Bisa Jadi Pemanis Infuse Water, Kenali 6 Manfaat Kayu Manis

manfaat kayu manis
DIET & NUTRISI 12 July 2018

Halodoc, Jakarta – Belakangan ini, infused water tengah menjadi minuman populer yang digemari banyak orang. Minuman yang terbuat hanya dari air putih dan ditambahkan dengan buah-buahan segar ini enggak hanya enak diminum dan dapat menghidrasi tubuh, tapi dipercaya juga bisa meluruhkan lemak, sehingga mampu menurunkan berat badan. Nah, buat kamu yang juga suka minum infuse water, sudah pernah coba menambahkan kayu manis belum? Rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan ini punya rasa manis yang enak dan bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan kamu, lho.

Kayu manis yang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap masakan berasal dari bagian dalam kulit sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Pohon penghasil kayu manis atau cinnamomum ini banyak ditemukan di India, Sri Lanka, Vietnam, dan Indonesia. Punya aroma yang khas serta rasa yang manis dan sedikit agak pedas, kayu manis juga juga sering dijadikan sebagai obat karena berkhasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Berikut manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dari mengonsumsi kayu manis:

1. Menghangatkan Tubuh

Sudah sejak dahulu kala, kayu manis digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengobati orang yang sedang terkena demam atau flu. Kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat membuat tubuh lebih hangat dan nyaman. Jadi, bila kamu sedang flu, cobalah minum teh hangat yang dicampur dengan kayu manis. Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi saat Flu

2. Anti Infeksi

Kayu manis juga bermanfaat sebagai anti-infeksi natural. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa jenis rempah-rempah ini efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, diare, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.  

3. Mengontrol Kadar Gula dalam Darah

Kayu manis juga baik dikonsumsi oleh pengidap diabetes tipe 2 karena dapat mengontrol kadar gula dalam darah. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang menemukan bahwa kayu manis jenis cassia efektif menurunkan gula darah pada pengidap diabetes.

Baca juga: Inilah Cara Alami Menangani Diabetes dan Menurunkan Gula Darah

4. Menurunkan Kolesterol

Tidak hanya mengurangi kadar gula dalam darah, mengonsumsi satu gram kayu manis saja dapat menurunkan triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total yang ada dalam tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi kayu manis dapat mengurangi risiko kamu terkena penyakit jantung.

5. Baik untuk Sistem Pencernaan

Kayu manis punya manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan pencernaan kamu. Hal ini karena kayu manis mengandung beberapa nutrisi baik seperti kalsium, serat, dan berbagai mineral seperti mangan, yang bermanfaat untuk mengobati usus yang sensitif dan mencegah kanker usus. Serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

6. Melancarkan Sistem Pernapasan

Kayu manis juga bermanfaat sebagai ekspektoran, yaitu melancarkan dahak dengan cara menghasilkan air liur lebih banyak. Karena itu, pengidap penyakit bronkitis, dan orang yang sedang batuk atau pilek, dianjurkan untuk mengonsumsi kayu manis untuk membantu memperbaiki sistem pernapasan. Baca juga: Kenali Gangguan Pernapasan Bronkitis

7. Baik untuk Kesehatan Miss V

Selama ini, bahan alami yang lebih dikenal baik untuk kesehatan Miss V adalah kunyit asam. Namun tahukah kamu? Kayu manis juga bermanfaat untuk membantu mengatur siklus menstruasi dan mengurangi nyeri haid, lho. Bahkan, kayu manis juga berkhasiat untuk mengobati infeksi Miss V.

Karena punya banyak manfaat, enggak ada salahnya bila kamu mengonsumsi kayu manis secara rutin. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut tentang makanan sehat tertentu beserta nutrisinya, tanyakan saja kepada ahlinya melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa berdiskusi dengan dokter kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.


Rekomendasi Artikel

KEHAMILAN

20 July 2018

Banyak yang bilang kalau makan terong saat hamil itu enggak boleh. Padahal, seorang ahli gizi menyebutkan, mak...

Selengkapnya

KEHAMILAN

20 July 2018

Mengonsumsi mangga saat hamil ada manfaat dan risikonya. Simak penjelasan tentang manfaat dan risiko makan man...

Selengkapnya

DIET & NUTRISI

20 July 2018

Oatmeal bukan sekadar untuk diet, tapi menyehatkan. Berikut adalah lima manfaat oatmeal yang perlu diketahui....

Selengkapnya