ke jantung, seseorang telah mengidap penyakit jantung koroner. Jika dibiarkan, serangan jantung, gagal jantung, hingga kematian mungkin saja terjadi.

Selain itu, merokok dapat memasukkan kandungan karbon monoksida, yang merupakan gas beracun masuk ke tubuh melewati paru-paru hingga ke aliran darah. Kandungan ini juga dapat mengambil oksigen dari sel darah merah, sehingga lebih sedikit yang ditransfer ke organ dan jaringan. Hal ini dapat membuat dinding arteri menjadi kaku dan keras, sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jauh cara untuk mencegah penyakit jantung koroner dengan berhenti merokok, dokter dari Halodoc dapat menjelaskannya kepada kamu. Caranya mudah sekali, kamu cukup download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan!

Baca juga: Benarkah Merokok Bisa Merusak Jantung?


Cara Tepat Menghentikan Kebiasaan Merokok

Tidak sedikit orang yang menyatakan ingin berhenti merokok, tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan, sehingga kebiasaan buruk tersebut terus berlanjut. Berhenti merokok dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu berhenti sekaligus atau perlahan-lahan mengurangi jumlah rokok hingga benar-benar berhenti. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk berhenti merokok:


1. Mencari Motivasi untuk Berhenti

Hal pertama yang dapat dilakukan agar bersungguh-sungguh untuk berhenti merokok dengan mencari motivasi yang kuat. Cobalah untuk membuat daftar alasan jika kamu ingin berhenti, seperti agar lebih sehat, menghindari anak-anak dari asap rokok, dan lainnya. Jika kamu pernah gagal melakukannya, cobalah telaah kenapa hal tersebut terjadi.


2. Mencari Aktivitas Baru

Kamu juga dapat mencari aktivitas baru yang dapat mengalihkan perhatian dari kebiasaan merokok. Salah satu kegiatan baru yang dapat dilakukan adalah melakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara teratur. Cobalah untuk membuat tangan kamu selalu sibuk agar tidak sempat merokok. Mintalah orang sekitar untuk mendukung upaya kamu agar dapat berhenti merokok.


3. Bersiap untuk Efek Kecanduan

Hal yang paling sulit dari berhenti merokok adalah timbulnya pengaruh dari nikotin yang mulai menghilang dari tubuh karena efek kecanduan. Efek ini dapat berkurang setelah waktu 1 atau 2 minggu tidak merokok dan setiap keinginan untuk mengisap rokok hanya terjadi selama beberapa menit.

Kamu dapat mengambil beberapa langkah untuk mengatasi gejala kecanduan. Jika keinginan untuk merokok timbul, tunggu beberapa menit hingga perasaan tersebut hilang. Pastikan untuk selalu ingat manfaat dari berhenti merokok dan motivasi untuk melakukannya.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Koroner

Itulah dampak buruk yang dapat terjadi pada tubuh saat kecanduan rokok dan beberapa cara yang dapat dilakukan untuk berhenti. Dengan mengetahui semua hal tersebut, diharapkan kamu benar-benar mempertimbangkan diri untuk berhenti merokok. Bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang yang kamu sayangi.


Referensi:
NIH. Diakses pada 2020. Smoking and Your Heart.
WebMD. Diakses pada 2020. How You Can Help Your Heart if You Quit Smoking.