• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Biasakan Cuci Hidung untuk Mencegah Penularan Penyakit

Biasakan Cuci Hidung untuk Mencegah Penularan Penyakit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Biasakan Cuci Hidung untuk Mencegah Penularan Penyakit

“Hidung bisa menjadi pintu masuk sekaligus sarang dari berbagai kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan hidung secara rutin, dengan menggunakan cairan garam atau saline yang dijual di apotik. Selain menangkal kuman penyebab penyakit, cuci hidung juga punya banyak manfaat lain.”

Halodoc, Jakarta – Pernah menghitung berapa kali kamu menarik dan mengembuskan napas melalui hidung dalam sehari? Tentunya tak terhitung, ya. Sekarang, bayangkan berapa banyak kuman yang mungkin terhirup bersama udara, lalu menempel di hidung. Itulah sebabnya cuci hidung perlu untuk mulai dibiasakan.

Sebagai salah satu jalan masuk bagi bakteri, virus, debu, kotoran, dan alergen, hidung perlu dibersihkan. Hal ini agar hidung tidak menjadi sarang kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Lantas, seperti apa prosedur cuci hidung yang benar dan segudang manfaat yang ditawarkannya? Berikut ini pembahasannya.

Baca juga: Pentingnya Cuci Hidung untuk Kesehatan

Manfaat Penting Cuci Hidung

Cuci hidung adalah prosedur yang dilakukan dengan memasukkan cairan garam (NaCL) atau cairan saline, melalui lubang hidung hingga ke nasofaring, dan dikeluarkan lagi lewat lubang hidung yang satunya. Prosedur ini penting agar saraf olfaktori yang jadi reseptor utama indra penciuman terhidrasi dengan baik. 

Saraf yang terhidrasi dapat bekerja lebih optimal dalam mencium bau dan membuatnya lebih sehat. Selain itu, cuci hidung juga bermanfaat untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang tersaring oleh bulu halus di dalam hidung, sehingga saluran pernapasan tidak terganggu.  

Mengutip laman Allergy & ENT Associate, banyak dokter spesialis telinga hidung dan tenggorokan (THT) yang meyakini bahwa saat memahami dan mencoba cuci hidung, ini akan jadi bagian berharga dari rutinitas seseorang. Prosedur cuci hidung memang menawarkan banyak manfaat, terutama bagi yang memiliki alergi, sinusitis, atau masalah pernapasan lain.

Secara lebih rinci, cuci hidung memberikan beberapa manfaat berikut ini:

  • Membersihkan  kerak lendir, kotoran,bakteri, virus, serbuk sari, dan alergen lainnya dari hidung.
  • Meningkatkan aliran lendir, memungkinkan saluran sinus untuk membersihkan sendiri.
  • Menarik keluar cairan, meredakan bengkak pada selaput lendir.
  • Memperbaiki pernapasan, terutama saat pembengkakan sembuh.
  • Mencegah infeksi sinus.
  • Mencegah infeksi/penyakit akibat kuman yang menempel di hidung.

Rongga sinus merupakan ruangan berongga yang sangat kecil di dalam tulang wajah yang memiliki banyak fungsi. Beberapa berhubungan dengan pergerakan udara.

Ketika tubuh mulai memproduksi lendir, saat melawan virus atau selama reaksi alergi, rongga sinus bisa tersumbat. Pengisian ruangan sinus oleh lendir mengakibatkan tekanan, rasa sakit, dan bahkan lebih buruk lagi, infeksi sinus yang parah.

Cuci hidung, dirancang untuk membersihkan jalur sinus yang tersumbat ini. Dengan menggunakan larutan garam atau saline, prosedur ini mencegah pertumbuhan bakteri di rongga sinus. Ini dapat secara signifikan mengurangi gejala, serta mencegah infeksi sinus di masa depan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kebiasaan Cuci Hidung Bisa Cegah Sinusitis

Tips agar Efektif

Cara untuk melakukan cuci hidung di rumah sebenarnya mudah saja. Condongkan tubuh ke depan di atas wastafel, dan miringkan kepala. Lalu, letakkan ujung ceret/teko/botol di lubang hidung yang lebih tinggi, dan alirkan cairan garam atau saline, hingga keluar melalui lubang hidung lainnya. Ulangi di sisi hidung yang satunya.

Berikut ini tips atau hal-hal yang perlu diperhatikan agar cuci hidung lebih efektif, yaitu:

  • Jika dokter meresepkan semprotan hidung antihistamin atau steroid, pastikan melakukan cuci hidung terlebih dahulu, agar saluran sinus bersih, dan memungkinkan semprotan hidung menjadi lebih efektif.
  • Jangan pernah menggunakan air keran untuk membuat cairan cuci hidung. Hal ini membuat kuman masuk ke saluran hidung dan menyebabkan infeksi serius. Jika kamu membuat larutan sendiri atau menggunakan campuran garam, pastikan menggunakan air suling atau mensterilkan air sendiri dengan merebusnya, lalu membiarkannya dingin hingga suhu kamar sebelum digunakan.
  • Bila memilih menggunakan produk cairan cuci hidung siap pakai yang dijual di apotik, pastikan untuk memilih yang berkualitas atau sudah terdaftar di BPOM/KEMENKES RI.
  • Penting untuk mencuci/mensterilkan dan mengeringkan botol atau alat cuci hidung setelah digunakan.

Karena manfaatnya banyak, terutama di masa pandemi seperti saat ini, cuci hidung bisa kamu jadikan bagian dari kebiasaan sehat. Agar lebih mudah, penting untuk memilih produk cairan cuci hidung yang tepat. Oleh karena itu, Halodoc merekomendasikan STERIMAR NOSE HYGIENE AND COMFORT.

Desain kemasan yang praktis, mudah dibawa-bawa, dan mudah dan nyaman digunakan, STERIMAR NOSE HYGIENE AND COMFORT adalah sediaan pencuci hidung yang dikembangkan secara modern dan higienis dengan kandungan alami trace elements air laut yang terdiri dari zinc, copper, manganese, iron dan lain sebagainya yang baik untuk tubuh.

STERIMAR NOSE HYGIENE AND COMFORT direkomendasikan oleh para ahli kesehatan THT dan spesialis anak. Jadi, cairan cuci hidung efektif untuk mencegah dan mengobati masalah hidung yang terkait dengan alergi dan hidung tersumbat.

Selain membantu mengembalikan kelembapan alami hidung, dan membersihkan hidung dari sekresi ingus dan kotoran, STERIMAR NOSE HYGIENE AND COMFORT juga aman digunakan untuk jangka panjang dengan kandungan 100% alami sehingga dapat dipakai oleh segala usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Kamu bisa dapatkan STERIMAR NOSE HYGIENE AND COMFORT dengan mudah di apotik dan marketplace hyphens pharma official store Ingin lebih mudah lagi? Gunakan saja aplikasi Halodoc untuk membeli produk ini, kapan dan di mana saja, tanpa harus keluar rumah.

Referensi:
Allergy & ENT Associate. Diakses pada 2021. The Benefits of a Nasal Rinse.
WebMD. Diakses pada 2021. Nasal Irrigation: Natural Relief for Cold & Allergy Symptoms.
Very Well Health. Diakses pada 2021. How to Rinse Your Sinuses.