5 Cara Mengatasi Masalah Anak Susah Makan

mengatasi anak susah makan, anak susah makan, tumbuh kembang anak
IBU & ANAK 13 July 2018

Halodoc, Jakarta – Menghadapi anak yang susah makan adalah salah satu hal yang cukup membuat orangtua stres, khususnya para ibu. Namun, untuk menghindari aksi mogok makan Si Kecil, sebaiknya ibu tidak memaksa anak untuk makan dan jangan jadikan waktu makan menjadi waktu untuk bertengkar dengan Si Kecil.

Baca juga: 3 Zat Gizi Penambah Nafsu Makan

Banyak hal yang bisa menjadi faktor Si Kecil sulit untuk makan. Misalnya saja faktor kesehatan, tidak suka dengan menu makanan yang dibuat, atau bahkan memang Si Kecil belum merasa lapar. Sebaiknya, ibu jangan terlalu merasa khawatir, karena ibu bisa mengatasi masalah anak susah makan dengan beberapa cara dibawah ini.

  • Tidak Memaksa Anak untuk Makan

Banyak hal yang membuat anak menolak untuk makan. Salah satu faktornya mungkin karena anak belum merasa lapar. Ibu bisa bertanya pada anak alasan Si Kecil tidak mau makan. Setelah mengetahui alasannya, ibu bisa membuat kesepakatan dengan anak untuk makan sesuai dengan kesepakatan yang telah ibu dan anak buat.

Memaksa anak makan hanya membuat anak semakin tidak mau makan dan tentu akan semakin membuat ibu khawatir. Tidak ada salahnya menjanjikan sayuran atau buah kesukaannya sebagai hadiah jika anak mau makan tepat waktu.

  • Sajikan Makanan dalam Porsi yang Kecil dan Variatif

Sajikan makanan dalam porsi kecil yang bervariasi. Ibu juga bisa membuat menu yang unik dan beragam, sehingga anak akan tertarik dengan menu makanan yang ibu hidangkan. Buatlah bola bola nasi yang berisi sayur atau lauk, bisa juga membentuk nasi goreng dengan bentuk yang unik. Tambahkan sayuran sebagai pemanis makanan agar makanan semakin berwarna dan anak akan semakin tertarik untuk mencoba makanan yang ibu buat.

  • Berikan Camilan Sehat

Jika anak sulit makan, jangan khawatir, ibu bisa memberikan camilan sehat untuk anak. Misalnya saja buah atau sayuran kukus dengan keju diatasnya. Cobalah untuk memberikan sereal, kacang-kacangan, atau jus buah yang segar untuk menjadi camilan anak. Selain makanan tersebut bisa menjadi pilihan camilan sehat, nyatanya makanan tersebut juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan anak secara alami. Berikan camilan sehat ini di waktu-waktu anak sebelum makan siang atau saat makan siang.

  • Ajak Anak untuk Menyiapkan Makan

Tidak ada salahnya ibu mengajak Si Kecil untuk ikut menyiapkan makanan untuknya, misalnya dengan mengajak anak berbelanja sayur di pasar. Ajarkan anak mengenal sayuran, dengan begitu anak akan penasaran dengan rasa dari sayuran yang dijelaskan.

Saat makanan selesai dimasak, ajak anak untuk menyiapkan makanan. Beri anak kesempatan untuk menghias menu makannya dan memilih makanan apa yang mau ia makan. Dengan begitu, anak akan lebih senang makan makanan yang telah ia siapkan sendiri untuk dirinya.

  • Makan Bersama Anak

Ibu juga pasti merasa kurang semangat jika harus makan sendirian di meja makan. Ciptakan waktu makan bersama dengan anak, buatlah suasana di meja makan menyenangkan hingga anak tidak akan bosan berada di meja makan. Carilah obrolan yang ringan dan menyenangkan untuk anak, agar suasana hati anak baik dan nafsu makannya meningkat.

Baca juga: Anak Lebih Baik Makan Manis atau Asin?

Pastikan kebutuhan nutrisi dan gizi anak tetap tercukupi meskipun anak sedang susah makan. Ibu bisa bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya lebih lanjut mengenai mengatasi masalah anak yang susah makan. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

18 July 2018

Sebagian besar kasus cacar air yang parah terjadi pada orang dewasa. Lalu, bagaimana sih cara merawat wajah se...

Selengkapnya

IBU & ANAK

18 July 2018

Kata ahli, anak balita pun juga bisa mengalami abses gigi. Nah, agar anak terhindar dari penyakit ini, yuk ken...

Selengkapnya

KECANTIKAN

18 July 2018

Tak hanya di bibir saja, stomatitis pun bisa terjadi pada gusi. Nah, berikut hal yang perlu diketahui mengenai...

Selengkapnya