6 Tips Agar Ibu dan Janin Tetap Sehat Saat Hamil Trimester Kedua

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   05 Januari 2022
6 Tips Agar Ibu dan Janin Tetap Sehat Saat Hamil Trimester Kedua6 Tips Agar Ibu dan Janin Tetap Sehat Saat Hamil Trimester Kedua

"Ada beberapa perubahan yang akan terjadi saat menginjak kehamilan di trimester kedua. Beberapa di anataranya memang wajar terjadi karena bayi di dalam kandungan terus tumbuh. Namun, ibu tetap perlu paham bagaimana cara menjaga kesehatan selama periode ini. Dengan kesehatan ibu yang optimal, maka pertumbuan bayi di dalam kandungan juga akan optimal."

Halodoc, Jakarta - Kehamilan memang menjadi momen yang paling ditunggu bagi ibu. Menantikan sang buah hati tumbuh dan berkembang di dalam rahim pasti membuat ibu sangat antusias. Meski begitu, ibu pun pasti akan mengalami berbagai perubahan, baik itu perubahan fisik maupun kondisi emosional. 

Selain ibu akan mengalami peningkatan berat badan, ibu juga akan mudah lelah, sakit punggung, mudah marah, dan masih banyak lagi. Tidak perlu khawatir, karena kondisi ini memang wajar terjadi.

Trimester kedua adalah waktu paling rentan untuk ibu hamil mengalami keguguran. Oleh karena itu, ibu perlu tetap menjaga kesehatan tubuh dan sang buah hati di dalam rahim agar selalu sehat. Yuk, simak tips menjaga kesehatan ketika hamil trimester kedua berikut ini.

Cara Menjaga Kesehatan Selama Trimester Kedua

Berikut ini beberapa cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan saat menginjak trimester kedua:

1. Cukup Istirahat

Rasa kantuk dan lelah yang seperti tidak ada akhirnya bukan kondisi yang perlu ibu cemaskan, karena ini terjadi sebagai akibat dari meningkatnya kadar hormon progesteron dalam tubuh. Tak heran ketika ibu sedang hamil, ibu akan lebih banyak tidur. Kurangi aktivitas berat yang akan membuat ibu lebih mudah lelah.

2. Perhatikan Asupan Gizi yang Masuk dalam Tubuh

Kesehatan janin tidak hanya dipengaruhi oleh aktivitas ibu, tetapi juga asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ibu setiap harinya. Ketika hamil trimester kedua, ibu perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kolin untuk mendukung perkembangan otak Si Kecil. Beberapa makanan yang bisa ibu coba adalah kuning telur, susu, daging sapi, dan kedelai. Selain kolin, semua makanan tadi juga tinggi protein.

3. Lebih Berhati-Hati ketika Bergerak

Perut yang semakin membesar tentu akan membatasi gerak tubuh ibu. Oleh karena itu, ibu perlu berhati-hati ketika beraktivitas agar tidak membahayakan kondisi janin yang berada di dalam rahim. Jika ibu ingin mengambil benda-benda yang berada di kaki, awali dengan berjongkok, bukan membungkuk. Namun, sebaiknya hindari membawa barang berat dan semua gerakan yang mendadak karena akan menimbulkan dampak negatif pada janin.

4. Rutin Berolahraga

Keterbatasan gerak ketika hamil bukan berarti ibu bisa lebih banyak bermalas-malasan, ya. Sebaiknya, isi waktu dengan berolahraga ringan, seperti berjalan kaki setiap pagi atau mengikuti senam hamil. Olahraga diperlukan agar sirkulasi darah dalam tubuh ibu tetap lancar, juga sangat membantu memudahkan ibu ketika menghadapi persalinan nantinya.

5. Bersantai dan Relaksasi

Emosi ibu yang cenderung berubah-ubah dan tidak stabil ketika hamil trimester kedua terkadang membuat ibu tidak nyaman. Coba atasi dengan lebih banyak bersantai dan relaksasi. Lakukan berbagai aktivitas yang ibu senangi, karena ini bisa mengembalikan suasana hati ibu. Selain mengembalikan mood ibu menjadi lebih baik, bersantai dan relaksasi juga membantu mengurangi stres, sehingga ibu dan janin tetap sehat.

6. Memeriksakan Kesehatan Gigi

Ibu perlu tahu, bahwa ketika hamil trimester kedua, ibu akan rentan mengalami gusi berdarah, infeksi, atau berbagai masalah kesehatan gigi lainnya. Selain itu, masalah plak pada gusi pun akan sangat mengganggu. Jadi, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan gigi secara rutin, ya.

Demikian tadi beberapa tips menjaga kesehatan ibu dan janin ketika hamil trimester kedua. Selain itu, ibu juga bisa cek kebutuhan kesehatan selama hamil di toko kesehatan di Halodoc. Pesan obat dan suplemen kehamilan di Halodoc cukup mudah dan pesanan bisa tiba kurang dari satu jam. Praktis bukan? Yuk download Halodoc sekarang di Play Store atau App Store!


Referensi:
Healthline Parenthood. Diakses pada 2022. The Second Trimester of Pregnancy.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Pregnancy Week by Week.
Pregnancy Birth and Baby. Diakses pada 2022. Second Trimester.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan