Tidak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Januari 2020
Tidak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Wortel Bagi KesehatanTidak Hanya untuk Mata, Ini Manfaat Wortel Bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Wortel digemari karena memiliki warna tampilan yang menarik dan rasa manis. Namun jangan salah, ternyata wortel juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Wortel memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, termasuk vitamin A, K, C, potasium, serat, serta kalsium dan zat besi.

Selama ini, wortel dikenal sebagai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin A. Namun jangan salah, nyatanya masih ada banyak manfaat sehat lain yang bisa didapatkan dari rutin konsumsi wortel. Selain mata yang sehat, wortel bisa membantu tubuh lebih sehat, mengontrol kadar kolesterol darah, hingga mencegah kanker.

Baca juga: Enggak Hanya Baik untuk Mata, Ini 6 Manfaat Wortel

Beragam  Manfaat Wortel

Rutin mengonsumsi wortel bisa memberi banyak manfaat sehat untuk tubuh. Selain meningkatkan kesehatan mata, kandungan yang ada di dalam wortel juga bisa memberi banyak manfaat lain, di antaranya:

  1. Meningkatkan Daya Ingat

Tidak banyak yang mengetahui kalau wortel ternyata bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak yang membuat kamu memiliki daya ingat yang lebih tajam. Selain itu, kandungan beta karoten pada wortel juga baik untuk mengurangi risiko stres oksidatif yang mungkin berujung pada penyakit tertentu, misalnya demensia.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Darah

Tidak hanya kaya akan vitamin A, K, dan serat, wortel juga tinggi akan kandungan kalium yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Umumnya, orang yang sedang menjalankan diet rendah kolesterol akan mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium, sehingga wortel menjadi salah satu menu yang paling banyak dipilih. Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  1. Metabolisme Tubuh Meningkat

Jus wortel menjadi pilihan menu yang baik untuk kamu yang sedang melakukan diet, karena rendah kalori. Selain itu, rutin mengonsumsi jus wortel akan membantu meningkatkan sekresi pada empedu, sehingga metabolisme dalam tubuh pun meningkat. Peningkatan metabolisme ini akan berdampak pada penurunan berat badan. Namun, jangan lupa imbangi juga dengan berolahraga, ya!

Baca juga: Enggak Hanya Wortel, 9 Makanan Ini Baik untuk Mata

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jeruk bukan menjadi satu-satunya buah yang berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas. Wortel pun demikian. Sayuran ini juga kaya akan vitamin C yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah terjadi peradangan serta kerusakan sel. Rutin mengonsumsi segelas jus wortel akan menjaga tubuh kamu dari serangan penyakit flu.

Baca juga: 5 Makanan Superfood untuk Kesehatan Tubuh

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit berbahaya dengan angka kematian yang cukup tinggi selain diabetes, jantung, dan stroke. Sel kanker mulai berkembang ketika terdapat sel tidak normal dalam tubuh yang berkembang secara luas dan tidak terkontrol. Nah, pengobatan alami yang bisa dicoba untuk melawan penyakit ini adalah rutin mengonsumsi wortel. Kandungan karetenoid yang tinggi pada wortel berperan untuk mengurangi risiko kanker payudara.

  1. Kulit Lebih Sehat

Punya riwayat penyakit kulit seperti psoriasis atau ruam? Coba atasi dengan mengonsumsi wortel. Sayuran ini ternyata juga bisa membuat kulit kamu tampak lebih sehat. Tidak hanya itu, wortel juga memiliki kemampuan untuk merawat kulit akibat paparan sinar matahari sekaligus mempercepat proses penyembuhannya.

Punya masalah kesehatan dan butuh saran dokter segera? Pakai aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Web MD. Diakses pada  2020. Health Benefits of Carrots.
Healthline. Diakses pada 2020. Carrots 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan