• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Vaksin Menangkal Hepatitis Misterius?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Vaksin Menangkal Hepatitis Misterius?

Bisakah Vaksin Menangkal Hepatitis Misterius?

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 17 Mei 2022

“Tak sedikit orang yang bertanya-tanya mengenai keefektifan vaksin hepatitis yang sudah ada. Namun, penyebab hepatitis misterius hingga kini masih diselidiki penyebabnya.

Bisakah Vaksin Menangkal Hepatitis Misterius?

Halodoc, Jakarta – Peningkatan kasus hepatitis akut membuat sebagian orang bertanya mengenai keefektifan vaksin hepatitis untuk menangkal hepatitis misterius. Hingga saat ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih belum memberikan definisi pasti mengenai kasus hepatitis akut yang mulai menjangkiti sejumlah negara, termasuk Indonesia. Sejauh perkembangannya, para ahli menduga adenovirus dan coronavirus menjadi biang keladi hepatitis misterius. 

Melansir Detik, total kasus hepatitis akut misterius pada Minggu (15/5/2022) di Indonesia berjumlah 18 orang. Namun, hasil tes serologi jenis hepatitis A, B, C, D, atau E, dari 16 pasien tersebut belum seluruhnya didapatkan. 

Dari total 16 kasus pending klasifikasi, empat di antaranya telah meninggal dunia. Sementara delapan pasien lainnya masih dirawat intensif di rumah sakit dan ada empat kasus tersisa sudah dipulangkan dari RS.

Apakah Vaksin Hepatitis Mampu Menangkal Hepatitis Misterius?

Melihat angka pasien hepatitis akut yang semakin bertambah, sejumlah orang pun bertanya mengenai keefektifan vaksin hepatitis yang sudah ada. Namun, vaksin hepatitis yang tersedia untuk anak-anak saat ini belum bisa dipastikan ampuh melindungi hepatitis misterius. Pasalnya, hepatitis misterius yang merebak belum kunjung diketahui penyebabnya hingga sekarang. 

Dilansir dari laman Detik, Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr Mohammad Syahril dalam konferensi pers virtual yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI, Jumat (13/5/2022) pun menjelaskan bahwa kasus hepatitis akut saat ini masih belum diketahui penyebabnya sehingga butuh penelitian lanjut untuk menemukan vaksinasi yang memang pas dengan penyebab hepatitis akut.

Lebih lanjut dokter Syahril menjelaskan, hingga kini pihaknya masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) perihal penyebab merebaknya hepatitis misterius. 

Begitu juga perihal efektivitas vaksin yang ada terhadap penyakit hepatitis misterius, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia masih menunggu informasi lebih lanjut dari pihak IDAI.

Sederet Fakta Hepatitis Misterius

Sebanyak 72 dari 84 kasus hepatitis di Inggris diduga disebabkan oleh adenovirus. Adenovirus merupakan kelompok virus yang dapat menyebabkan infeksi di saluran pernapasan atas, saluran pencernaan, mata, dan sistem saraf. Meskipun dugaan mengarah pada adenovirus, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih menyelidiki penyebab pasti kasus tersebut. 

Sebenarnya, jauh sebelum hepatitis misterius muncul pada 5 April 2022, pada Oktober – November 2021, tim medis di rumah sakit anak Alabama telah mengidentifikasi lima pasien anak dengan kondisi hepatitis parah dan infeksi adenovirus melalui hasil uji PCR (Polymerase Chain Reaction) dan tes darah. 

Setelahnya, total ada 9 pasien anak yang diidentifikasi mengalami hepatitis parah yang berasal dari demografi berbeda dan tidak ada riwayat penyakit komorbid. Sembilan pasien anak mengalami gejala muntah, diare, dan gangguan saluran pernapasan. Delapan di antaranya mengalami ikterus sklera, tujuh anak mengalami pembesaran hati, enam anak teridentifikasi penyakit kuning, serta satu anak mengalami ensefalopati. 

Salah satu hal unik yang ditemukan adalah semua anak yang mengalami hepatitis parah tersebut memiliki hasil negatif untuk hepatitis A, B, C, dan beberapa penyebab hepatitis serta infeksi pediatri, hepatitis autoimun, penyakit Wilson, bakteremia, infeksi saluran kemih, dan infeksi SARS-CoV-2. 

Menurut data yang dipublikasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention, adenovirus bisa menjadi penyebab hepatitis pada anak-anak dengan gangguan kekebalan dan sebagai pemicu cedera hati untuk anak-anak yang sehat.

Tetap Waspada dan Lakukan Langkah Pencegahan Ini

Sebagai langkah kewaspadaan situasi hepatitis misterius ini, para orangtua waspada dan tanggap jika anak-anak mengalami gejala, seperti: 

  • Tidak enak badan
  • Penurunan kesadaran
  • Mual, muntah, dan nyeri perut
  • Kelelahan sepanjang waktu
  • Kehilangan selera makan
  • Bagian putih mata atau kulit terlihat menguning
  • Urine berwarna gelap
  • Kotoran pucat, berwarna abu-abu (kotoran)
  • Kulit gatal
  • Nyeri sendi atau pegal-pegal
  • Suhu badan meningkat 

Adapun langkah pencegahan yang bisa dilakukan sesuai rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Di antaranya adalah mencuci tangan secara rutin, mengonsumsi makanan yang bersih dan sudah matang, minum air bersih yang matang, serta menggunakan alat makan sendiri. 

Pastikan pula untuk membuang popok sekali pakai pada tempatnya, serta tetap memakai masker saat bepergian dan menjaga jarak ketika beraktivitas di luar ruangan.

Orangtua mungkin juga perlu memberikan tambahan vitamin dan suplementasi anak supaya daya tahan tubuhnya tetap terjaga. Dapatkan vitamin yang dibutuhkan Si Kecil di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu anak sakit untuk vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Detik. Diakses pada 2022. Vaksin Hepatitis yang Ada Belum Tentu Mempan Lawan Hepatitis Misterius, Kenapa?
Detik. Diakses pada 2022. Update Data, 1 Kasus Meninggal Hepatitis Misterius RI Naik Status Jadi Probable.
BBC.com. Diakses pada 2022. Adenovirus probable cause of mysterious child hepatitis
IDAI. Diakses pada 2022. Kewaspadaan Dini Hepatitis Akut yang Belum Diketahui Penyebabnya
Health Policy Watch. Diakses pada 2022. Could Mysterious Hepatitis Cases be Triggered by COVID-19?
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Acute Hepatitis and Adenovirus Infection Among Children — Alabama, October 2021–February 2022