5 Hal yang Sering Dikhawatirkan Ibu Hamil dan Solusinya

solusi untuk kehawatiran ibu hamil
KEHAMILAN 28 June 2018

Halodoc, Jakarta – Kehamilan merupakan kondisi yang sangat istimewa bagi wanita. Hampir semua wanita yang tengah hamil ingin melakukan dan memberikan yang terbaik bagi kandungannya.

Sayangnya, ibu hamil sering menerima informasi yang tidak akurat dan malah bisa menambah kekhawatiran. Padahal, belum tentu semua hal yang sering dikhawatirkan ibu hamil tersebut berbahaya.

Agar tidak salah, perlu tahu nih 5 hal yang sering dikhawatirkan ibu hamil dan solusinya. Apa saja?

1. Naik Motor saat Hamil

Banyak ibu hamil yang menganggap bahwa mengendarai motor bisa berbahaya. Hal itu dikaitkan dengan risiko keguguran yang dialami. Padahal, naik motor sama sekali tidak menyebabkan solusio plasenta atau terlepasnya plasenta dari rahim secara langsung.

Tapi, naik motor saat hamil tetap bisa berbahaya jika ibu tidak berhati-hati. Apalagi jika sampai mengalami kecelakaan. Kecelakaan saat bersepeda motor bisa menyebabkan solusio plasenta. Maka dari itu, jika ibu ingin mengendarai sepeda motor, pastikan jalan yang akan dilalui tidak rusak.

Selain itu, jika ibu hamil membonceng sepeda motor, pastikan untuk duduk dengan posisi mengangkang. Sebab posisi ini dianggap lebih stabil dan membuat pijakan ibu lebih kuat.

2. Ngidam Harus Selalu Dituruti

Sangat wajar jika ibu hamil mengidam. Namun ada beberapa orang yang percaya dan khawatir jika ngidam tersebut tidak dipenuhi, bayi yang akn dilahirkan kelak akan sering mengeluarkan air liur alias ngeces.

Tapi sebenarnya, dari sisi medis tidak ditemukan ada kaitan antara ngidam yang tidak dipenuhi dengan ngeces. Artinya tidak semua ngidam ibu hamil harus selalu dituruti. Malahan, terlalu mengikuti keinginan makan saat hamil malah bisa memicu naiknya berat badan ibu.

Apalagi jika yang diidamkan adalah makanan yang kurang bergizi. Tapi sesekali tidak ada salahnya untuk memenuhi ngidam ibu, terutama jika ia mengalami mual dan muntah.

Baca juga: Ngidam Harus Selalu Dituruti?

3. Tidak Morning Sick Tanda Kelainan

Mual dan muntah di pagi hari alias morning sick sering diidentikkan sebagai tanda kehamilan. Malahan, ibu hamil yang tidak mengalami kondisi ini sering dianggap aneh.

Morning sickness yang terjadi pada ibu hamil terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh. Berita baiknya, tidak mengalami morning sickness sebenarnya adalah hal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Sebab respon tubuh terhadap kehamilan sebenarnya berbeda-beda. Beberapa mungkin akan mengalami mual muntah, namun sisanya tidak. Ada pula ibu hamil yang selalu merasa lelah dan mengantuk sepanjang hari.

Baca juga: Ibu Hamil, Perhatikan 6 Mitos & Fakta Kehamilan Berikut Ini

4. Banyak Bergerak bisa Berbahaya

Sebagian besar ibu, terutama yang baru pertama kali hamil, mungkin akan disarankan untuk membatasi gerak. Sebab terlalu banyak beraktivitas dianggap bisa membahayakan. Alhasil, ibu hamil mungkin malah jadi jarang bergerak dan menghabiskan waktu untuk duduk-duduk atau tiduran.

Padahal, kurang gerak malah bisa memicu hal yang tidak diinginkan. Misalnya, kenaikan berat badan yang berlebih, hingga menyulitkan persalinan kelak. Selain itu, beraktivitas seperti biasa malah lebih dianjurkan dan bisa menyehatkan tubuh.  Tapi memang harus berhati-hati dan menyesuaikan dengan kesanggupan tubuh ibu hamil.

5. Melakukan Perjalanan Jauh

Ibu hamil juga terlalu sering khawatir jika ingin melakukan perjalanan jarak jauh. Padahal sebenarnya hal itu tidak masalah. Selama kondisi kehamilan sehat dan tidak melanggar aturan apapun. Misalnya, ada peraturan bahwa usia kehamilan yang sudah lebih 34 minggu tidak diperkenankan untuk naik pesawat.

Baca juga: Ibu Hamil Naik Pesawat, Amankah?

Ada baiknya untuk bicara terlebih dahulu pada dokter kandungan sebelum memutuskan untuk bepergian. Jika ada masalah atau keluhan selama hamil, ibu juga bisa menyampaikannya pada dokter di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah dalam waktu satu jam. Yuk, download di App Store dan Google Play!


Rekomendasi Artikel

KECANTIKAN

19 July 2018

Nah, agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama lembur, ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi saat lembur...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

19 July 2018

Banyak orang yang hanya memakan buah pepaya dan langsung membuang bijinya karena merasa tidak bermanfaat. Jang...

Selengkapnya

IBU & ANAK

19 July 2018

Salah satu hal yang dapat membantu perkembangan anak secara psikis adalah dengan membiarkannya tidur sendiri. ...

Selengkapnya