Biar Enggak Telat, Intip 5 Cara Mudah Bangun Sahur

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Biar Enggak Telat, Intip 5 Cara Mudah Bangun Sahur

Halodoc, Jakarta – Bangun sahur adalah tantangan tersendiri bagi orang berpuasa. Pasalnya mereka harus bangun lebih awal untuk makan, padahal biasanya masih tidur terlelap. Perlu diketahui sahur bukan sekadar aktivitas makan pada pagi dini hari, melainkan punya manfaat bagi orang berpuasa. Sayangnya, masih banyak orang yang kesulitan bangun sahur karena belum terbiasa.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Sahur

Sahur dilakukan agar aktivitas berpuasa lancar. Alasannya karena asupan yang dikonsumsi selama sahur memberikan kekuatan dan daya tahan tubuh untuk menjalani puasa. Sahur mencegah tubuh lemas dan pusing dengan mengatur kadar gula dalam darah. Sahur juga membantu memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh agar organ internal berfungsi optimal. Lantas, bagaimana tips mudah bangun sahur? Ini jawabannya.

Tips Mudah Bangun Sahur Saat Puasa

1. Tidur Lebih Awal

Pola tidur mungkin berubah saat puasa, tapi usahakan kebutuhan tidur harian tetap tercukupi. Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu 6-8 jam untuk tidur. Kamu bisa menyesuaikan kapan waktu tidur dan bangun sahur. Misalnya sahur dilakukan jam empat, kamu bisa mulai tidur pukul 9 malam. Usahakan pergi ke tempat tidur lebih awal dan jangan lupa pasang alarm agar tidak terlewat waktu sahur.

2. Hindari Konsumsi Kafein

Khususnya menjelang waktu tidur. Kebanyakan orang menjadi sulit tidur setelah minum kopi. Kafein membuat terjaga dan rasa kantuk menjadi hilang. Jika dibiarkan, minum kafein berpotensi mengganggu waktu tidur dan membuat kamu kurang tidur. Akibatnya bukan hanya waktu sahur terlewat, tapi juga tubuh menjadi lemas pola tidur kacau.

3. Hindari Makanan Berlemak

Makanan berlemak membuat saluran cerna bekerja lebih lambat, sehingga perut menjadi begah dan mengganggu waktu tidur. Maka itu, sebaiknya hindari konsumsi makanan berlemak menjelang waktu tidur malam. Lebih baik konsumsi camilan sehat untuk mengisi perut yang keroncongan seperti buah-buahan.

Baca Juga: 6 Cara Bangunkan Si Kecil Saat Sahur

4. Rutin Berolahraga

Olahraga saat puasa tampak melelahkan, meski sebenarnya tidak jika dilakukan pada waktu yang tepat. Waktu olahraga yang dianjurkan adalah 30-60 menit menjelang waktu berbuka. Alasannya karena setelah selesai olahraga, kamu tinggal menunggu sebentar hingga waktu berbuka tiba. Bolehkah olahraga pada siang hari? Tidak ada larangan khusus, tapi jika olahraga pada siang hari memicu rasa haus dan kelelahan, sebaiknya diganti ke waktu lain.

Anjuran olahraga saat berpuasa muncul karena aktivitas ini membantu melancarkan peredaran darah, sehingga tubuh menjadi sehat dan bugar. Olahraga yang dilakukan rutin membuat kamu tidur nyenyak, sehingga membantu kamu bangun sahur lebih mudah.

5. Buat Waktu Tidur Konsisten

Mulai dari tidur dan bangun. Misalnya kamu mulai membiasakan diri tidur jam sembilan malam dan bangun jam empat dini hari. Jika dilakukan secara rutin, tanpa sadar tubuh akan terbangun pada jam yang sama. Kamu bisa memasang alarm 15-30 menit lebih awal untuk memudahkan bangun sahur. Pasalnya kebanyakan orang membutuhkan waktu beberapa menit untuk benar-benar terbangun dari tempat tidur.

Baca Juga: Makan Mi Instan Saat Sahur Bolehkah?

Itulah cara mudah bangun sahur. Kalau kamu punya keluhan berpuasa, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Kamu bisa menggunakan fitur Talk to A Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!