Bisakah Salad Kenyangkan Perut Saat Buka Puasa?

Bisakah Salad Kenyangkan Perut Saat Buka Puasa?

Halodoc, Jakarta – Setelah menjalani ibadah puasa selama satu hari, waktu berbuka menjadi hal yang cukup penting. Sebaiknya, konsumsi makanan yang sehat agar menggantikan energi dengan cepat. Banyak pilihan makanan sehat yang bisa dijadikan menu berbuka puasa, salah satunya adalah salad. Namun apakah salad bisa mengenyangkan perut ketika berbuka puasa?

Baca juga: Makanan Sehat yang Wajib Ada di Menu Buka Puasa

Dari sekian banyak menu berbuka puasa, salad bisa dijadikan menu berbuka puasa dan tentu mengenyangkan. Tidak hanya membuat kenyang, salad menjadi pilihan makanan sehat yang bisa menghindarkan dari berbagai penyakit saat menjalani ibadah puasa. Ketahui manfaat yang dirasakan ketika berbuka puasa dengan mengonsumsi salad, seperti:

  1. Salad terdiri dari sayur dan buah. Kondisi ini membuat salad memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat yang tinggi dapat menurunkan level kolesterol dan mencegah sembelit. Selain itu, serat yang tinggi membuat kamu merasa cepat kenyang ketika berbuka puasa.

  2. Banyak konsumsi salad sayur dan buah tentu membuat kamu mendapatkan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, asam folat, lycopene serta betakaroten yang tinggi dalam darah. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari radikal bebas.

Baca juga: 6 Pilihan Takjil Sehat untuk Menu Buka Puasa

Bagaimana Kenyang dengan Mengonsumsi Salad?

Ketika memilih untuk berbuka puasa dengan mengonsumsi salad, perhatikan isi salad yang dikonsumsi. Dengan mengkombinasikan berbagai isian yang tepat, seporsi salad sayuran menjadi menu berbuka yang cukup mengenyangkan. Perhatikan beberapa cara ini agar kamu kenyang ketika konsumsi salad, yaitu:

1. Gunakan Sayuran dan Buah yang Masih Segar

Pemilihan sayuran dan buah menjadi salah satu hal yang cukup penting ketika berbuka dengan salad. Pilih sayur dan buah yang masih segar untuk dikonsumsi. Selain bikin lebih kenyang, kandungan vitamin dalam sayuran dan buah yang masih segar tentu masih lebih banyak dibandingkan dengan sayuran dan buah yang sudah layu.

2. Beri Asupan Protein dalam Salad

Untuk membuat lebih kenyang, tambahkan asupan protein dalam salad yang dikonsumsi. Semua jenis protein bisa dijadikan menu berbuka mulai dari daging ayam cincang, daging ikan salmon hingga telur rebus. Jika kamu seorang vegan, bisa tambahkan sayuran yang mengandung protein tinggi seperti edamame atau buncis.

3. Campurkan Buah Tambahan

Selain berisi sayuran, salad juga ditambahkan buah agar mendapatkan asupan yang tepat untuk mengembalikan energi setelah seharian melakukan puasa. Selain mendapatkan energi, dengan adanya buah dalam salad akan mendapatkan tambahan rasa lain pada salad yang menambah selera untuk konsumsi salad ketika berbuka puasa. Kamu juga bisa menambahkan topping agar vitamin dan nutrisi dalam salad semakin lengkap.

4. Gunakan Dressing yang Kental

Tambahkan dressing yang cukup kental pada salad yang akan dikonsumsi agar membuat lebih kenyang. Jadikan yoghurt atau saus keju sebagai dressing untuk membuat salad semakin lezat.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kebutuhan nutrisi dan vitamin ketika berbuka puasa. Gunakan Voice/Video Call atau Chat dengan dokter untuk memastikan kondisi kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Yang Manis atau Asin, Ini Menu Buka Puasa Terbaik