• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Hipnoterapi Membantu pada Proses Menopause?

Bisakah Hipnoterapi Membantu pada Proses Menopause?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Hipnoterapi dapat mengurangi hot flash sebesar 74 persen pada perempuan yang mengalami menopause. Bagaimana cara melakukan hipnoterapi untuk menopause? Teknik pertama yang bisa dipraktikkan adalah teknik relaksasi. 

Menarik napas dan mengembuskan napas dengan tenang sembari membayangkan hal menyenangkan yang membantu kamu untuk rileks. Setiap kali kamu merasakan hot flash, lakukan teknik relaksasi dan fokuslah pada pernapasan, bukan pada hot flash. Informasi selengkapnya mengenai hipnoterapi dan menopause bisa dibaca di bawah ini! 

Menerapkan Hipnoterapi untuk Penanganan Menopause

Tadi sudah disinggung bagaimana teknik relaksasi dapat membantu mengurangi hot flash. Sebagai bagian dari hipnoterapi, ada beberapa teknik lain yang bisa kamu terapkan untuk membantu proses menopause. 

Membayangkan masa depan, apa yang akan terjadi enam bulan dari sekarang akan membantu kamu fokus pada hal-hal di luar hot flash. Bayangkan bagaimana perasaan kamu dalam waktu enam bulan mendatang. 

Baca juga: Bisakah Wanita Mengalami Orgasme Setelah Menopause?

Tutup mata dan bayangkan sedetail mungkin. Apa yang kamu lihat pada gambaran masa depan tersebut. Tidak hanya penampakan visual, tetapi juga pendengaran dan indera penciuman. Fokuslah pada apa yang akan kamu rasakan saat itu. Cari tahu apa yang perlu kamu lakukan untuk menciptakan masa depan tersebut. 

Sejatinya, teknik hipnoterapi tidak hanya bisa mengurangi hot flash, tetapi juga dapat membantu mengatasi insomnia, serta mengurangi stres dan kecemasan. Melewati masa menopause dapat membuat kamu seolah berada dalam siklus negatif. 

Turunnya estrogen menyebabkan hot flashes, stres, dan kecemasan. Ini yang menyebabkan tidur terganggu, yang kemudian memicu lebih banyak kondisi emosional dan perubahan suasana hati.

Perlu diketahui kalau hipnoterapi erat kaitannya dengan teknik pernapasan. Dan sebenarnya dengan bernapas benar saja, kamu bisa lebih rileks. Bernapaslah dalam-dalam, kemudian bernapas dua kali saat kamu menarik napas adalah kunci untuk mematikan respons stres.

Jika kamu butuh informasi lebih detail mengenai hipnoterapi dan menopause bisa ditanyakan lewat aplikasi Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu.  Caranya, cukup download Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah.

Gaya Hidup Sehat saat Menopause

Untuk membantu menjaga kesehatan tetap seimbang selama menopause, pertimbangkan pilihan gaya hidup sehat seperti:

  1. Konsumsi makanan yang seimbang dengan banyak kalsium.
  2. Berolahraga secara teratur.
  3. Menerapkan teknik manajemen stres.
  4. Membatasi konsumsi kafein dan alkohol.
  5. Tidur yang cukup.
  6. Menghindari hal-hal yang memicu munculnya hot flash.

Perubahan hormon selama menopause dapat menyebabkan tulang melemah dan meningkatkan risiko osteoporosis. Kalsium dan vitamin D menjadi sangat dibutuhkan supaya kamu mendapatkan cukup nutrisi untuk perlindungan tulang. 

Baca juga: 4 Olahraga yang Dilakukan saat Menopause

Produk susu, seperti yoghurt, susu, dan keju direkomendasikan sebagai asupan kalsium. Sayuran berdaun hijau, misalnya kangkung, sawi hijau, dan bayam juga mengandung banyak kalsium. Tahu, kacang, dan sarden menjadi pilihan untuk sumber kalsium lainnya.

Sinar matahari adalah sumber utama vitamin D. Kulit memproduksinya saat terkena sinar matahari. Namun, seiring bertambahnya usia, kulit menjadi kurang efisien dalam membuatnya. Jika kamu tidak terlalu sering berjemur, mengonsumsi suplemen, atau menambah sumber makanan vitamin D mungkin menjadi opsi yang perlu dipertimbangkan.

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. Can Hypnotherapy Help Me During Menopause?
The Wellness Institute. Diakses pada 2020. Hypnotherapy Can Help Women Prevent Cancer and Treat Menopausal Symptoms.
Well Doing.org. Diakses pada 2020. Can Hypnotherapy Relieve the Symptoms of the Menopause?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. The Change Before ‘the Change’: 5 Facts to Help You Prepare for Menopause Symptoms.
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Natural Ways to Reduce Symptoms of Menopause.