3 Manfaat Bermain Bola untuk Segala Usia

bermain bola,manfaat bermain bola,piala dunia 2018
OLAHRAGA 12 July 2018

Halodoc, Jakarta – Demam Piala Dunia 2018 seakan menjadi momentum yang kembali mengenalkan olahraga sepak bola. Selama ini, sepak bola memang tergolong sebagai jenis olahraga yang cukup disukai banyak orang. Selain karena menyenangkan, permainan tim ini juga dinilai dapat memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Tak dapat dimungkiri, bermain sepak bola memang bisa membantu membakar banyak kalori dan menjaga kesehatan organ tubuh, terutama jantung. Tak hanya pada orang dewasa, ternyata olahraga yang satu ini juga punya manfaat bagi siapa saja yang memainkannya, lho. Mau tahu apa saja manfaat bermain bola untuk segala usia?

Manfaat Bermain Bola untuk Anak

Di beberapa daerah, melihat sekelompok anak bermain sepak bola di lapangan mungkin bukanlah pemandangan yang luar biasa. Sebab, sebagian besar anak-anak, terutama laki-laki, sangat menggilai olahraga tersebut.

Olahraga sepak bola pada anak bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan mencegah risiko anak mengalami obesitas alias kelebihan berat badan karena kurang bergerak. Selain itu, anak-anak yang gemar bermain bola juga biasanya memiliki otot dan tulang yang lebih kuat.

Bermain sepak bola juga bisa membantu mengasah kemampuan otak dan sosialisasi anak. Sebab dalam permainan ini, anak dituntut untuk bisa mengikuti ritme kelompok dan melakukan permainan sesuai dengan aturan yang sudah berlaku. Bagi anak yang terbiasa mengisi peran penting, seperti kapten dan kiper, bermain bola juga bisa membantu mengasah kepemimpinan Si Kecil.

Baca juga: Ini yang Terjadi saat Tubuh kurang Olahraga

Manfaat Bermain Bola untuk Orang Dewasa

Main bola atau futsal sering menjadi pilihan olahraga bagi orang-orang yang memiliki kesibukan tinggi. Nah, pada orang dewasa, rutin main bola setidaknya seminggu sekali bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa manfaat sehat dari bermain sepak bola setara dengan melakukan olahraga lari dan Zumba.

Selain itu, rutin main bola juga bisa membantu menjaga kadar kolesterol normal. Tekanan darah dan denyut jantung pun akan menjadi lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga sama sekali. Jadi, secara keseluruhan, bermain bola secukupnya sangat baik untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Baca juga: Makanan Peningkat Stamina biar Kuat Seperti Pemain Bola

Manfaat Bermain Bola untuk Lansia

Penelitian dari University of Copenhagen menemukan bahwa sepak bola juga memiliki dampak baik pada lansia. Penelitian ini mencoba untuk melihat manfaat bermain bola pada pria usia 63 tahun dan yang berusia di atas 70 tahun.

Setelah melakukan penelitian, ditemukan bahwa pria yang aktif bermain bola memiliki fungsi otot yang lebih baik. Hingga 30 persen dibanding yang tidak berolaharaga. Selain itu, kapasitas asupan oksigen juga mengalami peningkatan hingga 15 persen.

Tak hanya itu, rutin bermain sepak bola ternyata juga akan memberi efek yang positif pada kesehatan tulang. Lansia yang sering melakukan olahraga ini disebut memiliki kesehatan tulang yang lebih terjaga. Main bola juga bisa memberi manfaat sehat pada kesehatan kardiovaskular dan menurunkan risiko stres pada lansia.

Nah, sambil menikmati jalannya Piala dunia 2018, tak ada salahnya untuk ikut melakukan olahraga yang satu ini, bukan? Namun, sebaiknya tidak melakukannya dengan berlebihan, ya. Berlebihan dalam berolahraga bisa meningkatkan risiko kelelahan, dehidrasi, dan cedera.

Baca juga: Inilah 4 Cedera yang Jadi Langganan Pemain Sepak Bola

Kalau mengalami cedera karena olahraga, beli obat dan salep untuk meredakan nyeri di Halodoc saja! Lebih mudah beli obat dan produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, segera download di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

KECANTIKAN

19 July 2018

Komedo atau bintik kecil berwarna putih pada permukaan wajah, kerap kali membuat penampilan jadi tak menarik....

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Meski rasanya lezat, camilan dalam kemasan dapat membahayakan tubuh. Antara lain: mengganggu tekanan darah, gu...

Selengkapnya