02 April 2018

Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?

Berhubungan Intim yang Ideal Itu Berapa Kali Seminggu Sih?

Halodoc, Jakarta – Sebenarnya tidak ada durasi yang spesifik mengenai jumlah ideal berhubungan intim. Untuk pasangan muda yang baru menikah, berhubungan intim bisa menjadi salah satu tolak ukur kebahagiaan. Tetapi buat pasangan yang sudah melewati 5 tahun pernikahan, berhubungan intim dan orgasme tidak lagi menjadi tujuan dalam pernikahan.

Terkadang cuddling, spooning saja sudah cukup. Mencium kening pasangan, mandi bersama tanpa harus ada penetrasi adalah berkah. Karena kebahagiaan tidak melulu soal seks. Tapi, kalau kamu berhubungan intim hanya sekali dalam seminggu saja, menurut pakar dating, sex and relationship Tracey Cox itu sudah sangat minim sekali. Durasi yang ideal menurutnya adalah 3-4 kali seminggu.

Pasangan yang hanya melakukan hubungan intim enam kali sebulan ditemukan memiliki mood jelek, cepat marah, gampang tersinggung dengan apa yang dilakukan pasangan dan memiliki semangat kerja yang tidak oke. Apalagi kalau ternyata baik pria dan wanitanya tidak punya aktivitas olahraga rutin dijamin kurang bahagia dan cepat stres.

Sebenarnya berhubungan intim tidak hanya membangun intimasi antar pasangan tetapi juga memperbaiki mood dan imunitas tubuh. Makanya, pasangan disarankan untuk rutin melakukan hubungan intim.

Kalau kamu merasa kamu fine-fine saja dengan durasi seks sekali seminggu, kamu perlu menanyakan kembali, “Apakah saya dan pasangan baik-baik saja?” Karena para pasangan yang hubungannya baik-baik saja pasti memiliki seks yang rutin dan sehat. Kalau ternyata masalah hanya terletak pada kejenuhan, kamu perlu “menghangatkan” kembali hubungan asmara supaya kamu dan pasangan bisa saling menikmati momen intim tersebut.

Berikut adalah saran dari Tracey Cox mengenai seks yang menggairahkan untuk diaplikasikan pria dan wanita. (Baca juga Pasangan Kehilangan Gairah Seks, Apa Solusinya?)

Pria

  • Wanita suka dengan cuddling/spooning sesuatu yang sering kamu lupakan saat sudah orgasme. Jangan lupa memberikan pelukan terbaik dan ciuman di kening sebelum dan sesudah berhubungan intim. Pasangan akan merasa dihargai dan dicintai ketimbang kamu memberikannya orgasme
  • Jangan cepat-cepat, santai tetapi pasti. Wanita butuh waktu lama untuk menjadi “panas” dan keintiman melalui percakapan atau sentuhan akan membangkitkan hasratnya.
  • Tanyakan yang dia inginkan. Wanita akan senang kalau tahu pasangannya ingin tahu lebih banyak mengenai tingkat kepuasan dalam berhubungan intim.

Wanita

  • Berikan pujian dan komplimen saat sesi berhubungan intim berlangsung, pria akan semakin bersemangat ketika melihat respon positif dari pasangannya. Tapi tidak perlu terlalu heboh juga sampai terlihat kalau kamu memalsukannya.
  • Pria suka kalau wanita menjadi dominan ketika berhubungan intim. Sesekali jangan terlalu pasif, coba kamu yang duluan “mengingatkan” untuk berhubungan intim.

Kalau kamu pengin tahu lebih banyak mengenai informasi seputar kesehatan seks, bisa jadi soal durasi berhubungan intim ini masih menjadi tanda tanya karena mungkin saja kamu seolah kehilangan hasrat. Kamu bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untuk kamu dan pasangan. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.