• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Darah Tinggi Diobati secara Alami?

Bisakah Darah Tinggi Diobati secara Alami?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta - Darah tinggi terjadi ketika tekanan darah lebih dari 120/80 mmHg. Saat darah tinggi terjadi, darah bergerak melalui arteri dengan lebih kuat. Hal ini meningkatkan tekanan pada jaringan halus di arteri dan merusak pembuluh darah. Darah tinggi juga dikenal sebagai “silent killer”, penyakit ini biasanya tidak bergejala sampai terjadinya kerusakan signifikan pada jantung. 

Meskipun darah tinggi bisa ditangani dengan obat, namun beberapa pengobatan bisa menimbulkan efek samping, seperti kram kaki, pusing, dan insomnia. Obat darah tinggi bisa didapatkan secara alami. Beberapa cara alami yang bisa bertindak sebagai obat darah tinggi, yaitu berhenti merokok, menjaga berat badan sehat, dan menjauhi makanan pantangan. 

Baca juga: Jangan Asal Pilih Obat Darah Tinggi, Ini Alasannya

Cara Alami sebagai Obat Darah Tinggi

Darah tinggi adalah kondisi yang berbahaya yang bisa merusak jantung. Jika dibiarkan tidak terkontrol, tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Ada sejumlah cara alami yang bisa jadi obat darah tinggi, di antaranya:

1. Rutin Berolahraga dan Beraktivitas Fisik

Olahraga adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Olahraga teratur membuat jantung lebih kuat dan efisien dalam memompa darah, sehingga menurunkan tekanan di arteri.

Perlu diketahui, jalan kaki selama 30 menit sehari membantu menurunkan tekanan darah. Rutin olahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya juga mampu mengurangi tekanan darah lebih jauh.

2. Kurangi Asupan Natrium atau Garam

Jika memiliki darah tinggi, sebaiknya kurangi asupan natrium untuk menurunkannya. Berpindahlah dari makanan olahan dengan makanan yang segar. Pilihlah rempah-rempah sebagai bumbu masakan dibanding garam.

Menjaga asupan natrium seminimal mungkin sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Pada beberapa orang, saat terlalu banyak kandungan natrium, tubuhnya mulai menahan cairan. Hal ini menyebabkan peningkatan tekanan darah secara tajam. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Darah Tinggi

3. Konsumsi Makanan yang Kaya Kalium

Kalium adalah mineral penting yang membantu tubuh membuang natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Makanan yang tinggi kalium, yaitu:

  • Sayuran, terutama sayuran berdaun hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar.
  • Buah-buahan, termasuk melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot
  • Produk susu, seperti susu dan yogurt.
  • Tuna dan salmon.
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian. 
  • Kacang polong.

Makan buah dan sayuran segar yang kaya kalium juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi. 

4. Turunkan Berat Badan Berlebih

Berat badan dan tekanan darah berjalan beriringan. Dengan mengurangi berat badan hanya 4,5 kilogram saja bisa membantu menurunkan tekanan darah. Namun yang terpenting bukan angka pada timbangan saja, perhatikan juga lingkar pinggang untuk mengontrol tekanan darah yang tinggi.

Lemak ekstra di sekitar pinggang, yang disebut lemak visceral, mempengaruhi tekanan darah. Secara umum, pira harus menjaga ukuran pinggangnya kurang dari 101 cm. Sedangkan wanita harus menjaga lingkar pinggang kurang dari 88 cm. 

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Membahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

5. Kelola Stres

Stres adalah pendorong utama tekanan darah tinggi. Saat mengalami stres kronis, detak jantung berjalan lebih cepat dan pembuluh darah menyempit. Saat stres, tubuh mungkin cenderung ingin melakukan hal yang negatif dan tidak sehat, yang bisa memengaruhi tekanan darah secara negatif. Untuk itu, penting memiliki kemampuan mengelola stres agar lebih tenang dan mengendurkan sistem saraf. 

Itulah beberapa obat darah tinggi secara alami yang bisa dilakukan. Jika cara di atas sudah diupayakan, namun belum ada perubahan pada masalah darah tinggi, segera diskusikan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. 15 natural ways to lower your blood pressure
Healthline. Diakses pada 2021. 7 Home Remedies for Managing High Blood Pressure
Prevention. Diakses pada 2021. 15 Ways to Lower Your Blood Pressure Naturally, According to Experts