Biar Enggak Kelaparan, Ini 4 Camilan Sehat selama Berlibur

Biar Enggak Kelaparan, Ini 4 Camilan Sehat selama Berlibur

Halodoc, Jakarta – Tiba-tiba merasa lapar di tengah perjalanan menuju tujuan liburan bisa sangat mengganggu dan memengaruhi suasan hati alias mood. Maka dari itu, camilan menjadi satu bekal wajib dalam perjalanan. Tapi, bukan berarti kamu bisa sembarangan memilih jenis camilan yang dibawa selama perjalanan.

Memilih camilan sehat bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama perjalanan. Dengan demikian, kamu akan bisa menikmati liburan dengan menyenangkan tanpa gangguan sedikitpun. Lantas, apa saja jenis camilan sehat yang bisa dijadikan bekal perjalanan selama berlibur?

Baca juga: 6 Camilan Pengganjal Perut Saat di Bandara

1. Sandwich dan Roti

Kamu bisa membawa roti sebagai camilan sehat untuk menemani perjalanan. Selain mengenyangkan, jenis makanan yang satu ini bisa diolah menjadi makanan sehat, seperti sandwich. Kamu bisa memilih untuk memakan langsung roti atau membuatnya menjadi sandwich dengan isian fillet dada ayam, keju, tomat, dan selada.

Agar manfaat sehat dari makanan ini didapatkan secara maksimal, pilihlah jenis roti gandum yang kaya serat dan rendah gula. Untuk menambahkan rasa, oleskan mayonaise rendah lemak dalam sandwich yang akan dibawa sebagai bekal perjalanan.

2. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan menjadi jenis camilan sehat yang cocok untuk dibawa selama perjalanan. Pasalnya, jenis makanan ini mengandung cukup banyak serat dan protein, serta mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tak hanya itu, kacang juga memiliki kandungan serat yang bisa membantu menetralisir kadar gula dalam darah, serta bisa membantu melancarkan dan merawat kesehatan pencernaan.

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang cocok dijadikan camilan selama perjalanan, seperti kacang almond, kacang kenari, dan kacang mete. Selain manfaat sehat yang bisa didapat, menyediakan kacang sebagai camilan bisa membantu menghindari kelaparan yang bisa memicu perubahan suasana hati menjadi buruk.

3. Biskuit

Biskuit bisa menjadi pilihan bekal camilan yang sehat dan praktis, sehingga cocok untuk menemani perjalanan liburan kamu. Tidak hanya memiliki rasa yang enak, jenis makanan ringan yang satu ini pun bisa membantu membuat perut kenyang lebih lama. Hal itu terjadi karena biskuit banyak mengandung karbohidrat.

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

Agar tetap sehat, pastikanlah untuk membuat memilih jenis biskuit yang rendah kalori, misalnya biskuit yang dibuat dari gandum utuh. Tidak hanya bisa perut terasa kenyang, biskuit yang terbuat dari gandum bisa membantu melancarkan pencernaan.

4. Salad Buah dan Sayur

Jenis camilan sehat yang bisa dijadikan bekal selama perjalanan adalah salad buah dan sayuran. Pasalnya saat sedang bepergian, kamu tetap harus memenuhi kecukupan asupan serat, vitamin, dan mineral. Dan semua itu bisa didapat dari konsumsi buah dan sayuran.

Agar lebih mudah, potonglah buah dan sayuran yang akan dijadikan salad dengan ukuran yang sesuai. Dengan demikian, kamu akan lebih mudah memakannya selama di perjalanan. Setelah dipotong kecil, tempatkan dalam wadah kedap udara agar kesegarannya tetap terjaga. Kamu bisa memilih jenis buah dan sayur favorit untuk dijadikan bekal camilan sehat selama perjalanan.

Baca juga: 6 Rekomendasi Camilan untuk yang Sedang Diet

Selain camilan sehat, siapkan juga vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan. Mengonsumsi vitamin tambahan bisa membantu menjaga kebugaran tubuh dan mencegah penyakit menyerang. Agar lebih mudah, beli vitamin dan produk kesehatan lain untuk dibawa berlibur di aplikasi Halodoc saja! Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.