• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berpotensi Gagalkan Diet, Ketahui Jumlah Kalori Ketoprak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berpotensi Gagalkan Diet, Ketahui Jumlah Kalori Ketoprak

Berpotensi Gagalkan Diet, Ketahui Jumlah Kalori Ketoprak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 16 November 2022

“Ketoprak merupakan makanan khas Indonesia dengan potongan tahu, lontong, soun, dan disiram bumbu kacang. Rasanya sangat enak, tetapi ketahui dulu bahwa kalori ketoprak tanpa telur dalam satu porsi adalah sekitar 824,3 kkal.”

Berpotensi Gagalkan Diet, Ketahui Jumlah Kalori KetoprakBerpotensi Gagalkan Diet, Ketahui Jumlah Kalori Ketoprak

Halodoc, Jakarta – Butuh makanan cepat di saat lapar? Tidak harus selalu makanan cepat saji, ada hidangan Nusantara yang rasanya enak, harganya murah, dan proses pembuatannya juga bisa dibilang cepat, yaitu ketoprak. Namun, kabarnya kalori ketoprak juga terbilang tinggi, sehingga asupannya tidak boleh terlalu sering dan berlebihan. 

Ketoprak merupakan sajian yang terbuat dari potongan tahu goreng, tauge, lontong atau ketupat, dan bihun atau soun. Biasanya, ditambahkan telur dadar atau telur matahari sebagai lauk. Lalu, disiramkan kuah kacang yang telah ditumbuk dengan cabai, bawang putih, dan gula jawa. Kombinasi rasa manis dan gurih berpadu dengan sempurna dalam setiap suapannya. 

Kalori Ketoprak, Pakai Telur dan Tidak

Ketoprak menjadi makanan yang banyak dicari sebagai penunda lapar saat sedang sibuk atau tidak memiliki banyak waktu. Namun, tahukah kamu berapa jumlah kalori ketoprak? Ternyata, kisaran angkanya tidak sama untuk masing-masing porsi. 

Misalnya, ketoprak yang terdiri dari 100 gram tahu putih goreng, 100 gram ketupat, 25 gram bihun, 75 gram taoge rebus, 50 gram kacang tanah goreng, dan gula Jawa serta kerupuk memiliki kalori sekitar 824, 3 kkal. 

Supaya rasanya makin lezat dan makin mengenyangkan, biasanya ditambahkan telur dadar atau telur mata sapi. Jika ketoprak dipesan dengan tambahan telur, maka kalorinya bertambah sebanyak 138 kkal dari telur. Alhasil, kalori ketoprak yang disajikan dengan telur menjadi sekitar 962,3 kkal. 

Kandungan Karbohidrat yang Lebih Banyak

Dibandingkan dengan jenis nutrisi lainnya, kandungan karbohidrat pada ketoprak disebut lebih tinggi. Kandungan ini didapat dari lontong atau ketupat dan bihun atau sohun. 

Ini artinya, kalau kamu sedang menjalani diet karbohidrat atau memiliki kondisi medis tertentu yang mengharuskan untuk membatasi asupan karbohidrat, konsumsi ketoprak perlu dibatasi. Tidak dengan menghindari asupannya, tetapi mengurangi porsinya. 

Bagaimana caranya? Kamu bisa memesan ketoprak tanpa menambahkan bihun karena asupan karbohidrat sudah kamu dapatkan melalui potongan ketupat. Atau bisa juga dengan mengurangi potongan ketupat dan menambah taoge sebagai isian.

Taoge sendiri menjadi satu-satunya sayuran dalam ketoprak. Sayangnya, jumlahnya masih belum sesuai untuk memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang tubuh. Inilah mengapa kamu perlu mengurangi karbohidrat dan menambah taoge untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh sekaligus mengurangi kalori ketoprak.

Dengan demikian, kamu tetap bisa menikmati hidangan lezat satu ini dengan kalori yang lebih rendah dan cara yang lebih menyehatkan.

Sesekali tidak masalah kok menyantap ketoprak atau makanan tinggi kalori lainnya. Namun, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak sehingga kalori bisa tersalurkan menjadi energi. Jadi, berat badan kamu tetap ideal dan tidak berisiko mengalami kegemukan. 

Jika kamu membutuhkan saran dari ahli, langsung saja  tanyakan pada dokter di Halodoc. Kamu bisa chat atau video call dan menanyakan semua hal yang ingin kamu ketahui atau keluhan yang kamu rasakan. Kamu bisa cek dan download Halodoc di ponselmu, gratis melalui App Store maupun Play Store. 

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
Fatsecret Indonesia. Diakses pada 2022. Ketoprak. 
Detik Food. Diakses pada 2022. Kalori Ketoprak Berbumbu Kacang Nikmat Berapa?
Kumparan. Diakses pada 2022. Ketahui Rincian Kalori Ketoprak dan Kandungan Gizinya.