• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bijak dalam Memilih Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Bijak dalam Memilih Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Batuk saat hamil bisa menjadi hal yang membuat calon ibu khawatir. Selain karena bisa mengganggu, hal ini juga bisa membuat ibu bingung memilih obat untuk mengatasi gejala batuk yang muncul. Pasalnya, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Salah memilih obat dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan, baik pada ibu maupun janin yang tengah dikandung. 

Maka dari itu, ibu hamil sebaiknya bijak dalam memilih obat untuk mengatasi batuk. Selalu bicarakan dengan dokter dan jangan mengonsumsi obat tertentu tanpa izin dari ahlinya. Jika gejala batuk yang muncul masih tergolong ringan, ibu sebenarnya tidak perlu langsung mengonsumsi obat. Nyatanya, batuk bisa diatasi dengan beberapa cara alami yang lebih aman. 

Baca juga: Ibu Hamil Terserang Batuk, Amankah Meminum Obat?

Mengatasi Batuk saat Hamil Tanpa Obat 

Batuk adalah hal yang wajar dan muncul sebagai respon alami dari tubuh. Batuk bertujuan sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat asing pada saluran pernapasan. Batuk juga terjadi untuk mencegah benda asing masuk ke saluran pernapasan bawah. Dengan kata lain, sesekali batuk sebenarnya adalah hal yang normal dan baik untuk menjaga kelembapan pernapasan. 

Saat batuk menyerang dan sangat mengganggu, umumnya seseorang akan segera mengonsumsi obat untuk meredakannya. Namun, hal itu tidak boleh dilakukan pada ibu hamil. Penanganan batuk biasanya akan berbeda pada ibu hamil, sebab ia tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat.

Sembarangan mengonsumsi obat batuk dikhawatirkan bisa memengaruhi perkembangan janin, bahkan memicu gangguan kesehatan. Pada trimester pertama, yaitu 12 minggu awal kehamilan, merupakan waktu penting di mana organ vital bayi terbentuk. Hal itu yang menjadi alasan ibu hamil sebaiknya tidak mengonsumsi obat batuk sembarangan. 

Jika gejala batuk masih ringan, ibu hamil bisa mencoba beberapa tips untuk mengatasinya, seperti: 

  • Semangkuk Sup Hangat 

Konsumsi makanan sehat menjadi salah satu cara agar tubuh tetap bugar dan gejala batuk hilang. Ibu bisa mencoba untuk mengonsumsi semangkuk sup ayam hangat. Makanan ini bisa membantu agar pernapasan menjadi lebih lega dan mengurangi peradangan. 

  • Mandi Air Hangat 

Batuk bisa saja muncul disertai dengan gejala sesak napas. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah mandi dengan air hangat. Hal ini bisa membantu melegakan sesak napas dan membuat tubuh terasa lebih sehat. 

Baca juga: Kecap dan Jeruk Nipis, Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil

  • Kumur Air Garam

Ibu hamil bisa mencoba untuk mengatasi batuk dengan berkumur air garam. Cara ini dipercaya bisa membantu meringankan radang tenggorokan dan batuk. Untuk membuatnya, larutkan garam dalam segelas air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur. 

  1. Madu dan Lemon 

Satu gelas teh hangat yang dicampur lemon dan madu bisa menjadi pilihan untuk mengatasi batuk. Jika tidak memungkinkan atau tidak suka teh, ibu bisa menggantinya dengan air putih. Campuran ini diyakini bisa membantu mengatasi radang tenggorokan yang mungkin menjadi pemicu batuk. 

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Jenis Obat Batuk untuk Ibu Hamil

Namun, jika batuk tak kunjung sembuh dan bertambah buruk, segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat. Jika ragu, ibu bisa menyampaikan keluhan batuk atau penyakit lain yang dialami kepada dokter di aplikasi Halodoc. Dokter bisa dengan mudah dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
American Pregnancy. Diakses pada 2020. Cough and Cold During Pregnancy. 
Healthline. Diakses pada 2020. How to Treat a Cold or Flu When You’re Pregnant. 
Web MD. Diakses pada 2020. 8 Tips for Nighttime Cough Relief.