• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bikin Gatal, Ini Cara Mengatasi Psoriasis Kepala
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bikin Gatal, Ini Cara Mengatasi Psoriasis Kepala

Bikin Gatal, Ini Cara Mengatasi Psoriasis Kepala

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 28 Oktober 2021
Bikin Gatal, Ini Cara Mengatasi Psoriasis Kepala

Psoriasis kulit kepala bisa bersifat ringan, sedang, hingga parah. Sayangnya, penyakit kulit ini tidak bisa disembuhkan sepenuhnya. Namun, sejumlah pengobatan bisa membantu untuk mengendalikan gejalanya. Cara mengatasi psoriasis kepala yang bersifat ringan adalah dengan mengaplikasikan obat topikal. Sementara untuk kasus yang sedang hingga parah, terapi cahaya bisa dilakukan bila obat topikal tidak ampuh mengatasi psoriasis.”

Halodoc, Jakarta – Psoriasis adalah kondisi kulit yang umum terjadi yang menyebabkan sel-sel kulit menumpuk dengan cepat di permukaan kulit. Penumpukan tersebut menghasilkan bercak-bercak merah keperakan yang terasa gatal.

Psoriasis seringkali terjadi di kulit kepala, dahi, belakang telinga, hingga leher. Kondisi ini disebut juga psoriasis kulit kepala. Tidak hanya menimbulkan rasa gatal, terkadang bercak-bercak tersebut juga bisa terasa menyakitkan dan bisa mengelupas dan berdarah. Hal itu tentu saja membuat siapa saja yang mengalaminya merasa terganggu dan tidak nyaman. Oleh karena itu, ketahui cara mengatasi psoriasis kepala di sini.

Baca juga: Apakah Psoriasis Termasuk Penyakit Menular?

Cara Mengatasi Psoriasis Kepala Berdasarkan Tingkat Keparahannya

Psoriasis kulit kepala bisa bersifat ringan dengan gejala yang tidak terlalu terasa atau hanya menyebabkan kulit bersisik yang ringan. Namun, penyakit kulit tersebut juga bisa parah, bertahan lama, dan menyebabkan luka yang tebal dan berkerak di seluruh kepala, yang terkadang menyebar ke dahi, di sekitar hidung, di area janggut, dan di belakang atau di dalam telinga. Rasa gatal yang hebat yang ditimbulkannya bisa membuat kamu sulit tidur dan mengganggu kehidupan kamu sehari-hari. Sering menggaruk juga bisa menyebabkan infeksi kulit dan rambut rontok.

Sayangnya, psoriasis kepala tidak bisa disembuhkan. Penyakit kulit ini termasuk penyakit kronis yang bisa kambuh dan hilang seiring waktu. Namun, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan kondisi tersebut. Perawatan psoriasis kepala tergantung pada tingkat keparahannya, respons kamu terhadap pengobatan sebelumnya, ada tidaknya psoriasis di tempat lain di tubuh dan banyaknya rambut yang kamu miliki.

Bila kamu hanya mengalami kulit bersisik yang ringan, hal itu biasanya bisa membaik dengan sendirinya. Namun, kamu tetap perlu melakukan perawatan untuk mengendalikan gejala pengelupasan kulit yang sekilas mirip ketombe, tetapi lebih parah. Setelah itu, kamu bisa mencegah psoriasis menyebar dengan menggunakan sampo atau pelembap khusus.

Perawatan untuk Kasus Ringan

Cara yang paling umum dilakukan untuk mengatasi psoriasis kepala yang bersifat ringan adalah dengan mengaplikasikan obat langsung di kulit kepala. Namun, bila kamu juga memiliki psoriasis di tempat lain di tubuh kamu, kamu perlu obat yang bisa merawat seluruh tubuh. Obat tersebut biasanya diminum atau melalui suntikan.

Bila psoriasis di kepala kamu tidak sembuh setelah menggunakan satu jenis obat untuk beberapa waktu, dokter bisa mengganti obat atau menggabungkannya dengan jenis obat lainnya.

