Bisakah Fenomena Raynaud Sebabkan Komplikasi?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Bisakah Fenomena Raynaud Sebabkan Komplikasi?

Halodoc, Jakarta – Fenomena raynaud adalah kondisi yang terjadi akibat berkurangnya aliran darah ke jari tangan kaki, telinga, dan ujung hidung. Kondisi ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah arteri, sehingga jari tangan dan kaki menjadi lebih sensitif dalam merespons suhu dingin. Lantas, apakah fenomena raynaud bisa menyebabkan komplikasi? Ini faktanya.

Baca Juga: Jari Sensitif pada Suhu Dingin, Apa Sebabnya?

Kenali Gejala Fenomena Raynaud

Gejala khas fenomena raynaud adalah jari tangan dan kaki yang membiru saat terpapar suhu dingin. Awalnya hanya terjadi pada satu jari tangan atau kaki, lalu menyebar ke jari-jari lain. Perlu diketahui gejala fenomena raynaud terjadi dalam tiga tahap, yaitu:

  • Tahap 1: Jari tangan atau kaki berubah menjadi pucat akibat aliran darah berkurang.
  • Tahap 2: Jari tangan atau kaki membiru karena kurangnya pasokan oksigen. Jari-jari terasa dingin dan mati rasa saat digerakkan.
  • Tahap 3: Jari tangan atau kaki kembali merah karena aliran darah mengalir lebih cepat dari normal. Pada tahap ini, jari tangan atau kaki terasa kesemutan, berdenyut, hingga mengalami pembengkakan.

Sebagian pengidap mengalami nyeri dan sensasi terbakar ketika aliran darah kembali secara cepat (tahap 3). Namun, kamu tidak perlu khawatir karena gejala fenomena raynaud cenderung membaik seiring aliran darah kembali normal. Kamu dianjurkan bicara pada dokter jika gejala memburuk, aktivitas terganggu, satu sisi tubuh mati rasa, dan gejala disertai nyeri sendi, ruam kulit, dan otot melemah.

Baca Juga: Mengenal Fenomena Raynaud, Penyebab Jari Pucat dan Berubah Warna

Diagnosis dan Pengobatan Fenomena Raynaud

Diagnosis dimulai dengan pemeriksaan fisik (khususnya jari tangan atau kaki) untuk melihat gejala yang muncul. Pemeriksaan penunjang diperlukan untuk memastikan diagnosis, meliputi tes stimulasi dingin, nailfold capillaroscopy (memasukkan setetes cairan atau minyak ke bagian bawah kuku), dan tes darah.

Sayangnya hingga kini, belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan fenomena raynaud. Namun, pengidap bisa mendapatkan penanganan untuk meredakan gejala dan mencegah timbulnya komplikasi. Misalnya berpindah ke ruangan yang lebih hangat ketika gejala mulai muncul, hangatkan tangan atau kaki dengan meletakkannya di bawah ketiak atau berendam air hangat, pijat jari tangan atau kaki, serta lakukan teknik relaksasi bila gejala muncul saat stres. Penanganan medis diperlukan jika gejala memburuk, misalmya dengan terapi obat hingga operasi saraf.

Komplikasi Akibat Fenomena Raynaud

Jika fenomena raynaud dibiarkan tanpa penanganan, pengidapnya berisiko mengalami gangrene dan skleroderma.Gangrene terjadi ketika pembuluh arteri mengalami penyumbatan total dan menyebabkan infeksi. Sedangkan skleroderma terjadi akibat tubuh terlalu banyak memproduksi kolagen. Skleroderma adalah salah satu gangguan autoimun yang menyebabkan penebalan atau pengerasan pada area kulit dan jaringan penghubung.

Baca Juga: Warna Jari jadi Pucat, Ini 5 Cara Mengobati Fenomena Raynaud

Itulah komplikasi fenomena raynaud yang perlu diwaspadai. Kalau jari tangan dan kaki mendadak sensitif terhadap suhu dingin, jangan ragu berbicara dengan dokter Halodoc. Buka aplikasi Halodoc dan masuk ke fitur Talk to A Doctor untuk menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!