Bisakah Pedofilia Disembuhkan dengan Sesi Konseling?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Bisakah Pedofilia Disembuhkan dengan Sesi Konseling?

Halodoc, Jakarta – Pedofilia adalah preferensi seksual untuk atau minat seksual yang kuat pada anak-anak. Istilah ini biasanya hanya merujuk pada preferensi seksual untuk/minat pada anak-anak praremaja atau awal puber.

Apakah pedofilia bisa disembuhkan? Seorang psikiater, Paul Fedoroff, dari Universitas Ottawa, mengatakan kalau pedofilia bisa disembuhkan, tetapi tidak hanya melalui sesi konseling. Pedofilia bukanlah orientasi seksual melainkan minat seksual, melainkan sesuatu yang diperoleh dari pembelajaran, pengalaman, dan pengamatan. Dengan demikian, kondisi ini bisa "berubah”. Ingin tahu lebih lanjut mengenai ini baca di sini!

Bisa Disembuhkan tapi…

Lebih lanjut mengenai pedofilia sebagai minat yang berubah. Paul Fedoroff juga menyampaikan bahwasanya memang, pedofilia tidak bisa disamakan dengan minat terhadap makanan atau olahraga. 

Namun berdasarkan penelitian yang dilakukannya, setelah mendapatkan terapi perilaku dan konseling, para pedofilia yang menjadi respondennya mengalami penurunan gairah terhadap anak-anak. 

Baca juga: Pedofilia Termasuk Penyakit Kelainan Mental, Benarkah?

Karenanya Paul Fedoroff menyimpulkan, pedofilia tidak "terprogram", sebaliknya dapat berubah. Perawatan terbaik yang bisa diberikan untuk pedofilia adalah membantu mereka mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk hidup sehat, bebas dari pelanggaran, dan dalam beberapa kasus, untuk memblokir dorongan seksual.

Sebenarnya sejauh ini terapi yang diberikan kepada pedofilia belum sampai ke hasil yang memuaskan. Belum ada hasil yang signifikan mengubah pedofilia menjadi non-pedofil. Ini sama halnya dengan mengubah pria gay dan lesbian menjadi heteroseksual.

Kecenderungan yang terjadi pada pedofil adalah yang paling mungkin melakukan pelanggaran ketika mereka tidak memiliki apa-apa yang ditakutkan. Jadi, ketika mereka melakukan sebuah pelanggaran, tidak akan ada “kerugian”. 

Orang-orang kemungkinan besar akan melakukan hal-hal yang paling menyedihkan ketika mereka merasa paling putus asa. Sayangnya, banyak dari sistem sosial saat ini menempatkan orang dalam perasaan putus asa. Begitulah bagaimana akhirnya pedofilia bisa menjadi sesuatu yang sulit untuk disembuhkan.

Seks sebagai Pemicu Utama

Seks sebenarnya adalah pemicu utama dari pedofilia. Namun untuk pedofil, ini bukan hanya jenis dorongan seksual biasa karena yang mereka inginkan adalah anak-anak dan anak di bawah umur. Kecanduan seksual didorong oleh kepercayaan bahwa ketika mereka melecehkan seorang anak, sebenarnya menunjukkan cinta, perhatian, kasih sayang, dan hubungan timbal balik. Tentu saja, hal itu tidak benar. 

Baca juga: Termasuk Gangguan Seksual, Bisakah Pedofilia Disembuhkan?

Sejatinya para pedofilia mungkin tidak akan pernah berubah jika mereka telah menjadi korban dari trauma masa lalu. Entah itu kekerasan fisik atau psikis. Menyikapi fakta ini, sebenarnya semua orang bisa saja punya “kecenderungan” untuk melakukan pelecehan, karenanya ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari hal-hal terlarang tersebut:

  1. Jika kamu merasa memiliki ketertarikan pada anak-anak yang jauh dari hubungan normal, segera dapatkan bantuan profesional. Hubungi langsung Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat

  2. Jika kamu tertarik pada anak-anak atau remaja, jangan pernah menempatkan diri dalam situasi di mana kamu sendirian dengan seorang anak atau anak di bawah umur. 

  3. Tolong mengerti bahwa ini adalah pertempuran psikis yang tidak bisa kamu lawan sendiri. Kamu harus terbuka dan jujur ​​dengan orang lain tentang apa yang kamu perjuangkan. 

  4. Kontrol apa yang kamu lihat di TV atau internet dan singkirkan semua pornografi, citra seksual apa pun, sehingga dapat menurunkan kepekaan pikiran terhadap seks dan membangun fantasimu.

Ketahuilah bahwa ada kesalahpahaman yang umum di antara pelaku kekerasan seksual anak bahwa apa yang mereka lakukan adalah mencintai anak-anak dan bahwa mereka mencintainya. Jika kamu menyentuh seorang anak secara seksual, kamu akan merusaknya seumur hidup. Itu bukan cinta. Itu adalah kesalahan. 

Referensi:
Vice. Diakses pada 2019. Pedophiles Can't be 'Cured,' and It's Dangerous to Suggest They Can.
The Atlantic. Diakses pada 2019. What Can Be Done About Pedophilia?
Child Refuge. Diakses pada 2019. Healing Pedophiles: Is it really possibles?