Tips agar Tak Canggung Ngobrol dengan Orang Baru

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   16 Maret 2020
Tips agar Tak Canggung Ngobrol dengan Orang BaruTips agar Tak Canggung Ngobrol dengan Orang Baru

Halodoc, Jakarta - Komunikasi adalah media penting dalam berinteraksi di masyarakat. Itu sebabnya, komunikasi dijadikan alat untuk menyampaikan pendapat dan mengekspresikan segala perasaan pada lawan bicara. Sayangnya, memulai percakapan tidak semudah yang dibayangkan. Terlebih lagi kalau kamu harus memulai percakapan dengan orang baru.

Bagi orang yang senang bicara, memulai komunikasi tidaklah sulit. Berbeda halnya dengan orang yang cenderung pemalu dan pendiam. Mereka kesulitan untuk memulai percakapan karena merasa canggung saat bertemu orang baru. Mereka mungkin akan salah tingkah dan gugup karena tidak tahu harus memulai percakapan dengan pertanyaan apa.

Jika kamu mengalami yang serupa, ini tips yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa canggung saat ngobrol orang baru, yaitu:

Baca juga: Percaya Diri atau Narsistik? Ketahui Bedanya

  1. Berjabat Tangan

Berjabat tangan adalah hal yang pasti dilakukan saat bertemu orang yang baru dikenal. Nah, cara untuk menunjukkan rasa percaya diri adalah pastikan untuk berjabat tangan dengan mantap. Jabat tangan orang tersebut dengan kuat dan percaya diri. Namun, jangan sampai kamu memegang tangannya terlalu erat dan terlalu lama.

Jabat tangan yang tegas menunjukkan kepercayaan diri sementara telapak tangan yang berkeringat dan cengkeraman yang lemah mengirimkan sinyal yang canggung.

  1. Banyak Tersenyum

Senyum adalah cara terbaik untuk mengatasi rasa canggung ketika bertemu orang baru. Saat mengunjungi tempat umum atau pergi ke pesta, cobalah untuk melakukan kontak mata dengan orang lain dan sering-sering tersenyum. Help Guide Organization juga menyarankan seseorang yang pemalu untuk banyak tersenyum.

Senyum tidak hanya membuat kamu terlihat ramah di mata orang lain, tetapi cara ini dapat menutupi kecanggungan sosial yang kamu alami. Cara ini membuat orang lain merasa nyaman sehingga mereka tidak enggan untuk bertemu atau memulai percakapan dengan kamu. Bisa dibilang, tersenyum mampu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri.

Baca juga: Tingkat Percaya Diri Pengaruhi Kesehatan Mental

  1. Lakukan Kontak Mata

Menurut Thrive Global, melakukan kontak mata mampu membuat seseorang lebih percaya diri. Jadi, saat kamu memulai percakapan dengan seseorang yang baru dikenal, cobalah untuk melakukan kontak mata saat berbicara atau jika orang tersebut mengajak kamu bicara. Membuat kontak mata yang positif menunjukkan minat bahwa kamu ingin menjalin hubungan yang baik dengan orang tersebut.

  1. Mengajukan Pertanyaan

Mengajukan pertanyaan dan mencari kecocokan tentang topik-topik tersebut dapat meningkatkan minat seseorang untuk berkomunikasi dengan kamu. Meskipun hal ini meningkatkan kepercayaan diri, pastikan kamu tidak memulai setiap percakapan dengan pertanyaan atau terlalu banyak pertanyaan selama percakapan. Pikirkan bagaimana kamu dapat membuat orang lain merasa santai dan memberi mereka ruang untuk mengekspresikan pikiran mereka.

  1. Dengarkan dengan Cermat

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi kecanggungan sosial adalah mendengarkan dengan seksama saat berkomunikasi dengan orang lain. Sebagian besar situasi canggung terjadi ketika kamu tidak mendengarkan orang lain dan pada akhirnya kamu menjawab sesuatu yang tidak relevan. Jadi, ketika berkomunikasi dengan orang lain, pastikan untuk mendengarkan lawan bicara dengan baik.

Baca juga: Introvert itu Pendiam, Masa sih? Ini Faktanya

Kalau tips-tips di atas tidak membantu dan kamu masih kesulitan untuk berteman dengan orang lain, kamu bisa bicara dengan psikolog melalui Halodoc. Lewat aplikasi, kamu bisa menghubungi psikolog/psikiater kapan saja dan di mana saja.

 

Referensi :

Thrive Global. Diakses pada 2020. How to Stop Being Socially Awkward and Be More Interesting.
Help Guide Organization. Diakses pada 2020. Dealing with Loneliness and Shyness.



Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan