Cari Tahu Penyebab, Gejala, & Cara Penanganan Leukosit Tinggi

Cari Tahu Penyebab, Gejala, & Cara Penanganan Leukosit Tinggi
KECANTIKAN 13 January 2018

Halodoc, Jakarta – Leukosit atau sel darah putih berasal dari sumsum tulang dan beredar di seluruh aliran darah yang merupakan bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh seseorang. Leukosit memiliki  kemampuan menghasilkan antibodi untuk melawan organisme asing seperti bakteri, parasit, dan virus sebagai pertahanan terhadap infeksi, merespons alergi, serta menunjang fungsi kekebalan tubuh.

Perlu diketahui jika dalam tiap mikroliter darah orang dewasa, terdapat leukosit sebanyak 3.500-10.500 untuk kisaran normalnya. Sementara bayi yang baru lahir memiliki leukosit antara 9.000-30.000 per mikroliter darah. Jumlah leukosit normal ini akan berubah seiring dengan bertambahnya usia anak tersebut hingga hanya menjadi 3.500-10.500 per mikroliter saat mereka dewasa. Namun rentang nilai normal leukosit ini bisa berbeda-beda tergantung jenis alat dan metode pemeriksaan laboratorium yang digunakan. Perlu diingat bahwa laboratorium yang benar biasanya akan mencantumkan rentang nilai normal disamping hasil pemeriksaan.

Perlu diketahui jika kadar leukosit tinggi biasanya itu merupakan tanda jika kondisi kesehatan kamu sedang mengalami peningkatakan produksi leukosit untuk melawan infeksi, reaksi terhadap obat yang memicu peningkatan leukosit, adanya gangguan sistem kekebalan tubuh, atau adanya penyakit sumsum tulang yang menyebabkan produksi leukosit menjadi tidak normal. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab leukosit tinggi yakni:

  1. Kadar leukosit tinggi banyak ditemukan pada pengidap yang mengalami peradangan atau keganasan darah seperti leukimia alias kanker darah yang terjadi pada tubuh.
  2. Infeksi, seperti infeksi saluran pernapasan, infeksi saluran pencernaan, infeksi saluran kemih, infeksi kulit atau bahkan tumor juga bisa menjadi penyebab leukosit tinggi.
  3. Faktor lain penyebab leukosit tinggi bisa dipengaruhi oleh stress berat baik fisik atau psikis dan kasus alergi yang parah.
  4. Selain masalah kesehatan, ada faktor lain yang bisa meningkatkan kadar leukosit tinggi seperti kebiasaan merokok.

Gejala Leukosit Tinggi

Leukosit tinggi sebenarnya tidak selalu menunjukkan gejala yang spesifik yang muncul dari penyakit yang mendasarinya. Namun biasanya gejala umum yang bisa dikenali seperti:

  1. Berat badan turun tanpa sebab.
  2. Lengan, kaki, atau perut terasa sakit atau kesemutan.
  3. Merasa pusing, pingsan, atau berkeringat.
  4. Perdarahan atau memar.
  5. Sulit bernapas, berkonsentrasi, atau pandangan terganggu.
  6. Tidak nafsu makan.
  7. Tubuh terasa lemah, lelah, atau sakit.

Namun perlu diperhatikan bahwa, gejala-gejala awal leukosit tinggi tidak sama pada setiap orang. Kamu harus menanyakan kondisi kesehatan pada dokter untuk membahas secara mendalam terkait kadar leukosit yang tinggi pada tubuh kamu. Jika kamu mengalami gejala-gejala di atas, segeralah tanyakan pada dokter untuk mendapatkan pengobatan berdasarkan penyebab yang mendasari terjadinya leukosit tinggi.

Cara Menurunkan Leukosit Tinggi

Agar angka leukosit kembali normal, kamu harus mencari tahu dulu apa yang menjadi penyebab dari peningkatan leukosit agar mendapat pengobatan yang sesuai dengan penyebabnya. Bila tingginya leukosit disebabkan karena infeksi, maka salah satu cara penangananya adalah dengan memberikan antibiotik untuk menurunkan kadar sel darah putih. Sementara bila disebabkan karena peradangan, maka peradangan perlu diobati. Bila leukosit tinggi terjadi karena keganasan darah, diperlukan kemoterapi agar kondisi penyakit dapat terkendali.

Untuk mengetahui kondisi kesehatan, kamu bisa mengandalkan aplikasi Halodoc yang bisa kamu unduh di App Store maupun Google Play. Aplikasi Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang bisa menghubungkan kamu dengan ribuan dokter ahli yang terpercaya dan spesialis terpercaya yang bisa kamu hubungi kapan saja dan di mana saja melalui metode chat, voice/video call melalu menu Contact Doctor dan membeli obat atau vitamin di menu Pharmacy Delivery yang hanya sampai 1 jam. Tentunya dengan menggunakan aplikasi Halodoc, makin mempermudah kamu untuk memperoleh akses kesehatan, tanpa repot datang ke klinik atau rumah sakit.

BACA JUGA: Ketahui Lebih Banyak Lagi Penyebab Hipertiroid


Rekomendasi Artikel

DIET & NUTRISI

14 August 2018

Agar konsumsi jeroan tak menimbulkan masalah kesehatan, sebaiknya kamu perlu memperhatikan porsi mengonsumsiny...

Selengkapnya

SEKS

14 August 2018

Penyakit sifilis atau raja singa, sebenarnya sudah menjadi problem kesehatan global sejak berabad-abad lamanya...

Selengkapnya

KEHAMILAN

14 August 2018

USG (ultrasonography) adalah pemeriksaan yang wajib dilakukan saat hamil. Tapi, kenapa ya? Cari tahu manfaat p...

Selengkapnya