• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Terapi Wicara Dilakukan Mandiri di Rumah?

Bisakah Terapi Wicara Dilakukan Mandiri di Rumah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Tidak sedikit anak yang menunjukkan masalah dalam berbicara di awal perkembangan mereka. Hal ini tentu membuat orangtua menjadi khawatir akan kelancaran tumbuh kembang anak dan kesuksesannya di sekolah di kemudian hari.

Bila ibu khawatir tentang masalah berbicara yang dialami Si Kecil, ibu bisa mempertimbangkan untuk melakukan terapi wicara. Ahli patologi wicara-bahasa atau terapis wicara dapat membantu mencari faktor yang berkontribusi terhadap masalah bicara anak dan mengajarkan latihan khusus yang bisa ibu terapkan sendiri di rumah pada anak untuk mengatasi penyebab tersebut.

Apa Itu Terapi Wicara?

Terapi wicara adalah pemeriksaan dan pengobatan untuk masalah komunikasi dan gangguan bicara. Terapi ini biasanya dilakukan untuk mengatasi gangguan bicara yang terjadi di masa kanak-kanak atau gangguan bicara pada orang dewasa yang disebabkan oleh cedera atau penyakit, seperti stroke atau cedera otak.

Bertujuan untuk meningkatkan komunikasi, beberapa teknik yang biasanya digunakan dalam terapi wicara, antara lain terapi artikulasi, aktivitas intervensi bahasa, dan lainnya, tergantung pada jenis gangguan bicara atau bahasa.

Pada anak-anak, terapi wicara dapat dilakukan di ruang kelas atau kelompok kecil, atau secara privat, tergantung pada jenis gangguan bicara. Namun, meskipun ibu sudah mendaftarkan anak dalam kelas terapi wicara, praktik di rumah tetap diperlukan untuk meningkatkan efektivitas terapi tersebut.

Baca juga: Terapi Wicara Bisa Atasi 8 Kondisi Ini

Cara Melakukan Terapi Wicara pada Anak di Rumah

Bila ibu mencurigai Si Kecil mengalami keterlambatan bicara atau bahasa, hal pertama yang perlu ibu lakukan adalah mencari ahli patologi wicara-bahasa. Tenaga profesional tersebut akan membantu ibu menentukan strategi untuk mengatasi masalah bicara pada anak. Setelahnya, ibu akan diberitahu langkah-langkah yang bisa diterapkan pada anak secara mandiri di rumah agar tidak membebani ibu maupun Si Kecil.

Berikut ini terapi wicara yang bisa ibu lakukan pada anak di rumah:

  • Latihan

Bila Si Kecil kesulitan mengucapkan bunyi tertentu, seperti “f” misalnya, latih ia untuk mengeluarkan bunyi itu dengan sendirinya. Setelah itu, akan lebih mudah bila ibu memasukkannya ke dalam suku kata, seperti “fa-fa-fa” atau “fi-fi-fi” sebelum beralih ke kata yang sebenarnya yang memiliki makna. Pengulangan yang sering adalah kunci keberhasilan latihan ini dan ibu bisa mengkreasikannya dalam bentuk game agar proses belajar dapat lebih menyenangkan. Berilah hadiah bila Si Kecil berhasil menyelesaikan sejumlah latihan.

  • Jauhkan Berbagai Macam Gangguan Saat Latihan

Kecilkan atau matikan TV, gadget atau gangguan apapun selama sesi terapi wicara di rumah dan juga di waktu lain. Penelitian menunjukkan, terlalu banyak waktu menatap layar (screen time) dapat menunda perkembangan bahasa anak karena orangtua dan anak masing-masing cenderung memperhatikan gadget mereka ketimbang berbicara satu sama lain. Cara terbaik melatih anak berbicara dengan benar-benar mengajak mereka berbicara.

Baca juga: Ketergantungan Gadget Bikin Anak Terlambat Bicara, Kok Bisa?

  • Sabar Menunggu Anak Berbicara

Cara lainnya untuk melakukan terapi wicara pada anak di rumah adalah dengan mengajukan banyak pertanyaan pada anak, tapi orangtua harus sabar menantikan jawaban dari anak. Hindari menyela dan mendorong anak untuk mengeluarkan saja apa yang ingin ia katakan, karena akan membuat anak cemas dan memperburuk masalah. Jadi, biarkan ia menyelesaikan bicaranya tanpa tekanan. 

Selain itu, jangan terlalu fokus pada anak karena ia akan merasa tidak nyaman. Usahakan agar percakapan tetap berlangsung secara natural dan jangan menambah tekanan pada anak dengan menuntut ia untuk berbicara dengan sempurna.

  • Bermain dengan Sedotan

Menyedot cairan atau menghembuskan udara keluar dapat membantu anak untuk mengembangkan kekuatan otot di mulutnya yang penting untuk ucapan yang jelas. Buatlah menjadi sebuah permainan, ibu bisa mengambil bola ping pong dan berlomba dengan anak untuk memasukkan bola tersebut ke gawang dengan cara meniupnya melalui sedotan. Ibu juga bisa berlomba dengan Si Kecil untuk menahan bola ping pong di ujung sedotan dengan cara menyedotnya.

  • Membaca Buku

Membacakan buku favorit untuk Si Kecil lalu minta ia untuk membacakannya kembali untuk ibu, merupakan terapi wicara yang baik untuk meningkatkan kemampuan bicara anak. Jika anak masih terlalu kecil untuk dapat membaca, minta ia untuk menjelaskan apa yang ia lihat dalam buku untuk memperkuat ucapan dan kepercayaan dirinya.

Baca juga: Kenali 6 Tanda Si Kecil Memerlukan Terapi Wicara

Itulah cara melakukan terapi wicara pada anak di rumah. Namun, ibu tetap dianjurkan untuk mendiskusikan masalah bicara yang dialami anak dengan ahli patologi wicara bahasa. Mengikuti saran dari terapis dengan baik akan membantu meningkatkan keterampilan Si Kecil.

Bila ibu memiliki pertanyaan seputar tumbuh kembang Si Kecil, jangan ragu untuk bertanya pada ahlinya lewat aplikasi Halodoc, kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Is Speech Therapy?
Reid Health. Diakses pada 2020. Speech therapy tips for parents to use at home