• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Diare Diatasi Tanpa Penggunaan Obat?

Bisakah Diare Diatasi Tanpa Penggunaan Obat?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Diare adalah salah satu gangguan pencernaan yang umum terjadi. Penyebab gangguan ini pun bermacam-macam. Mulai dari infeksi bakteri, keracunan makanan, iritasi usus, hingga kondisi kesehatan lainnya. Pada kebanyakan kasus, diare bukanlah kondisi yang serius dan dapat berangsur hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. 

Meski begitu, jika tidak ditangani dengan baik, diare juga bisa menyebabkan kondisi serius. Jadi, penting untuk mengetahui cara menyembuhkan diare dengan cepat, untuk menghindari risiko dehidrasi atau kondisi serius lainnya. Selain menggunakan obat, diare sebenarnya bisa diatasi dengan beberapa cara sederhana, lho. 

Baca juga: Alami Diare saat Puasa, Ini Penyebabnya

Cara Atasi Diare secara Alami, Tanpa Obat

Sebagian besar kasus diare sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya, dalam beberapa hari. Namun, kondisi ini tetap tidak boleh disepelekan, karena dapat memicu dehidrasi. Nah, untuk meringankan gejala dan mempercepat penyembuhan diare, berikut cara sederhana yang dapat dilakukan:

1. Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih merupakan salah satu cara menyembuhkan diare secara alami. Sebab, selama diarem tubuh berisiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Jika kamu sampai dehidrasi, kondisi dapat berubah menjadi fatal. Untuk itu, pastikan asupan cairan tubuh tercukupi selama diare dengan memperbanyak minum air putih. 

Selain air putih, cara terbaik untuk mencegah dehidrasi adalah mengonsumsi oralit atau air larutan gula dan garam. Cara membuatnya pun mudah. Cukup larutkan 1/2 sendok teh garam dan 6 sendok makan gula ke dalam 1 liter air. Mengonsumsi larutan ini dapat membantu usus menyerap kelebihan cairan secara lebih efisien, sehingga cairan ini lebih efektif untuk menghidrasi tubuh saat diare.

2. Minum Teh Chamomile

Mengonsumsi teh chamomile saat diare dapat menjadi cara penyembuhan alami. Pada studi yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Medicine Reports, dikemukakan bahwa mengonsumsi teh chamomile yang dicampur dengan bahan alami lainnya diyakini dapat mengatasi diare dan masalah pencernaan lainnya. 

Baca juga: Begini Cara Tetap Lancar Saat Puasa Meski Sedang Diare

3. Minum Teh Jahe

Jahe adalah salah satu rempah ajaib yang mengandung zat antiradang, analgesik, dan antibakteri, yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan, termasuk mengobati diare. Kandungan antioksidan di dalamnya juga memiliki efek positif terhadap saluran cerna. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika mencoba minum teh jahe saat mengalami diare.

Cara membuat minuman ini pun cukup mudah. Pertama, masukkan beberapa sendok teh jahe yang telah diparut ke dalam segelas air hangat, diamkan beberapa saat, lalu tambahkan madu atau lemon, sesuai selera kamu. Selain jahe parut, kamu juga bisa menggunakan jahe bubuk kemasan atau teh jahe kantong yang dijual di pasaran. 

4. Sesuaikan Pola Makan

Saat mengalami diare, kamu sebaiknya makan dalam porsi lebih kecil tetapi lebih sering. Terlalu banyak makan dalam satu waktu dapat membuat otot-otot saluran cerna bekerja lebih aktif, sehingga justru memperparah diare.

5. Konsumsi Probiotik

Mengonsumsi makanan, minuman, atau suplemen yang mengandung probiotik dapat menjadi solusi untuk mengatasi diare tanpa obat. Probiotik adalah bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan saluran cerna, dengan cara mendukung fungsi kerja usus dan melawan infeksi pada saluran pencernaan. Kamu dapat menemukan probiotik dalam yoghurt atau makanan fermentasi lainnya seperti tahu dan tempe. 

Baca juga: Ibu Menyusui Puasa Bikin Anak Diare? Ini Faktanya

6. Hindari Konsumsi Makanan Tertentu

Saat diare, saluran cerna sedang bermasalah. Jadi, kamu perlu lebih cermat lagi memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang diare. Salah satunya adalah makanan yang mengandung gas, seperti kol, brokoli, jagung, sayuran hijau, buah eri, kacang-kacangan, dan kacang polong.

Selain makanan yang mengandung gas, kamu juga sebaiknya menghindari konsumsi beberapa makanan berikut ketika sedang diare:

  • Makanan tinggi lemak, seperti alpukat, ikan, kacang-kacangan.
  • Makanan berminyak atau digoreng, seperti ikan atau ayam goreng.
  • Makanan dengan pemanis buatan.
  • Makanan pedas.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi diare secara alami, tanpa menggunakan obat. Pada kebanyakan kasus, gejala diare dapat mereda dengan sendirinya, selama mengikuti cara-cara tadi. Namun, jika diare tidak kunjung sembuh atau disertai dengan gejala-gejala lain, segera periksakan diri ke dokter.

Karena situasi pandemi COVID-19, kamu tentu khawatir jika harus pergi keluar rumah, bukan? Nah, kalau kamu download aplikasi Halodoc, kamu akan bisa terhubung dan berbicara dengan dokter lewat chat, kapan dan di mana saja, untuk membicarakan kondisi kesehatanmu. 

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to treat diarrhea at home.
Healthline. Diakses pada 2020. Ginger for Treatment.
Everyday Health. Diakses pada 2020. Diarrhea Treatment.