7 Ciri Anak Indigo yang Perlu Orang Tua Tahu

7 Ciri Anak Indigo yang Perlu Orang Tua Tahu
IBU & ANAK 09 January 2018

Halodoc, Jakarta – Anak-anak yang memiliki keistimewaan panca indera disebut dengan anak indigo. Anak-anak dengan keistimewaan ini seringkali membuat orang tua heran sekaligus kesulitan. Pasalnya, mereka memiliki kelebihan yang membuat anak memiliki kemampuan berbeda dari anak pada umumnya.

Istilah anak indigo ini muncul pertama kali karena dipopulerkan oleh Nancy Ann Tappe seorang konselor asal Amerika Serikat. Dalam bukunya ia mengungkap bahwa aura manusia bisa dihubungkan dengan kepribadian. Ia menemukan warna nila atau indigo yang merupakan warna campuran dari biru dan ungu yang umumnya ada pada orang dewasa namun justru muncul pada anak-anak.

Dilansir dari Bidanku, ada beberapa ciri fisik dan psikologi anak indigo yang mungkin saja terabaikan di lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa cirinya yang perlu diketahui orang tua:

  1.  Memiliki Karakter Orang Dewasa dalam Dirinya

DIbandingkan dengan anak seusianya, anak indigo justru memiliki karakter orang dewasa di dalam dirinya. Bisa dikatakan bahwa pertumbuhannya tidak sesuai dengan anak seusianya, karena mereka cenderung sudah “matang”. Bahkan pertumbuhan jiwa dalam diri anak indigo ini terlihat  sejak masa pertumbuhannya dari bayi. Ia bisa memahami benda dan karakte rorang dewasa. Pertumbuhan yang cepat ini juga memengaruhi pertumbuhan fisiknya. Misalnya gigi lebih cepat tumbuh dan kemampuan motoriknya pun lebih cepat berkembang dibanding dengan anak pada umumnya.

  1.  Bentuk Kepala yang Khas

Untuk seusianya, anak indigo memiliki bentuk fisik dengan kepala yang sedikit lebih besar. Orangtua bisa memerhatikannya dari lingkar kepala yang lebih besar dan kening yang lebih lebar dibanding anak seusianya. Selain itu, kuantitas otaknya pun lebih besar karena ia memiliki kemampuan mendalami pancaindera dibandingkan anak seusianya.

  1.  Bentuk Daun Telinga Lancip

Bentuk daun telinga anak indigo memiliki bentuk yang berbeda dibandingkan anak lainnya. Bentuknya cenderung sedikit keluar dari kepalanya dan bentuk telinga lebih memanjang di bagian ujung atasnya. Sedangkan bagian cuping bawahnya justru sedikit menekuk. Penyebabnya juga unik, ini karena mereka memiliki kemampuan mendengar di atas normal.

  1.  Penglihatan Lebih Tajam

Biasanya anak indigo memiliki pupil lebih besar dibandingkan anak pada umumnya. Sehingga mereka memiliki tatapan mata yang lebih tajam dan jalan. Bahkan dengan mata yang lebih tajam ini, mereka cenderung memiliki kemampuan supranatural sehingga dapat melihat dimensi-dimensi lain tidak bisa dilihat dengan mata orang biasa.

  1.  Tanda Lahir

Uniknya, rata-rata anak indigo kebanyakan memiliki tanda lahir yang dianggap tidak lazim. Misalnya, tanda lahir di dahi atau diantara kedua mata. Lalu dari segi warna, tanda lahir anak indigo pun biasanya cukup jelas, seperti tanda lebam atau mirip bekas pukulan.

  1.  Rasa Peka yang Tinggi

Karena cenderung lebih cepat dewasa, anak indigo memiliki empati yang tinggi dan peka terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Pada beberapa kasus, anak indigo bahkan memiliki kemampuan mendengar melebihi batas kemampuannya. Ini menyebabkan ia justru bisa cepat berubah-ubah emosinya

  1. Rasa Sakit Berlebihan

Bukan tidak mungkin karena tekanan yang dialaminya, khususnya dari segi psikis. Anak indigo memiliki kecenderungan mengalami stres yang menyebabkan mereka mengidap sakit kepala. Bahkan pada beberapa juga mengalami gangguan lambung akibat asam yang meningkat. Tak lain, hal ini disebabkan stres sehingga memengaruhi kondisi lambungnya.

Itulah ketujuh ciri anak indigo sebagai informasi baru untuk para orang tua. Ingat, seperti apapun kondisi Si Kecil, berilah perhatian dan kasih sayang yang utuh, ya.

Jika Si Kecil sakit, gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara langsung dengan dokter. Dengan Halodoc, dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Selain itu, ibu juga bisa melakukan pemeriksaan laboratorium sesuai dengan saran dokter jika diperlukan. Jika butuh obat, vitamin, atau suplemen, ibu juga bisa membelinya di Halodoc, lho. Pesanan akan diantar dalam satu jam ke tempat tujuan. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

 


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

14 August 2018

Agar konsumsi jeroan tak menimbulkan masalah kesehatan, sebaiknya kamu perlu memperhatikan porsi mengonsumsiny...

Selengkapnya

SEKS

14 August 2018

Penyakit sifilis atau raja singa, sebenarnya sudah menjadi problem kesehatan global sejak berabad-abad lamanya...

Selengkapnya

KEHAMILAN

14 August 2018

USG (ultrasonography) adalah pemeriksaan yang wajib dilakukan saat hamil. Tapi, kenapa ya? Cari tahu manfaat p...

Selengkapnya