Amankah Berhubungan Intim Saat Flu?

Amankah Berhubungan Intim Saat Flu?
SEKS 13 March 2018

Halodoc, Jakarta – Ketika flu menyerang dan membuat hidung mampet serta bersin-bersin,  rasanya sangat enggak nyaman untuk menjalankan berbagai aktivitas, termasuk urusan bercinta dengan pasangan. Berhubungan intim saat flu membuat kegiatan tersebut jadi kurang menyenangkan. Nah, terlepas dari kualitas bercinta kamu dan pasangan, kira-kira amankah berhubugan intim ketika sedang flu?

Banyak orang mengira karena hanya sekadar  meriang dan batuk pilek biasa, aman-aman saja kok berhubungan intim saat flu. Padahal, pendapat ahli tidak demikian. Menurut mereka berhubungan intim saat flu amat tidak dianjurkan. Alasannya ada kemungkinan besar kalau penyakit itu bisa menular.

  1. Sentuhan Fisik

Virus flu sendiri dapat masuk ke tubuh melalui pernapasan (Baca juga: Cari Tahu 7 Cara Mudah Hindari Flu). Menurut ahli urologi dari AS seperti dilansir Health, virusnya bisa menyebar melalui bersin, batuk, bernapas, berjabat tangan, dan berciuman. Virusnya  bisa hidup selama 24 jam di atas meja, satu sampai dua jam di seprai, atau 15 sampai 30 menit di tangan kamu. Jadi sekali lagi, para ahli sangat tidak menganjurkan untuk bercihubungan intim saat kamu atau pasangan mengidap flu. Bahkan, meskipun kamu atau pasangan “dilindungi” oleh vaksin flu, itu enggak menjamin flu tak akan tertular. Ingatlah, vaksin flu hanya menurunkan risiko terserang flu.

Umumnya, penularan virus flu saat berhubungan intim terjadi saat kamu atau pasangan yang sedang sakit mendadak batuk atau bersin tanpa menutup mulut. Nah, hal inilah yang membuat virus berterbangan di udara terbuka yang sama-sama dihirup. Jangan salah, meski bantuk atau bersin ditutup dengan tangan, enggak lantas mencegah penularan virus flu saat berhubungan intim.

Untungnya, menurut ahli dari University of Wisconsin, AS,  virus flu tidak bisa menular lewat cairan Miss V atau sperma seperti penyakit menular pada umumnya. Namun, jangan lupa, virusnya tetap bisa berpindah dari kamu ke pasangan atau sebaliknya, lewat ciuman atau sentuhan.

Sentuhan di sini juga enggak bisa “diakali” dengan mencuci tangan dengan cairan antibakteri. Enggak percaya? Menurut penelitian dari Clinical Infectious Disease, pembersih alkohol atau hand sanitizer tidak 100 persen melindungi  seseorang dari virus flu, rhinovirus.

  1. Tidak Sadar Tertular

Ada aturan umum yang dibuat oleh para ahli mengenai penyakit ini. Sederhana kok aturannya, kamu diharuskan menjaga jarak dengan orang yang mengidap flu setidaknya sejauhnya 1,8 meter. Maka dari itu, berhubungan intim saat flu rasanya bukan ide yang menarik.

Yang bikin repot dari penyakit ini, terkadang seseorang enggak sadar sudah tertular flu sebelum mereka menunjukkan gejalanya. Bahkan, seminggu sebelum gejala muncul, kamu bisa saja sudah tertular virus flu. Selain itu, seseorang yang sudah sembuh dari flu  juga masih menularkan virusnya hingga tujuh hari gejala flu mereka mereda.

Selain bisa menularkan virusnya, berhubungan intim saat sakit juga membuat mood bercinta turun. Alasannya jelas, badan terasa lemas dan tidak fit untuk beraktivitas fisik.  Nah, ada baiknya kamu atau pasangan untuk menunggu sampai suhu tubuh atau kondisi normal dan sehat kembali.

Enggak cuma flu saja sebenarnya. Kamu juga harus menghindari untuk berhubungan intim ketika kamu atau pasangan memiliki gejala seperti muntah atau diare. Ini karena virus pada dua jenis penyakit ini bisa menular pada pasangan..

Nah, kalau kamu ada pertanyaan seputar berhubungan intim saat flu atau masalah medis lainnya, kamu bisa lho menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

22 June 2018

Antenatal care (ANC) adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan oleh dokter atau bidan untuk mengoptimalkan k...

Selengkapnya

IBU & ANAK

22 June 2018

Menyaksikan anak tumbuh besar dengan sehat ialah hal yang sangat membahagiakan. Apalagi jika ia menjadi anak y...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

22 June 2018

Tidak hanya dagingnya yang enak dan kaya manfaat, minyak ikan juga merupakan produk turunan ikan yang sudah sa...

Selengkapnya