Bikin Susah Makan, Atasi Radang Gusi dengan 4 Cara Ini

Bikin Susah Makan, Atasi Radang Gusi dengan 4 Cara Ini

Halodoc, Jakarta – Radang gusi disebut gingivitis dalam istilah medis. Penyakit ini terjadi akibat peradangan pada gusi yang menyebabkan pembengkakan, perubahan warna gusi, bau mulut, hingga perdarahan saat menyikat gigi. Penyakit ini enggak boleh dianggap sepele karena jika dibiarkan, radang gusi bisa berkembang menjadi periodontitis.

Baca Juga: Peduli Gigi Sehat, Ini Bedanya Radang Gusi dan Infeksi Gusi

Bagaimana Cara Mengobati Radang Gusi di Rumah?

Radang gusi dipicu oleh penumpukan plak akibat sisa makanan pada gigi. Itu sebabnya kamu dianjurkan rutin sikat gigi, terutama pada pagi dan malam hari. Jika kamu mengidap radang gusi, berikut perawatan mandiri yang bisa dilakukan di rumah:

1. Kumur Air Garam

Air garam bisa menenangkan gusi yang meradang, mengurangi rasa sakit, menghilangkan bakteri, membuang sisa makanan, dan mengurangi bau mulut. Campurkan air hangat dan garam secukupnya, lalu aduk hingga rata. Gunakan air garam yang dibuat untuk kumur selama 30 detik dan buang. Ulangi 2-3 kali per hari agar hasilnya maksimal. Hindari terlalu sering dan terlalu lama menggunakannya karena berpotensi merusak lapisan email gigi.

2. Sikat Gigi Tiap Dua Kali Sehari

Rutin sikat gigi membantu menghilangkan sisa makanan dalam mulut, sehingga mencegah perkembangan bakteri penyebab radang gusi. Lakukan sikat gigi setidaknya dua kali sehari, terutama pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan sikat gigi yang lembut dan ganti dengan yang baru tiap 12-6 minggu. Tidak perlu berlebihan saat menyikat gigi, cukup lakukan selama dua menit dengan 10-15 kali sikatan per gigi. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan lidah saat menyikat gigi.

Baca Juga: Anak Bisa Terkena Radang Gusi, Benarkah?

3. Gunakan Obat Kumur

Selain air garam, kamu bisa menggunakan obat kumur yang banyak dijual di pasaran. Obat kumur berfungsi membersihkan mulut dan gigi, serta mengurangi bau mulut. Manfaat lainnya adalah mencegah penimbunan plak pada gigi dan mencegah gigi berlubang. Obat kumur bukan pengganti sikat dan pasta gigi, melainkan digunakan bersama setelah sikat gigi. Cukup gunakan obat kumur selama satu menit dan buang (tidak ditelan). Namun, perlu diingat, obat kumur digunakan hanya saat dibutuhkan dan bukan setiap saat.

4. Gunakan Benang Gigi

Benang gigi (dental floss) berfungsi membantu menghilangkan sisa makanan yang menyelip pada gigi. Cukup lakukan cara ini satu kali per hari. Caranya dengan melilitkan satu ujung benang di jari telunjuk tangan kanan, lalu lilitkan ujung satunya di jari telunjung tangan kiri. Jepit kedua ujung benang dengan jari telunjuk dan ibu jari, lalu gunakan untuk membersihkan sela gigi satu per satu.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Ibu Hamil Rentan Alami Radang Gusi

Itulah obat atasi radang gusi yang bisa dicoba di rumah. Kalau cara di atas belum berhasil mengatasi radang gusi yang kamu alami, tanya dokter Halodoc tentang cara penanganan lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!