Bersin-Bersin, Ini 4 Trik Atasi Flu saat Puasa

Bersin-Bersin, Ini 4 Trik Atasi Flu saat Puasa

Halodoc, Jakarta - Puasa adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap muslim ketika memasuki bulan Ramadan. Kegiatan menahan makan dan minum seharian suatu kegiatan yang menyehatkan. Hal tersebut dapat membuang racun-racun di dalam tubuh, sehingga tubuh lebih terasa ringan. Walau begitu, terdapat beberapa penyakit yang mungkin saja terjadi ketika seseorang berpuasa, salah satunya adalah penyakit flu.

Flu adalah suatu penyakit yang umum terjadi pada setiap orang yang dapat membuat seseorang mengalami bersin-bersin hingga demam. Selain itu, penyakit flu yang terjadi mungkin disebabkan oleh asupan tubuh yang sedikit menurun karena berpuasa. Akibatnya, virus pun lebih mudah masuk ke tubuh. Jika kamu tetap ingin berpuasa dan ingin mengatasi flu yang terjadi, terdapat beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Misalnya dengan beristirahat cukup.

Baca Juga: Pilek Dapat Diatasi dengan 5 Cara Ini

Trik Atasi Penyakit Flu saat Puasa

Flu dapat dengan mudah menyerang seseorang yang imunitasnya tidak kuat, misalnya anak-anak. Flu yang tidak segera mendapat pengobatan akan berdampak hingga berhari-hari. Maka dari itu, berikut adalah beberapa trik yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit flu yang terjadi selama puasa:

1. Beristirahat yang Cukup

Saat gejala awal dari penyakit ini telah terlihat, hal yang pertama harus kamu lakukan adalah baringkan diri di tempat tidur dan beristirahat. Cobalah untuk membiarkan tubuh kamu beristirahat dan mengisi energi kembali. Cara ini merupakan salah satu cara tercepat untuk membuat kamu kembali merasa sehat.

Saat seseorang beristirahat, tubuh akan menjadi relaks dan beregenerasi. Disebutkan bahwa tidur malam hari dapat berdampak baik untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan membantu menyaring sel-T ke dalam kelenjar getah bening. Sistem limfatik sangat penting untuk melindungi tubuh dari benda asing.

2. Terkena Paparan Matahari

Salah satu cara untuk mengatasi penyakit flu yang terjadi pada kamu adalah dengan menjemur tubuh, agar terkena paparan matahari. Sinar matahari dapat memenuhi kebutuhan vitamin D yang berguna untuk membantu penyembuhan. Kekurangan vitamin D dapat dihubungkan dengan komplikasi sistem kekebalan tubuh yang tidak normal. Vitamin D juga diperlukan untuk jalur detoksifikasi dan respons stimulasi imun yang sehat.

Baca Juga: Redakan Flu dengan 4 Makanan Sehat Berikut

3. Bermeditasi

Bermeditasi juga disebut-sebut dapat mengatasi flu yang terjadi pada kamu. Pasalnya, stres yang terjadi pada kamu dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit flu. Selain itu, pernapasan adalah salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bermeditasi selama kira-kira 10 menit dapat memberi dampak yang baik untuk tubuh.

4. Mengurangi Konsumsi Gula Selama Sahur dan Berbuka Puasa

Penyakit flu dapat diatasi dengan cara mengurangi konsumsi gula ketika kamu makan dan minum selama sahur dan berbuka puasa. Gula adalah salah satu zat yang dapat merusak tubuh dari dalam apabila terlalu banyak dikonsumsi. selain itu, gula juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang dapat lebih rentan terhadap infeksi yang menyerang tubuh.

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi

Itulah beberapa trik yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi flu yang terjadi ketika kamu berpuasa. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan yang mungkin terjadi ketika kamu berpuasa, dokter dari Halodoc selalu siap untuk membantu. Caranya yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!