12 April 2019

Biar Enggak Bosan, Coba 6 Takjil Sehat Ini

Biar Enggak Bosan, Coba 6 Takjil Sehat Ini

Halodoc, Jakarta - Bosan menyicipi takjil yang itu-itu saat berbuka puasa? Hmm, memang sih umumnya kolak, kurma, dan gorengan menjadi takjil favorit selama bulan puasa. Bagi kebanyakan orang, rasanya ada yang kurang bila enggak mengasup takjil tersebut saat berbuka.

Bagi kamu yang bosan dengan takjil tersebut, bisa kok mencoba menu alternatif lainnya. Nah, berikut menu-menu takjil sehat yang bisa kamu coba.

Baca juga: 5 Nutrisi yang Paling Dibutuhkan Tubuh Saat Puasa

1. Fatoush

Menu takjil sehat yang pertama adalah fatoush. Bagi kamu yang kurang familiar dengan menu ini, fatoush merupakan salad yang dibuat dengan sayuran segar dari roti pita panggang. Uniknya, menu ini punya ciri khasnya sendiri. Di dalam fatoush terdapat sumac, yaitu bumbu rempah yang sering digunakan dalam makanan khas negara-negara Timur Tengah.

Menu ini berasal dari wilayah Levantine di Timur Tengah, termasuk Lebanon dan Suriah. Cara membuat dan resepnya sederhana. Agar lebih menarik, kamu bisa menambahkan keju, wortel, atau terong panggang, sesuai dengan seleramu ke dalam salad ini.

2. Bubur Kacang Hijau

Siapa bilang menu yang satu ini enggak bisa dijadikan takjil? Menu takjil sehat ini mengandung berbagai jenis mineral yang penting untuk tubuh, seperti folat, zinc, potasium, mangan, dan magnesium. Salah satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Human and Experimental Toxicology, menyebutkan kacang hijau berperan penting dalam menghambat proses oksidasi kolesterol jahat pada tubuh.

Menariknya lagi takjil sehat ini juga berfungsi sebagai antiinflamasi, antitumor, dan juga mampu mengakomodasi proses metabolisme lemak tubuh dengan baik.

Baca juga: Makan Besar Sebaiknya Saat Berbuka atau Selesai Tarawih?

3. Mohalabia

Menu takjil sehat ketiga adalah puding yang terkenal dari Timur Tengah, terutama Lebanon. Mohalabia terbuat dari tepung beras dan susu. Bagi kamu yang bosan dengan takjil yang itu-itu saja, puding ini bisa jadi suguhan yang tepat untuk berbuka puasa. Tertarik membuatnya?

Bahan-bahan yang dibutuhkan, seperti tepung beras, krim kocok (whipped cream), susu cair, tangkai kayu manis, garam, gula pasir, essence mawar, kacang almond bubuk, dan kacang-kacangan untuk hiasan.

4. Puding Buah

Cobalah kurangi menu goreng-gorengan selama berbuka. Sebab, makanan ini tinggi kalori dan lemak yang bisa memicu berbagai keluhan kesehatan jika asup terlalu banyak. Sebagai gantinya beralihlah pada buah, seperti puding buah. Yang mesti diingat, pastikan gula yang dipakai tidak terlalu banyak. Agar takjil sehat ini semakin lezat dan sehat, buatlah saus puding dari susu rendah lemak.

5. Jus atau Smoothie

Takjil sehat yang satu ini cukup simpel kok. Seperti puding buah, cobalah untuk mengurangi takaran gula ketika membuat jus atau smoothie.  Untuk menu smoothie sehat, kamu bisa memilih yoghurt yang rendah lemak. Jangan khawatir lapar, karena smoothie mengandung kalori yang mampu untuk memenuhi asupan harian tubuh.

Baca juga: 5 Kebiasaan Tak Sehat saat Puasa

6. Turkish Delight

Bosan dengan manisan yang itu-itu saja? Kamu bisa nih mencoba manisan khas Turki yang terbuat dari bahan dasar gel pati dan gula. Turkish Delight biasanya disajikan dalam bentuk potongan-potongan kecil yang berbentuk kubus atau bundar. Selain itu, manisan ini juga terdiri dari bermacam warna lengkap dengan taburan gula bubuk agar tidak lengket.

Mau tahu agar badan selalu sehat dan fit selama ibadah puasa? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!