• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Gel Lidah Buaya Mengobati Sunburn? Ini Faktanya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Gel Lidah Buaya Mengobati Sunburn? Ini Faktanya

Bisakah Gel Lidah Buaya Mengobati Sunburn? Ini Faktanya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 22 November 2022

“Sunburn ditandai dengan kemerahan, sensasi panas dan nyeri di kulit akibat paparan sinar UV berlebihan. Penggunaan lidah buaya efektif mengatasi kondisi tersebut karena mengandung zat aktif dan berbagai jenis vitamin.”

Bisakah Gel Lidah Buaya Mengobati Sunburn? Ini FaktanyaBisakah Gel Lidah Buaya Mengobati Sunburn? Ini Faktanya

Halodoc, Jakarta – Lidah buaya mengandung komponen aktif berupa enzim, mineral, lignin, gula, asam salisilat dan asam amino. Di dalamnya terdapat pula  vitamin A, C dan E yang berperan sebagai antioksidan.

Beberapa kandungan yang disebutkan di atas efektif membantu proses penyembuhan iritasi kulit akibat paparan sinar UV berlebihan (sunburn). Kondisi ini ditandai dengan kulit kemerahan, nyeri, sensasi hangat dan kulit kering atau mengelupas.

Salah satu bahan alami yang efektif untuk mengobati sunburn adalah lidah buaya. Manfaat tersebut terjadi berkat sifat antiinflamasi yang terkandung di dalam zat aktif dan vitamin pada gel lidah buaya.

Mengobati Sunburn Menggunakan Gel Lidah Buaya

Kandungan zat aktif dan mineral dalam lidah buaya dapat membantu mempercepat proses penyembuhan gejala akibat sunburn. Tanaman ini dapat digunakan dalam beberapa cara, yakni:

1. Ekstrak Tanaman

Petik tumbuhan lidah buaya. Potong tengahnya dan bagi menjadi dua bagian. Oleskan langsung ke bagian kulit yang mengalami iritasi. Diamkan selama 10 sampai 15 menit kemudian bilas. Gunakan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Gel Lidah Buaya

Jika tidak bisa mendapatkan tanamannya, kamu bisa membeli gel dengan kandungan 100 persen ekstrak lidah buaya di Toko Kesehatan lewat Halodoc. Caranya dengan download dan cek kebutuhan obat pada aplikasi tersebut. Setelah barang sampai, oleskan gel tersebut ke lapisan kulit yang teriritasi.

3. Losion Lidah Buaya

Tips mengobati sunburn selanjutnya bisa menggunakan losion. Pastikan produk mengandung lidah buaya dalam konsentrasi tinggi, tanpa tambahan zat aditif seperti pewarna dan parfum. Sebab, penggunaan bahan kimia tambahan justru dapat memperparah gejala iritasi yang sudah ada.

4. Mengonsumsi Gel Lidah Buaya

Langkah terakhir bisa dilakukan dengan mengonsumsi gel lidah buaya langsung dari tanamannya. Tak hanya mengurangi peradangan dan iritasi kulit, bahan alami yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Namun, pastikan untuk mencuci lidah buaya secara menyeluruh guna menghilangkan sisa lateks di permukaan kulitnya. Sebab, lateks memiliki rasa pahit dan dapat menyebabkan efek samping, seperti sakit dan kram perut.

Alasan Kulit Bisa Terkena Sunburn

Sunburn terjadi ketika radiasi ultraviolet (UV) merusak DNA di dalam sel kulit. Kondisi tersebut memicu matinya sel-sel kulit secara perlahan dan mengaktifkan sistem kekebalan untuk melepaskan protein inflamasi. 

Selanjutnya, pembuluh darah akan melebar untuk meningkatkan aliran darah guna membawa sel-sel kekebalan ke bagian kulit yang rusak. Proses tersebut dikenal dengan sebutan apoptosis dan memicu munculnya gejala berupa kemerahan, dan nyeri pada kulit. 

Adapun jenis luka bakar berdasarkan tingkatannya, yakni:

  • Tingkat 1. Kondisi ini hanya melibatkan lapisan luar kulit dan menyebabkan nyeri ringan, kemerahan dan pembengkakan .
  • Tingkat 2. Kondisi ini menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit yang lebih dalam dan memicu lepuhan kulit yang tampak berkilau.
  • Tingkat 3. Kondisi ini menyebabkan kerusakan pada semua lapisan kulit.
  • Tingkat 4. Kondisi ini merusak kulit dan bisa berdampak pada persendian dan tulang.

Penggunaan lidah buaya untuk mengobati sunburn hanya diperbolehkan untuk mengatasi luka bakar tingkat 1 dan 2. Pada tingkat 3 dan 4, pengidap perlu mendapatkan pengobatan khusus karena ini merupakan kondisi darurat medis.

Jika mengalaminya, silakan buat janji rumah sakit untuk mengatasi keluhan yang terjadi. Dapatkan juga informasi lain seputar kesehatan, gaya hidup dan pola hidup sehat lainnya dengan mendownload Halodoc sekarang juga.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
GoodRX Health. Diakses pada 2022. Does Aloe Vera Help With Sunburn Relief?
WebMD. Diakses pada 2022. What to Know About Aloe Vera and Sunburns.
Healthline. Diakses pada 2022. Why Aloe Vera for Sunburn May Be Just What You Need.