Berikut ini beberapa obat-obatan yang biasanya direkomendasikan dokter untuk psoriasis kulit kepala yang bersifat ringan:

  • Obat tar batubara. Obat ini dijual bebas dan tersedia dalam bentuk sampo, krim, gel, salep, atau sabun. Manfaatnya adalah memperlambat pertumbuhan kulit dan mengurangi peradangan, gatal, dan kerak. Untuk menggunakan sampo tar batubara, pijat kulit kepala dengan lembut setelah mengaplikasikannya dan biarkan selama 5–10 menit sebelum dibilas. 
  • Asam salisilat. Ini adalah obat pengelupas yang dijual bebas dan tersedia dalam bentuk sampo dan sabun. Produk ini bisa melunakkan sisik dan membuatnya lebih mudah dihilangkan.
  • Sampo psoriasis. Sampo ini ada yang mengandung tar batubara dan ada juga yang tidak. Kamu bisa menggunakan sampo ini setiap hari untuk mengatasi bercak di kulit kepala, tetapi ikuti petunjuknya.
  • Suntikan steroid intralesi. Pengobatan ini untuk mengurangi peradangan dan hanya dilakukan oleh dokter di klinik atau rumah sakit.

Sebelum mengaplikasikan obat psoriasis, kamu perlu melunakkan dan menghilangkan sisik di kepala terlebih dahulu. Hal itu akan memudahkan obat untuk bekerja. Berikut ini caranya:

  • Oleskan obat yang dijual bebas ke kulit kepala kamu untuk melembutkan sisik agar lebih mudah terkelupas. Kamu bisa mencari obat dengan bahan aktif, seperti asam salisilat, asam laktat, urea, zinc pyrithione, atau selenium sulfida.
  • Hilangkan sisik dengan lembut menggunakan sisir bergigi halus.
  • Cuci kepala kamu untuk menghilangkan sisik dengan menggunakan sampo atau sabun salisilat.
  • Oleskan krim tebal ke kulit kepala saat masih lembap untuk menjaga kelembapannya.

Setelah itu, kamu bisa mengaplikasikan obat dengan cara berikut ini:

  • Pertama-tama, sumbat telinga kamu agar obat kulit kepala tidak masuk ke dalam telinga. 
  • Gunakanlah obat psoriasis secukupnya saja. Obat tersebut bisa menyebabkan iritasi kulit dan kerontokan rambut sementara.
  • Dengan menggunakan minyak atau losion, belah rambut dan teteskan obat ke kulit kepala.
  • Lalu, aplikasikan krim atau salep langsung ke kulit kepala kamu.
  • Terakhir, tutup kepala dengan shower cap untuk beberapa waktu agar obat bisa bekerja lebih baik.

Untuk meredakan rasa gatal yang ditimbulkan psoriasis, berikut ini tips-tips yang bisa kamu coba:

  • Gunakan kondisioner setelah keramas.
  • Kurangi menggunakan alat penata rambut yang panas.
  • Gunakan handuk basah, kompres dingin, atau air dingin di tempat yang gatal.
  • Cobalah sampo tar atau sampo dengan krim mentol atau fenol. Kamu juga bisa membicarakan pada dokter mengenai penggunaan obat antihistamin yang dijual bebas.

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Psoriasis

Perawatan untuk Kasus Sedang Hingga Parah

Sedangkan untuk mengatasi psoriasis kulit kepala sedang hingga parah, berikut ini  beberapa obat oles yang bisa direkomendasikan dokter:

  • Anthralin. Oleskan krim ini sekali sehari selama 10–30 menit, lalu bilas.
  • Kalsipotrien. Oleskan di malam hari dan tutupi kepala dengan shower cap. Biarkan semalaman, lalu bilas di pagi harinya.
  • Kalsipotrien dan betametason dipropionat. Kombinasi kedua obat ini bisa digunakan sehari sekali.
  • Tazarotene. Bila digunakan pada malam hari, oleskan pada kulit yang bersih dan kering, lalu biarkan obat mongering sebelum kamu tidur.

Pastikan kamu mengikuti petunjuk dokter saat menggunakan obat-obatan di atas, dan jangan menggunakan steroid yang kuat selama lebih dari 2 minggu tanpa izin dokter. Bila obat oles tidak mempan mengatasi psoriasis kepala kamu, dokter mungkin akan merekomendasikan fototerapi dengan laser atau sumber cahaya non-laser. Misalnya, laser excimer yang memfokuskan cahaya intensitas tinggi pada area yang terkena dan menghindari kulit sehat di sekitarnya. Sinar ultraviolet (UV) terkadang juga bisa digunakan untuk merawat seluruh kulit kepala kamu.

Baca juga: 7 Trik Agar Psoriasis Enggak Sering Kambuh

Itulah cara mengatasi psoriasis kulit kepala. Bila kamu mengalami psoriasis kepala yang sedang hingga parah, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. Kamu bisa buat janji di rumah sakit pilihanmu melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2021. Treating Scalp Psoriasis