• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bikin Sehat, Ini 5 Makanan Imlek Pembawa Keberuntungan

Bikin Sehat, Ini 5 Makanan Imlek Pembawa Keberuntungan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina adalah perayaan penting dari semua festival tradisional Tiongkok dan dirayakan oleh setiap komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan Imlek merupakan momentum untuk berkumpul dengan keluarga dan saling mengharapkan kebahagiaan, kesehatan yang baik, kedamaian, dan kemakmuran. 

Baca juga: Inilah 4 Tradisi yang Biasa Dilakukan Saat Imlek

Tidak hanya identik dengan bagi-bagi angpao, saat perayaan Tahun Baru Imlek pun berbagai hidangan disajikan karena makna simbolisnya. Berbagai makanan pembawa keberuntungan akan disajikan saat malam tahun baru.

Uniknya lagi, makanan pembawa keberuntungan ini dikenal sehat dan membawa manfaat untuk tubuh. Jadi, tidak hanya membawa keberuntungan, mereka yang menyantap makanan tersebut juga selalu sehat. Nah, ini beberapa makanan keberuntungan saat Imlek, yaitu:

  • Ikan 

Di dalam bahasa Mandarin, pengucapan 'ikan' mirip dengan 'kelimpahan'. Oleh karena itu, makan ikan diyakini membawa kelimpahan di tahun mendatang. Saat disajikan, ikan harus disajikan utuh dengan kepala dan ekor, untuk memastikan awal dan akhir yang baik dan untuk menghindari nasib buruk sepanjang tahun. Penting juga untuk tidak menghabiskan semuanya sekaligus, sebagai penanda bahwa kemakmuran semakin meluap. Ikan kukus adalah salah satu resep Tahun Baru Cina yang paling terkenal.

Melansir British Nutrition Foundation, ikan adalah sumber protein dan mineral yang baik seperti fosfor, kalium, iodium dan selenium. Ikan berminyak juga merupakan sumber asam lemak omega 3 rantai panjang dan vitamin D. Sebaiknya, konsumsi dua porsi ikan per minggu dan salah satunya harus ikan berminyak untuk mendapatkan manfaat kesehatan. 

  • Jeruk

Tangerine dalam bahasa Mandarin terdengar seperti kata untuk 'keberuntungan' dan jeruk terdengar seperti kata dalam bahasa Mandarin untuk 'kekayaan'. Oleh karena itu, buah jeruk dan tangerine sering dimakan atau ditampilkan selama perayaan Tahun Baru Imlek untuk membawa kebahagiaan dan kemakmuran.

Di dalam bahasa Kanton, pomelo (jeruk Bali) terdengar sama dengan kata untuk 'kemakmuran' dan 'status'. Sehingga buah ini juga ditampilkan sebagai simbol persatuan keluarga. Jeruk dikenal sebagai sumber vitamin C yang tinggi. Jeruk juga kaya antioksidan, folat, dan tiamin yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan dan menangkal penyakit.

Baca juga: 8 Manfaat Jeruk, Buah Kaya Vitamin C

  • Pangsit

Dengan sejarah lebih dari 1.800 tahun, pangsit adalah makanan keberuntungan klasik untuk tahun baru Imlek. Legenda juga mengatakan, semakin banyak pangsit yang kamu makan selama perayaan Tahun Baru, maka semakin banyak uang yang dapat dihasilkan di Tahun Baru.

Pangsit umumnya terdiri dari daging cincang dan sayuran cincang halus yang dibungkus dengan kulit adonan tipis dan elastis. Isian yang populer adalah daging babi cincang, udang potong dadu, ikan, ayam giling, daging sapi, dan sayuran. Pangsit dapat dimasak dengan merebus, mengukus, atau menggoreng. Pangsit juga mengandung banyak gizi seperti protein, vitamin, kalsium, lemak, dan karbohidrat. Namun, lebih baik pangsit disajikan dengan cara dikukus untuk mengurangi kandungan lemaknya.

  • Mi

Saat perayaan Imlek, mi kerap disajikan dengan harapan umur panjang. Mi akan disajikan tanpa terputus (tidak dipotong) dan disajikan selama mungkin untuk melambangkan kehidupan yang lebih panjang. Makanan ini bisa disajikan dengan cara digoreng dan disajikan di atas piring, atau direbus dan disajikan dalam mangkuk dengan kaldu. Supaya lebih sehat, coba gunakan mi gandum untuk mendapatkan ekstra serat, dan pastikan untuk menambahkan banyak sayuran sebagai pelengkapnya. 

  • Ayam

Ayam cukup populer disajikan saat perayaan Imlek. Makanan ini melambangkan kebersamaan keluarga dan pernikahan yang baik. Jadi, menyajikan satu ayam utuh menekankan kesatuan keluarga. Ayam adalah sumber protein yang baik, akan tetapi hindari kulit untuk mengurangi kandungan lemaknya.

Baca juga:  Cari Tahu Kandungan Nutrisi Dalam Bagian Tubuh Ayam

Itulah beberapa sajian makanan khas Imlek yang juga jadi simbol pembawa keberuntungan. Tapi ingat, jangan berlebihan ya dalam mengonsumsinya! Jika kamu ingin tahu tips memasak sehat atau tetap sehat selama perayaan Imlek, kamu bisa chat dokter di Halodoc. Hanya melalui smartphone, kamu bisa mendapatkan tips-tips kesehatan yang dibutuhkan. 

Referensi:
British Nutrition Foundation. Diakses pada 2020. Chinese New Year.
China Highlights. Diakses pada 2020. Chinese New Year Food: Lucky Foods and Symbolism.